Oleh :
Kartika Aksyam (020921002) , Abdul Salam Wahid (0209210035) , Syahrul Gunawan(0209210007)
Pada dasarnya menjadi seorang guru bukan hal yang mudah, terkadang seorang guru mengalami beberapa kendala dalam menjalankan tugasnya yaitu mendidik dan mengajar. kendala yang sering dihadapi seorang guru dalam mengajar dikelasnya yaitu terkait masalah mengajarnya dan mengelola kelas itu sendiri.
Oleh karena hal inilah Guru harus mampu menganalisis masalah kelasnya dan mencari solusi atas masalah tersebut dengan baik dan tepat agar dalam kegiatan belajar mengajarnya lancar dan tujuan pembelajaran tercapai.realita yang terjadi banyaknya siswa dengan macam-macam karakter yang berbeda menciptakan kondisi yang cukup sulit untuk dikendalikan.
Jika kondisi dalam kelas tidak teratur akan menghambat kelancaran pembelajaran maka dari itu guru harus memiliki kemampuan mengelola kelas.
Suharsimi Arikunto (1988 : 67) mengatakan bahwa Pengelolaan kelas merupakan suatu usaha dari guru membuat kondisi kelas belajar mengajarnya menjadi tentram damai agar pembelajaran dapat berlangsung baik.
Terdapat jenis problem yang biasa terjadi didalam kelas yakni terkait problem mengelola kelas. masalah ini harus diatasi dengan cara yang tepat.guru yang baik harus mampu:
- Mengetahui apa saja hal-hal yang bisa membuat kondisi kelas dan kegiatan belajar mengajar menjadi baik.
- Melihat apakah mungkin ada masalah yang dapat muncul dan merusak situai belajar mengajar
- Mempelajari beberapa pendekatan-pendekatan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang diperkirakan muncul nantinya
Problematika yang ditemukan dalam pengelolaan kelas biasanya terbagi menjadi dua bentuk yaitu masalah siswa dan masalah guru :
1. Masalah siswa
suatu masalah yang muncul dari perorangan siswa sendiri.adapun yang termasuk didalamnya yaitu:
- Perilaku seorang siswa yang berlebihan untuk memancing perhatian dari teman-teman maupun guru nya dikelas.contohnya semisal seseorang yang selalu bertingkah over contoh pamer dikelasnya demi mendapatkkan perhatian teman-temannya melihatnya.
- Perilaku siswa yang ingin menunjukkan kehebatannya.Contohnya semial dalam tugas diskusi siswa tersebut menyampaikan pendapatnya terkait topik yang dibahas tapi tidak bisa mengendalikan dirinya yang marah-marah dan hanya mau pendapatnya aja yang didengar.
- Perilaku siswa yang menyakiti teman-temannya.contohnya seperti sering membully saat di sekolah
- Perilaku ketidakmampuan siswa dalam memenuhi keinginannya.siswa tersebut selalu merasa dirinya tidak akan sanggup melakukan apa yang ada didepannya.siswa selalu merasa takut jika yang dia lakukan nanti akan gagal.
- Hubungan sesama siswa kurang baik (pilih-pilih teman) .misalnya Adanya kelompok siswa yang terbagi berdasarkan yang pintar dan bodoh akibatnya pembelajaran kurang baik .
Dalam menangani masalah-masalah diatas guru harus tau membedakan jenis masalah yang ditimbulkan oleh siswa nya apakah mencari perhatian,memperlihat kehebatan, menyakiti ataukah ketidakmampuan dan sebagainya.Jika guru dapat mengenali apa yang sebenanarnya terjadi pada siswanya maka akan lebih mudah mengatasinya dengan cara yang tepat.
2. Masalah Guru
Ada beberapa hal dari guru yang mengakibatkan munculnya permasalahan didalam kelas yaitu:
- Guru tidak menegur siswa yang berbuat salah
- Guru kurang menghargai siswa.terkadang ada guru yang menyindir siswanya dengan tajam yang menimbulkan rasa malu siswa dihadapan temannya
- Kurang berkomunikasi terhadap siswanya mengakibatkan guru tidak mampu menangani apabila ada siswanya yang bermasalah karena kurang mengenali karakteristiknya.
- Memberikan tugas yang memberatkan siswanya dan memberi waktu yang terbatas
Sebagai seorang guru apabila terdapat masalah dalam kelas segeralah mengatasinya sebelum permasalahan tersebut menjadi meluas dan sulit ditangani.Solusi dalam mengatasi permasalahan didalam kelas adalah sebagai berikut:
- Menganalisa terlebih dahulu masalah apa yang muncul dalam kelas
- Membuat rencana penyelesaian sesuai situasi permasalahan
- Memanggil siswa yang bermasalah untuk menemui gurunya membicarakan masalah yang dihadapi
- Guru membicarakan masalah dengan siswanya dan berupaya mengatasinya dengan baik.Dalam upaya mengatasinya seorang guru harus sabar dan perlahan-lahan membantu siswa untuk keluar dari masalahnya.kita sebagai guru tidak boleh sama sekali menegur siswa dengan suara yang kasar dan mempermalukannya dihadapan temannya karena hal itu hanya akan membuat siswa cuek terhadap teguran.
- Guru memberikan kesepakatan hukuman atau sanksi terhadap siswa apabila setelah ditegur berkali-kali tapi tetap melakukannya.
Dengan usaha seorang guru untuk menangani permasalahan-permasalahan didalam kelas dengan cara tepat insyaallah tentunya kegiatan belajar mengajar menjadi aman tentram dan damai sehingga tujuan pembelajaran juga tercapai.
Referensi
Afriza. 2014. Manajemen Kelas. Pekanbaru : Publishing and Consulting Company, 2014. hal. 107-108.
Parhusip, Holmes dkk. 2021. Manajemen Kelas. [penyunt.] Toman Sony Tambunan. Malang : Literasi Nusantara, 2021. hal. 38-40.
Sunaengsih, Cucun. 2017. Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. [penyunt.] Aah Ahmad Syahid. Sumedang : UPI Sumedang Press, 2017. hal. 17.
Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. [penyunt.] Daw. I. Yogyakarta : Diva Press, 2018. hal. 175-176.
Wiyani, Novani Ardy. 2014. Manajemen Kelas : Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. [penyunt.] Rose Kusumaning Ratri. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2014. hal. 43.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H