Mohon tunggu...
Imam Maliki
Imam Maliki Mohon Tunggu... Wiraswasta - Manusia yang ingin berbuat lebih, melebihi rasa malas

Entrepreneur

Selanjutnya

Tutup

Money

Beberapa Inovasi Transmart yang Menjadikan Unggul di Bisnis Retail

29 Mei 2019   09:56 Diperbarui: 29 Mei 2019   09:57 582
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://www.malang-post.com 

Senin (20/4/2019) saya dikabari dan di undang oleh dedengkot blogger Malang, untuk berpartisipasi mengunjungi Transmart Malang. Undangan itu bertajuk "meet and greet :  Bermain dan Berbuka Bersama Trans Studio Mini Malang dan Blogger". Karena ada bermainnya saya mengajak anak saya untuk menjajal wahana Trans studio yang sudah lama di kenal.

Transmart Malang di resmikan  keberadaannya di Malang pada 22 Februari 2019 oleh Chairman CT Corp Chairul Tanjung dan merupakan gerai yang ke 127 di seluruh Indonesia.

 Jika sebelumnya Transmart di kenal sebagai pelopor pusat perbelanjaan yang memadukan konsep 4 in 1 yaitu meliputi berbelanja, bersantap, bermain dan menonton dalam satu area. Kini konsep itu akan di sempurnakan menjadi 5 in 1 yaitu berbelanja, bersantap, bermain, menonton dan menginap. Konsep 5 in 1 salah satu ide mengejawantahkan kebutuhan dasar manusia yang meliputi sandang, papan, pangan dan rekreasi.

Di Transmart Malang tempat menginap berada di belakang gedung yaitu Hotel SwissBellin. Tulisan ini tidak hendak meliput apa yang ada di Transmart Malang, karena sudah di ulas oleh artikel lain. Tapi penulis akan membahas apa maksut penemapatan tenant berdasarkan lantai gedungnya.

Berkunjung ke Transmart Malang bagi saya seperti membaca jalan pikiran owner Transmart, Chairul Tanjung (CT). Inovatif, kreatif dan out the box. Untuk membesarkan Transmart CT turun langsung mengonsep sebuah tempat yang memadukan layanan kebutuhan dasar manusia, sehingga di awal-awal berdirinya Transmart seringkali harus di ujicoba letak tenant berdasarkan lantai gedungnya. Transmart di Malang salah satu posisi ideal, yang posisinya sama dengan gerai-gerai lainnya. Ini juga menjadi pelajaran bagi seorang pengusaha pemula, bahwa seorang pengusaha harus selalu mencoba hal baru sampai menemukan titik ideal. Jika sudah ideal bisa di adopsi dan di replikasi ke tempat lain.

  Inovasi Mall

Penulis mencatat ada beberapa retail dan mall yang sudah 'melegenda' mengalami penurunan pengunjung bahkan gulung tikar. Bahkan retail dari luar negeri pun juga  bernasib sama, sebut saja Abercrombie & Fitch. Di Indonesia retail terkenal  7-Eleven, Disc Tarra, Lotus dan Matahari juga harus mengalami nasib penurunan daya beli.

Melihat tren menurunnya pengunjung yang berimbas dengan menurunnya daya beli. Sebuah retail mau tidak mau harus membuat inovasi yang bisa bertahan, bahkan bisa memenangkan persaingan. Transmart salahsatu pioneer retail yang mengedepankan inovasi itu. Saya akan sedikit mengulas apa inovasi yang di lakukan Transmart tiap lantai bangunannya.

 Inovasi Transmart yang tidak biasanya menjadikan pengunjung seperti di hadapkan pada teka teki yang menyenangkan tiap lantai gedungnya. Seperti anak saya ketika mau naik ke lantai berikutnya selalu bilang " ada apa ya di atas sana?" setelah sampai di lantai atasnyanya selalu takjub " wah, bagusnya"

Yang paling bawah, Ground floor (lantai dasar). Di lantai ini terdiri dari Resto&caf, Bank dan Bread shop. Peletakan tempat kuliner di lantai bawah, ini Transmart salah satu pionernya. Ada 17 tenant kuliner ternama yang akan memanjakan lidah pengunjung. Di beberapa mall ternama tempat kuliner di letakkan di lantai atas. Akibatnya, tenant kuliner di lantai atas seringkali sepi pengunjung dan akhirnya gulung tikar. Pemenuhan kebutuhan perut ini di rasa menjadi sangat penting, sebab pengunjung yang akan berselancar mengunjungi lantai-demi lantai di atasnya harus terisi dulu perutnya sehingga pengunjung akan berpikir jernih ketika belanja dan bermain. Tidak bingung karena lapar.

Lantai 1, terdiri atas Bicycle&sport, electronic, Health&beauty, fresh, groceries dan baby. Bahan makanan di letakkan di lantai ini, dengan pertimbangan jika ibu-ibu ingin belanja bahan makanan untuk segera di masak tidak repot-repot harus naik ke lantai yang lebih atas, cukup di lantai 1 dan bisa langsung pulang. Bisa di bayangkan jika bahan makanan di letakkan di lantai 4. Ibu-ibu membayangkan saja sudah capek... hehe.

Bahan makanan yang tersedia di Transmart sangat murah untuk sebuah pusat belanja yang modern. Saya sebelum berkunjung, kebetulan baru saja membeli 1 kg daging ayam. Di pasar tradisional yang kurang terjaga kebersihannya per 1 kg seharga 32.000 ternyata saya cek di Transmart harganya juga segitu dengan kualitas yang lebih baik. Beberapa bahan makanan hamper sama dengan harga di pasaran, jika selisih itupun hanya sedikit dengan kualitas yang prima.

Yang membedakan Transmart dengan retail yang lain. Transmart all out mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) berada di wilayah Transmart berdiri. Di Transmart Malang saja ada 1350 produk UKM dari Malang. Semua produk UKM menempati etalase khusus yang di sediakan. Tidak ada uang sewa etalase bagi UKM. Jika ada yang kurang bagus di kemasan dan produk, Transmart akan memberikan bimbingan sampai produk itu layak bersaing dengan produk dari pabrik.

ukm-malang-5cedf4c43ba7f72e1b749fe3.jpg
ukm-malang-5cedf4c43ba7f72e1b749fe3.jpg
Lantai 2, terdiri dari cosmetic, accecories, children ware, toys, ladys ware dan fragrance. Di lantai ini, merupakan tempat belanja kebutuhan anak muda dan ibu muda. Pengunjung yang berada di lantai ini bisa dipastikan orang yang tidak tergesa-gesa, tapi benar-benar menikmati detail apa yang akan di belinya.

Lantai 3, Mensware, Transliving, luggage dan Homelinen. Di tempat ini hamper sama dengan lantai 2. Tapi lebih banyak di peruntukkan untuk anak muda, eksekutif muda dan keluarga yang masih berbenah. Di lantai ini semua kebutuhan perabotan rumah tersedia. Jika kebutuhan isi rumah sudah terpenuhi, pengunjung akan di ajak ke lantai di atasnya.

Jika keluarga yang baru membangun sebuah rumah dan memenuhi isi rumahnya dengan almari, tempat tidur, buffet dan lainnya bisa melihat di lantai 3. Beragamnya jenis barang dengan kualitas yang sangat bagus, bisa di pastikan pengunjung yang mencari barang yang di butuhkan tidak perlu mencari di tempat lain. Selain kelengkapan barang, di Transmart pengunjung akan mendapatkan potongan harga dengan memakai Kartu Bank Mega.

 Lantai 4, terdiri Trans Studio Mini, XXI Cinema dan Mushola. Lantai ini merupakan pusat rekreasi keluarga. Icon Transmart terutama Roller coaster menjadi daya tarik tersediri bagi pengunjung. Hanya di Transmart Roller coaster melintasi luar gedung. Dengan kecepatan 140 km/jam dan rel yang menikung dengan kemiringan sampai 45 derajat, pengunjung otomatis akan berpacu kencang andrenalinnya. Teriakan pengunjung yang keras, di yakini akan melepaskan beban hidup yang mungkin ada pada pengunjung. Lintasan yang keluar gedung di tambah dengan suara teriakan yang keras, adalah promosi gratis untuk Transmart yang bisa menghemat biaya, jika di bandingkan dengan biaya pajak ketika memasang baliho besar di atas gedung.

roller-coaster-5cedf4a1297d6875a50d40f3.jpg
roller-coaster-5cedf4a1297d6875a50d40f3.jpg
Di Transmart Malang selain Roller coaster yang iconic. Ada beberapa permainan bergerak lainnya yaitu Flume Ride, Sky Rider, Bumper Car, Mini Train dan Ventura River. Selain permainan bergerak tersebut ada juga 140 permainan games.

Kedepan inovasi yang di pakai Transmart pasti akan di ikuti oleh retail lainnya. Maka, selalu berinovasi dan menjadi yang pertama memulai adalah kunci memenangkan persaingan. Salam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun