Mohon tunggu...
Budi Purnomo
Budi Purnomo Mohon Tunggu... lainnya -

Googling saja, dengan kata kunci : Karjodihardjo Media Center

Selanjutnya

Tutup

Politik

Kiat-Kiat Menghadapi Berita Negatif

23 Agustus 2013   06:52 Diperbarui: 18 Januari 2017   21:35 959
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption caption="Tidak selamanya berita itu baik atau buruk"][/caption]Oleh : Budi Purnomo Karjodihardjo  DALAM sebuah kampanye bisa saja lawan menggunakan segala cara untuk memenangkan sebuah persaingan. Jika yang dilakukan adalah dengan melakukan pencitraan, tentu saja sah-sah saja. Sayangnya, selalu ada saja yang melakukan kegiatan negatif dengan melakukan kampanye hitam terhadap orang lain.
Lebih parah lagi, kampanye hitam itu dipublikasikan di media massa dengan berbagai kecerdikan jurnalisnya, sehingga terbebas dari tuduhan fitnah atau penyebarluasan kabar bohong yang tidak menyenangkan pihak tertentu.

Menghadapi hal demikian, apa yang harus dilakukan? Berikut ini, ada beberapa rekomendasi yang dapat diimplementasikan untuk menghadapi persoalan demikian.

1]. Membuat klarifikasi. Tentu saja berita yang salah harus diluruskan dan harus diklarifikasikan. Berita yang salah jika dibiarkan atau ditulis terus-menerus akibatnya akan sangat mematikan. Oleh sebab itu harus diklarifikasikan. Caranya bagaimana? hubungi pemimpin media yang bersangkutan dan sampaikan realitas yang sebenarnya terjadi. Dengan klarifikasi ini, diharapkan menjadi seimbang.

2]. Duplikasikan klarifikasi tersebut di berbagai media sosial, sehingga kabar klarifikasi yang positif akan lebih banyak muncul dibandingkan dengan berita negatifnya, jika informasi tersebut dicari di mesin pencari internet, seperti Google.

3]. Bisa muncul lagi. Bukan tidak mungkin, berita yang sama akan muncul lagi di berbagai media. Oleh sebab itu sebaiknya, jalin hubungan personal yang baik dengan jurnalis agar mereka dapat memberikan info-info penting yang diharapkan, dengan demikian kita dapat mengantisipasinya lebih dini.

4]. Bagaimana jika "keterlaluan"? Dewan Pers juga sudah memberikan pedoman untuk menangani pemberitaan yang demikian. Misalnya dengan mengirim surat keberatan kepada Pemimpin Redaksi media yang bersangkutan. Selain itu, Dewan Pers juga akan menampung pengaduan terhadap pers yang nantinya akan dimediasi.

5]. Perlukah langkah hukum? Sejauh bisa dilakukan mediasi, upaya hukum tidak dianjurkan. Selain semakin mempublikasikan kabar buruk, sentimen jurnalis terhadap kita juga akan semakin meluas, dampaknya tentu sangat buruk bagi pencitraan saat ini ataupun memperburuk hubungan dengan media di masa mendatang. (*) 

BACA  JUGA ARTIKEL TERKAIT :  

Serangan Pemalsuan Akun Medsos VS Image Restoration Theory

Strategi Komunikasi untuk Pemulihan Citra dalam Persoalan Hukum

Ini yang Harus Dilakukan, Jika Anda Diserang Hoax

Budi Purnomo Karjodihardjo adalah seorang mediapreneur dan praktisi digital public relations, yang menulis berdasarkan pengalamannya. Budi dan tim Komunitas Sapu Langit, menyediakan waktunya untuk membantu personal/korporasi yang menghadapi masalah komunikasi seperti ini. Untuk berkomunikasi dengan beliau, silahkan hubungi : bp@mediacenter.id atau wa : 08531-5557788.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun