Mohon tunggu...
ABDF
ABDF Mohon Tunggu... Jurnalis - ABDF

Bercerita dengan kata untuk edukasi kita bersama.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Motor Matic Kymco Yang Bikin Hati Galau

14 Maret 2021   02:47 Diperbarui: 14 Maret 2021   08:08 1373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SaatMotor Matic Metica Sudah Terlepas Mesinnya  (Dok.Pribadi)

Pagi setelah sampai di tempat work from office (WFO) saya memberi kabar pada orang yang tertarik membeli motor matic Kymco Metica GLX 125cc. Dalam percakapan melalui WA tersebut kami sepakat bertemu di UI Kampus Salemba jam empat sore.

Namun yang terjadi adalah siang hari saat hendak membeli menu makan siang istri memberi tahu bahwa motor matic Metica ngebul. Setengah tidak percaya karena seminggu sebelumnya motor matic Metica baru saja ganti oli dan rante keteng.


Setelah dicek ternyata benar, dan mengeluarkan bau yang menyengat khas oli terbakar. Melihat kenyataan tersebut yang saya lakukan hanya terdiam sejenak sambil merenungkan apa yang dipesankan bro Mike tentang perawatan motor matic Kymco tua.

Pesan Michael Anthony M.Rogier 

Jadi ingat pesan bro Mike (owner Mike Mechanic Garage) Oktober 2019 lalu sesaat sebelum motor matic Metica turun mesin karena kasus ngebul tipis.Ia berucap bahwa motor matic Kymco ini karakternya untuk penjualan di Negara dengan cuaca empat musim.Jadi perlakuan dalam perawatan motor matic Kymco "Metica" di Indonesia setidaknya oli harus selalu diperiksa.

Periksanya melalui stick yang terdapat di lubang untuk memasukan oli. Jika berkurang maka ditambah.Tapi jangan juga menuangkan oli mesin motor matic ini melebihi ambang batas yang disediakan oleh pabrik Kymco, bisa berabe.

Balik Lagi Ke Bengkel 

Kepikiran jika dibiarkan kerusakan pada motor matic Metica akan menjalar ke bagian piston. Akhirnya keesokan harinya metica saya bawa lagi ke bengkel Kymco di Cinere. Karena kalau hari itu juga dibawa bengkel pasti tutup, hari jumat.

Saya juga tidak mau mengulang kejadian piston motor matic Metica lecet seperti tahun 2019 lalu. Selain motor tidak bisa dipakai dalam waktu tertentu juga ada biaya yang dikeluarkan dalam jumlah cukup besar. Ditambah ada beberapa calon pembeli yang menanyakan riwayat turun mesin.

SaatMotor Matic Metica Sudah Terlepas Mesinnya  (Dok.Pribadi)
SaatMotor Matic Metica Sudah Terlepas Mesinnya  (Dok.Pribadi)

Maklumlah alasan membeli  motor tua tahun 2005 ini diantaranya karena harganya yang murah --sebenarnya tidak bisa dikatakan murah juga,karena ada motor matic Jepang yang lebih muda dari ini harganya masih di bawah Metica.

Nah sabtu siang akhirnya ke bengkel dan motor matic Metica dengan cepatnya diturunkan bagian mesinnya dan dibuka ruang bakarnya. Alhasil terlihat ring piston renggang, posisi klep tertekan ke dalam, gasket silinder rusak dan kerak hitam menempel di klep, ruang intake dan bagian muka piston.

Saat Permukaan Klep Berkerak (Dok. Pribadi)
Saat Permukaan Klep Berkerak (Dok. Pribadi)

Solusi yang ditawarkan oleh Mekanik pastinya mengganti gasket, membersihkan kerak,dan mengganti ring piston. Semua tawaran itu saya terima. Karena emang kondisinya sedang membutuhkan motor kembali sehat.

Terpesona 

Menjelang maghrib motor matic Metica sudah selesai dan langsung bisa saya gunakan. Sempat degdegan karena khawatir motor terasa tidak nyaman saat dikendarai. Namun yang terjadi adalah kebalikannya. Motor matic Metica yang awalnya terasa sedikit getar di bagian kaki kini sudah menjadi halus. Kembali ke fitrahnya Kymco yang nyaman dikendarai.

Masih kepikiran mau menjual ?

Bagian Depan Kiri Kyco metica (Dok. Pribadi)
Bagian Depan Kiri Kyco metica (Dok. Pribadi)

Jika melihat dari kebutuhan jawabannya,"iya". Namun setelah merasakan kembali kenyamanan motor matic Metica rasanya sayang untuk dilepas. Meskipun bagian bodinya sudah tidak terlalu menarik, tapi kenyamanan mengendarainya itu masih mempesona.

Ditambah ruang penyimpanan pada motor matic ini sangat banyak dan bisa membawa barang belanjaan ke pasar tanpa harus repot kantor plastic dimana-mana.

Kenyamanan riding position ini makin dipertegas saat om En Es Suprayogo seorang photographer balap motor menjajal motor matic Metica malam harinya. Ia bilang, "riding positionnya enak, Kang."

Saat Teman Test Ride (Dok. Pribadi)
Saat Teman Test Ride (Dok. Pribadi)

Lantas ditambah lagi dari reaksi bro Bayu Prayudha teman di Nusantaride yang tercengang ketika mendengar kapasitas tangki BBM motor matic Metica 6,5 liter. Dia bilang itu melebih kapasitas tangki bensin motor matic Yamaha Mio generasi kedua dan Yamaha Nmax 155cc nya om En Es.

Sebuah Keputusan 

Sekarang setelah kenyamanan itu kembali hadir dan pengakuan dari anak motor yang lain terdengar jelas kegalauan mulai hadir. Tapi hidup ini adalah pilihan. Setiap langkah yang diambil pasti punya konsekuensi yang mendampingi.

Jadi sambil beiringan dengan waktu yang terus berjalan motor matic Metica akan dipercantik secara perlahan tampilan luarnya. Sementara iklan yang saya tawarkan di facebook dan instagram tetap seperti itu. Karena saya sendiri ada patokan waktu untuk memasuki jenjang kenaikan kelas dari motor matic Kymco Metica 125cc ke Kymco KXCT 200cc.

Setidaknya saya berpegang bahwa, "mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (QS. An Nisa': 19). Dan ungkapan seorang penyair Arab yang berkata, "Seseorang seharusnya berusaha sekuat tenaganya mendapatkan kebaikan. Tetapi ia tidak akan bisa menetapkan keberhasilannya." Dikutip dari muslim.or.id.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun