Sebagai salah satu wujud implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi: Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Indonesia lakukan beberapa kegiatan. Di antaranya adalah yang digagas dan dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia.Â
Melalui pendanaan Hibah Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesian (UI) Tahun 2023 skema kompetisi. Agung Nugroho beserta tim lakukan bimbingan teknis kepada pelaku Usaha Mikro, Â Kecil, dan Menengah (UMKM) di Tenjolaya, Kabupaten Bogor.Â
Tema yang diangkat selaras dengan perkembangan dunia digital saat ini. Secara spesifik yang disampaikan adalah terkait pemanfaatan media sosial sebagai corong pengenalan produk dan menjaring konsumen.Â
Selaku ketua tim, Agung Nugroho menyampaikan bahwa agar usaha UMKM makanan dan minuman sukses diperlukan strategi perencanaan komunikasi. Untuk menopang hal tersebut diperlukanlah kompetensi dan keahlian dari para pelaku UMKM.Â
"Agar usaha UMKM makanan dan minuman sukses diperlukan strategi perencanaan komunikasi. Oleh karena itu, diperlukan kompetensi dan keahlian bagi para pelaku UMKM agar dapat optimal dalam memproduksi berbagai konten maupun menyebarluaskan informasi yang sudah disiapkan," tutur Agung Nugroho.Â
Bimbingan teknis pengelolaan media sosial ini secara spesifik ditujukan kepada pelaku UMKM bidang makanan dan minuman. Pelaksanaannya sendiri dilakukan pada Desember 2023.Â
Tujuan diselenggarakannya pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM di tingkat kecamatan. Secara spesifik tentang cara membuat akun media sosial digital yang berdampak pada usaha mereka.Â
Pembekalan teknis yang dilakukan mulai dari transfer pengetahuan dan keterampilan mengenai pembuatan akun media sosial, pengelolaan hingga publikasi konten.Â
Agar lebih berdampak, Agung Nugroho berpesan bahwa para pelaku UMKM sekaligus peserta bimbingan harus berlatih dalam pengelolaan akun media sosial digital tersebut.
Ditambahkan bahwa semua informasi dasar yang lengkap perlu dicantumkan dalam profil media tersebut. Misalnya saja keterangan bio, alamat toko, nomor telepon, situs e-commerce dan foto profil.Â
Pengelolaan media sosial juga disampaikan perlu dengan konten visual yang menarik. Sehingga dari konten tersebut dapat membuat konsumen tertarik untuk menyukai, mengikuti, dan memberikan komentar pada akun media sosial UMKM tersebut.Â
Pelaksanaan bimbingan teknis diawali dengan pengenalan pentingnya media sosial dalam bisnis. Tidak lupa semua peserta dibekali dengan beragam tips pembuatan akun media sosial.Â
Untuk lebih mudah dipahami oleh peserta, dilakukan praktek secara langsung pembuatan akun media sosial. Kemudian untuk mengoptimalkan akun tersebut ditambahkan dengan wawasan untuk pengelolaan dan pengoptimalan media sosial yang digunakan.Â
Dalam mengaktualisasikan program pengabdian kepada masyarakat, Agung Nugroho dan tim berlandaskan pada surat perjanjian penugasan dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI bernomor 1/UN2.PPM/HKP.05.00/2023.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H