Mohon tunggu...
Queenika
Queenika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/ Mahasiswa

📍IAI DDI Sidenreng Rappang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar di Kelas

18 Agustus 2022   15:55 Diperbarui: 18 Agustus 2022   16:01 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh:

Elvira (0209210023)

Nurfadillah Saddu (0209210001)

M. Syukur (0209210039)

Belajar merupakan suatu hal yang sangat penting, dalam hidup kita sebagai manusia tidak akan pernah lepas dengan yang namanya belajar hingga akhir hayat.

Nah, beberapa siswa seringkali mengalami kesulitan dalam belajar. Oleh karenanya artikel ini akan memaparkan mengenai faktor faktor yang mempengaruhi belajar di kelas.

Faktor yang mempengaruhi belajar

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan belajar yaitu:

1. Faktor internal (dari dalam)

Meliputi kondisi jasmani dan rohani seseorang (siswa)

Dari segi jasmani yaitu mengenai kesehatan badan atau fisik seorang siswa, sedangkan dari segi rohani adalah spiritual atau kondisi pada pikiran.

2. Faktor eksternal (dari luar)

Meliputi kondisi di lingkungan sekitar

Seperti lingkungan masyarakat, sekolah, dan lingkungan keluarga. Sudah diketahui bahwa lingkungan sangat berperan dalam kehidupan, bisa membentuk suatu karakter dalam diri manusia. Lingkungan sering kali menjadi momok utama yang mempengaruhi belajar seseorang, misal dari segi lingkungan keluarga. Jika seorang siswa mempunyai orang tua yang sangat memperhatikan pendidikan anaknya maka siswa tersebut kemungkinan akan senantiasa diperhatikan dan diberi dukungan untuk belajar.

3. Faktor pendekatan belajar (approach to learning), merupakan upaya belajar siswa, seperti strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran.

Pengaturan Kondisi Kelas dan Iklim Belajar Siswa

” Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses pembelajaran”. Menurut Syaiful Bachri Darma.

 Nah Pengaturan kondisi kelas dan iklim belajar siswa, itu adalah usaha yang dilakukan oleh seorang guru agar suasan belajar di kelas menjadi kondusif dan menyenangkan, jadi dari sini seorang guru juga bisa memotivasi siswanya untuk belajar dengan baik dan tentunya sesuai kemampuan yah.

Pengelolaan kelas yang baik, dapat dilakukan dengan beberapa cara nih, sebagai berikut;

  • Sebagai seorang guru harus pandai menciptakan lingkungan fisik kelas yang indah, mulai dari pengaturan meja, kursi, lemari, dll.
  • Menciptaan atmosfir belajar yang kondusif dan menyenangakn
  • Guru juga, harus cermat memilih strategi pembelajaran yang akan diterapkan
  • Dan tentunya harus menggunakan media pembelajaran.

Kondisi yang mempengaruhi penciptaan iklim belajar yang kondusif

Kondisi yang mempengaruhi penciptaan iklim belajar yang kondusif, guru perlu memiliki keterampilan tersesndiri dalam menghadapi murid-muridnya dalam kelas, seorang guru harus memiliki kreativitas sehingga ada hubungan timbal balik yang terjalin dengan baik antara guru dan siswa.

Tips yang dapat dilakukan guru untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif

1) Punya aturan, tegas tapi tetap empati terhadap siswanya.

2) Guru mencoba membangun komunikasi yang baik dengan siswa dan orangtuanya juga

3) Selalu melibatkan siswa

4) Dan yang paling penting, yang harus dilakukan seorang guru, yaitu harus memahami siswanya, memberi dukungan, serta  memotivasi  siswa untuk belajar.

Itulah kira-kira tips yang dapat diberikan oleh penulis, semoga dapat bermanfaat.

Referensi

Harjali. 2019. Penataan Lingkungan Belajar Strategi untuk Guru dan Sekolah. [ed.] Soetam Rizky Wicaksono. Malang : CV. Seribu Bintang, 2019. p. 11.

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Syarifuddin, Ahmad. 2011. Palembang : Ta'did, 2011, Vols. XVI, No.01, p. 124.

Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. [ed.] Daw. 1. Yogyakarta : Diva Press, 2018. h. 12.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun