Mohon tunggu...
KANIA MAYANG SARI
KANIA MAYANG SARI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Sekolah Dasar di Karawang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Calon Guru Penggerak Kab. Karawang Angkatan 10 Modul 1.3

10 Mei 2024   10:42 Diperbarui: 10 Mei 2024   10:43 297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua, Syalom, Oom Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam kebajikan

Salam Guru Penggerak..

Halo Bapak/Ibu Guru hebat,

Pada kesempatan kali ini, Saya Kania Mayang Sari, S.Pd akan menuliskan Kembali hasil refleksi dwimingguan saya setelah mempelajari Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.

Kegiatan pembelajaran modul 1.3 ini telah selesai saya ikuti, ada banyak ilmu pengetahuan baru yang saya peroleh selama kegiatan pendidikan.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model model 4F yaitu : Fact (peristiwa), Feeling (perasaan), Findings (pembelajaran), Future (penerapan).

Fact (Peristiwa)

Sama seperti kegiatan di modul sebelumnya. Kegiatan Modul 1.3 ini diawali dengan membuat Refleksi Mandiri pada tahap Mulai dari Diri dan Eksplorasi Konsep pada tanggal 25 April 2024. Pada kegiatan ini, saya ditugaskan untuk membuat gambaran imajinasi tentang murid di masa depan.  Jadi, saya harus membuat satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang. Saya juga menjelaskan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita yang saya inginkan.

Pada tahap selanjutnya adalah kegiatan Eksplorasi Konsep yang dipelajari pada tanggal 26 April 2024. Pada kegiatan ini, saya mempelajari materi tentang "Berpikir Strategis", "Inkuiri Apresiatif sebagai Paradigma", "Inkuiri Apresiatif sebagai Pendekatan Manajemen Perubahan (BAGJA)", "Tahapan BAGJA", "Proses Inkuiri dalam BAGJA", dan "Amati - Tiru -- Modifikasi". Setelah itu, saya melakukan refleksi mandiri tentang pengalaman yang sudah dilakukan menggunakan kanvas BAGJA.

Kegiatan selanjutnya adalah Ruang Kolaborasi yang berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 30 April dan 2 Mei 2024. Pada kegiatan ini, kami dibagi menjadi 2 kelompok untuk mendiskusikan salahsatu Visi untuk dipresentasikan dan membuat satu kalimat Prakarsa perubahan dengan menggunakan kanvas BAGJA.

Kegiatan yang lainnya yaitu kegiatan mandiri berupa pengerjaan Demonstrasi Kontekstual, Koneksi Antar Materi hingga pembuatan Aksi Nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun