Mohon tunggu...
Kartika Kariono
Kartika Kariono Mohon Tunggu... Pengacara - Ibu Rumah Tangga

Mengalir mengikuti kata hati dan buah pikiran

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Narativ, Program yang Bisa Bikin Kompasianer Kaya

31 Juli 2020   12:32 Diperbarui: 1 Agustus 2020   11:04 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Apa sih alasanmu menulis si K?

Kalo mau jujur diriku  adalah reader di K. Jadi tidak seperti teman-teman yang dapat membanggakan experience-nya di sebagai penulis di K, dapat penawaran jadi exclusive writer, juarai berbagai lomba di K, peraih penghargaan  sebagai penulis tertentu yang diselenggarakan setiap tahunnya,  yang biasanya jika sudah pegang sering kali menghilang. 

Membuat pembaca seperti diriku merana menahan rasa kangen tulisan-tulisan mereka.

Tidak dapat dipungkiri seringkali memang K menjadi "tong sampah" kompasianer ketika ingin mengeluarkan uneg-uneg tentang sesuatu. Tetapi banyak sekali penulis di K menulis dengan sangat-sangat serius selayaknya menulis sebuah jurnal ilmiah.

Sebagai pembaca , Boleh jadi sebagian orang mencari hiburan melepas penat, tulisan kenthir, serius tapi santai, biasa aja menurut sebagian orang sampai luar biasa sehingga seolah dapat dirujuk hingga di copy paste buat tugas makalah.

Hayo... dirimu di  kompasianer  penulis dan pembaca yang mana.

Menulis di K bisa Kaya

Semangat saling berbagi dan saling terhubung memang selalu dijaga oleh Kompasiana. Di sini siapapun boleh nulis  karena Kompasiana menampung beragam konten dari siapa saja, dari semua lapisan masyarakat dari beragam latar belakang budaya, hobi, profesi.

Dengan ribuan kompasianer, dengan ratusan tulisan dari ratusan kompasianer tiap jam yang antre buat ditayangkan. Tetapi, kompasianer sebagai pembaca jauh lebih banyak, belum lagi pembaca kompasiana yang tidak pernah log in.

Sebagai pembaca tentu diriku ikut dalam keseruan dinamika penulis dengan  pengurus platform ini. Biasa aja toh? Tetapi seru untuk disimak

Sebagai pembaca mengenal meski secara online penulis yang sangat menjaga kekonsistensian sebagai penulis pada suatu tema tertentu.  Mengena kompasianer sebagai penulis yang sangat aktif, bukan hanya setiap hari bahkan beberapa artikel dapat tayang setiap hari, atau penulis yang menulis apa saja karena menjadikan platform ini sebagai media melatih kepenulisan blind writer misalnya.

Berbagai penulis dengan tulisan berikut gaya kepenulisannya tetap akan memberi pengayaan terhadap pembaca setianya. 

Tidak sedikit yang menjadikan K sebagai media penyampai kritikan tajam, Ada juga Penulis yang menjadikan K sebagai sarana branding diri,   . hingga memang sengaja menjadi platform ini sebagai media pengais logam mulia baik melalui lomba, menjadikannya tullisannya sebagai iklan tersembunyi , atau aktif menulis untuk mendapat K-rewards. Meski tidak sedikit yang menjadikan K-reward sebagai bonus dari menyalurkan hobi menulis.

Karena selayaknya sebuah playground, platform ini membebaskan siapa saja untuk mengekspresikan dirinya sebagai penulis. Tentu dengan mematuhi ketentuan yang berlaku.

Narativ, Program Pengaya Kompasianer Terbaru

Banyak program yang telah diluncurkan Kompasiana untuk memacu semangat penulis dan pembacanya lebih berinteraksi di platform dengan tagline beyond blogging ini.

Program terbaru dari K yang diluncurkan bulan juni lalu adalah narativ. Narativ adalah content marketing untuk kompasianer. Boleh jadi dirimu dan aku sebagai kompasianer menulis di sini hanya untuk menyalurkan hobi.

Dengan perkembangan dunia digital yang sangat mempengaruhi perkembangan media sosial yang dimanfaatkan dalam digital marketing.

Tentu kita tahu bagaimana influencer dengan follower jutaan orang itu dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit menjadi endorser.

Tapi tahu gak sih, kalo tiga tahun ini tren mulai berubah, praktisi dunia pemasaran lebih banyak menggunakan influencer marketing melalui micro influencer. Pengiklan digital semakin memilih content creator ataupun blogger untuk mengiklankan produk mereka dengan cara yang soft tentunya.

Nah...narativ  ini adalah program  untuk menjembatani antara brand dan kompasianer dalam melakukan kerjasama pembuatan dan pendistribusian kontendi kompasiana muapun di saluran media sosial lainya.

Yups, jadi kita bukan cuma optimasi tulisan di kompasiana saja, tetapi memanfaatkan media sosial yang kita punya. Daripada Facebook buat share berita gak jelas Instagram buat stalking dan Twitter buat nyinyir doing,  kan bisa dioptimasi buat hasilin duit. Bukan begitu?.

Eh, bukannya dari dulu Kompasiana menjadi penghubung antara brand dan kompasianer?. 

Yup... dirimu betul, tapi dulu manual. Jadi kayak dipilihin sama admin gitu, lalu yang terpilih dikirimin email buat nulis tentang brand tertentu sebagai ekslusive writer. 

Santuy, jangan ribut ngira diriku pernah dapet kesempatan itu. Gak pernah, gampang untuk tahu siapa aja yang udah pernah toh? he..he... 

Sekarang kesempatan ini lebih terbuka, Kompasiana mempersilakan kepada brand untuk memilih langsung kompasianer yang ikut program narativ ini. Kompetisinya lebih objektif  dan mengurangi dosa kompasianer dari menggosipkan admin yang memilih orang-orang tertentu sebagai exclusive writer karena faktor tertentu.

Eh, tapi gimana mau daftar, cuma akun kecil di twitter, gak update di facebook karena gak millennial banget, feed di Instagram berantakan.

Dicoba aja dululah. Belum apa-apa udah blocking aja. 

Daftar narativ itu gratis dan gampang kok.

Pertama, pastikan dirimu mencukupi persyaratan yakni : Punya akun kompasiana, Akunnya sudah tervalidasi, Telah menayangkan minimal 50 konten di Kompasiana, dan memiliki media sosial aktif yang bisa dicantumkan di pengaturan profil

Kedua Jika sudah memenuhi kriteria daftar dirimu melalui https://microsite.kompasiana.com/narativ) lalu arahkan ke menu "mari bergabung" 

Ketiga, jika  dan berhasil daftar program, statusnya akan berubah menjadi "Anda sudah bergabung dalam program Narativ".

Udah, gitu aja 

Selanjutnya, ya tunggu aja kabar di bagian narativ di profile dirimu.   Kompasiana  akan rekomendasikan ketika ada pengiklan yang ingin bekerjasama. Apabila profile dirimu cocok dengan objektif pengiklan, kami akan menghubungi dirimu melalui sistem notifikasi yang ada pada halaman profile masing-masing Kompasianer.

Mudah banget kan?

Buat pemula, apa salahnya menjadikan narativ ini bener-bener jadi playground buat dirimu lebih memahami mengenai marketing digital melalui praktik langsung sekalian dapat keuntungan. Double untung dong.

Jadi, apa yang membuatmu masih mempertimbangkan buat gabung?.  

Coba aja dulu, siapa tahu cocok. Soal terpilih atau nggak ya gak usah baper. Senggaknya narativ bisa buat kamu kaya, bukan cuma emas berlian yang buat kamu kaya . Boleh jadi narativ hanya sebagai pemicu dirimu untuk kembali aktif di K, yang pasti memperkaya pengetahuanmu  dan pertemananmu tentunya.

Selamat Siang, Tetap Bahagia.

Dok. Kompal
Dok. Kompal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun