Mohon tunggu...
KARTIKA NURUL FATMI
KARTIKA NURUL FATMI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang guru di SD Negeri 06 Pontianak Utara

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Everyone is a Teacher Here melalui Media Interaktif Terhadap Peningkatan Kualitas Belajar Matematika

18 Agustus 2023   16:34 Diperbarui: 18 Agustus 2023   16:51 502
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Siklus Penelitian yang digunakan (Dok. pribadi)

ABSTRAK

Hal yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian di SD Negeri 06 Pontianak Utara adalah bahwa kenyataan nya diperoleh siswa tidak aktif dan kreatif dalam pembelajaran, media pembelajaran yang masih jarang digunakan, penerapan strategi pembelajaran juga belum dilakukan sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Kondisi tersebut membuat penulis berusaha melakukan perbaikan pembelajaran dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Terdapat 60,87% atau sebanyak 14 dari 23 siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar matematika. 

Dalam penerapannya, strategi yang digunakan adalah everyone is a teacher here melalui media interaktif, dengan kualitas pembelajaran meliputi: (1) peningkatan kualitas guru Siklus 1 dari 25,5 (B) menjadi 30,5 (A) diakhir siklus II; (2) peningkatan keaktifan siswa pada siklus I dari 8,8 (B) menjadi 10,9 (A) pada akhir siklus II; (3) kualitas media pembelajaran pada siklus I yang semula 8,5 (B) naik menjadi 12 (A) diakhir siklus II; (4) ketuntasan klasikal hasil belajar siswa saat pra siklus dari 39,13% meningkat menjadi 70% pada Siklus I, dan drastis menjadi 91,3% diakhir siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran everyone is a teacher here melalui media interaktif  dapat meningkatkan kualitas belajar Matematika siswa kelas VI.a SD Negeri 06 Pontianak Utara.

Kata Kunci : everyone is a teacher here, kualitas belajar, matematika, media interaktif.

PENDAHULUAN

Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman, belajar bukan menghapal fakta, melainkan mengaitkan konsep-konsep yang baru pada konsep yang sudah ada dalam struktur kongnitif. Slameto dalam Zaiful (2019) menerangkan bahwa "Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk melakukan suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai akibat dari pengalamannya sendiri berhubungan dengan lingkungan." (p.7)

Matematika adalah proses belajar yang terstruktur, terorganisir dan berjenjang. Artinya, ada hubungan antara satu materi dengan materi lainnya. Proses pembelajaran matematika yang monoton dan kurang kreatif, kadang membuat siswa sangat jenuh dan sangat bosan, hal ini biasanya menyebabkan siswa belajar dalam keadaan mengantuk, tidak konsentrasi, ramai sendiri, yang mengakibatkan materi yang diajarkan tidak bisa diserap dengan baik oleh siswa. Untuk itu diperlukan sebuah strategi pembelajaran yang cocok dan tepat sasaran untuk tiap kelas sesuai kondisi siswanya. Peran guru sangat penting karena ia adalah koordinator kelas 

yang mengkoordinir jalannya proses belajar mengajar. Seorang guru harus bisa memilih strategi pembelajaran yang cocok untuk setiap kondisi siswanya.

Secara umum ada dua faktor yang mempengaruhi dalam prestasi belajar siswa. Dalyono dalam Zaiful (2019) menyatakan hal berikut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja siswa: faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal meliputi faktor fisiologis (kesehatan dan kondisi fisik), faktor psikologis (minat, bakat, kecerdasan, emosi, kelelahan, metode pembelajaran), dan faktor lain yang berasal dari siswa itu sendiri. Faktor eksternal adalah faktor dari luar diri siswa yang dipengaruhi oleh lingkungan rumah, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan lingkungan alam. Semua faktor tersebut bekerja secara sinergis untuk mempengaruhi hasil belajar dan membantu siswa mencapai hasil belajar yang terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun