JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET
MODUL AJAR
SMAN COLOMADU
DASAR DASAR JARINGAN KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
KELAS X / FASE E
Semester 1 (Ganjil)
- INFORMASI UMUM
- Identitas Modul
- Nama Penyusun        : Kalistus Haris Pratama
- Nama Sekolah         : SMA N Colomadu
- Tahun Penyusunan     : 2023
- Jenjang Sekolah        : SMA
- Alokasi Waktu         : 4 Jam Pelajaran @40 menit (2 Pertemuan x 2 JP)
- Elemen                : Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
- Capaian pembelajaran:
- Pada akhir fase E peserta didik mampu menguasai materi jaringan komputer dan sistem telekomunikasi.
- Profil Pelajar Pancasila
- Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:
- Peserta didik diharapkan bisa bergotong royong dalam menganalisis jenis jaringan lokal , internet dan konektivitas Internet
- Peserta didik diharapkan mampu bernalar kritis mengkategorikan komponen pembentuk jaringan lokal , internet dan konektivitas Internet
- Sarana & Prasarana
- Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:
- Laptop/LCD Proyektor
- Media ajar/Video
- Ruang Laboratorium
- Perangkat komputer
- Lembar Jobsheet
- Target Peserta Didik
- Peserta didik reguler
- Model Pembelajaran yang Digunakan
- Ceramah
- Demonstrasi
- Pembelajaran dengan Problem Base Learning (PBL)
- KOMPONEN INTI
- Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik diharapkan mampu:
- Memahami konsep dasar jaringan komputer
- Mengenali jenis-jenis jaringan
- Mendapatkan pemahaman dasar tentang risiko keamanan jaringan komputer .
- Mengenal konsep dasar dalam sistem telekomunikasi .
- Pemahaman Bermakna
- Meningkatkan pemahaman peserta didik terkait jaringan computer dan system telekomunikasi , sehingga mampu merasakan pentinngnya teknologi dan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam dunia nyata atau sehari-hari. , baik dalam berkomunikasi dengan teman-teman , keluarga , atau dalam lingkungan kerja nantinya.
- Pertanyaan Pemantik
- Apa itu jaringan komputer dan mengapa jaringan computer itu penting dalam dunia teknologi informasi saat ini ?
- Apa itu sistem telekomunikasi, dan bagaimana sistem ini memungkinkan komunikasi suara, data, dan video antara berbagai perangkat ?
- Apa perbedaan antara jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN), dan di mana kita biasanya menemui masing-masing jenis jaringan ini ?
- Bagaimana teknologi telekomunikasi telah mempengaruhi cara kita berkomunikasi dan bekerja dalam dunia yang semakin terhubung?
- Persiapan Pembelajaran
- Membaca materi pembelajaran, menyiapkan perangkat, materidan modul ajar.
- Menyiapkan alat dan bahan
- Jobsheet
- Kegiatan Pembelajaran
- Â
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- PERTEMUAN 1
- Tahapan
- Kegiatan
- Alokasi Waktu
- Pendahuluan
- Kegiatan awal
- Pembukaan
- Guru menyiapkan media pembelajaran.
- Guru mengucapkan salam.
- Memulai dengan berdo'a secara bersama-sama.
- Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
- Guru melakukan presensi siswa.
- Guru mengisi buku agenda kelas.
- Apersepsi
- Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
- Menjajaki daya ingat siswa tentang materi sebelumnya.
- Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Peserta didik diminta mengerjakan pretest.
- Motivasi
- Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Apa itu jaringan komputer dan mengapa jaringan computer itu penting dalam dunai teknologi informasi saat ini ?
- Apa itu sistem telekomunikasi, dan bagaimana sistem ini memungkinkan komunikasi suara, data, dan video antara berbagai perangkat ?
- 15 menit
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Menggali dan mendiskusikan materi jaringan komputer dan internet .
- Elaborasi
- Guru menjelaskan pengertian jaringan komputer.
- Guru menjelaskan jenis-jenis jaringan dan alat telekomunikasi .
- Guru menjelaskan pemahaman dasar tentang keamanan jaringan komputer dengan video.
- Peserta didik mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan mencatat poin penting materi jaringan computer dan internet.
- Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya.
- Konfirmasi
- Peserta didik menjelaskan kembali hasil mendengarkan dan mencatat dengan sukarela.
- Guru menunjuk siswa jika tidak ada peserta didik yang mau menjelaskan.
- Melakukan diskusi dan koreksi dari hasil penjelasan yang disampaikan peserta didik.
- Peserta didik diminta mengerjakan postest.
- Peserta didik memperbaiki dan melengkapi catatan yang kurang lengkap.
- 50 menit
- Penutup
- Kegiatan Akhir
- Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan
- Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai materi pada pertemuan selanjutnya.
- Memberikan motivasi peserta didik untuk tetap semangat dalam menunut ilmu (belajar).
- Mengakhiri pembelajaran dengan membaca do'a.
- Guru menginstruksikan peserta didik untuk merapikan dan memebersihkan lab.
- Mengucapkan menutup pembelajaran dengan mengucap salam.
- 15 menit
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- PERTEMUAN 2
- Tahapan
- Kegiatan
- Alokasi Waktu
- Pendahuluan
- Kegiatan awal
- Pembukaan
- Guru menyiapkan media pembelajaran.
- Guru mengucapkan salam.
- Memulai dengan berdo'a secara bersama-sama.
- Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
- Guru melakukan presensi siswa.
- Guru mengisi buku agenda kelas.
- Apersepsi
- Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
- Menjajaki daya ingat siswa tentang materi sebelumnya.
- Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Guru mengaitkan kejadian sehari-hari dengan materi.
- Motivasi
- Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
- Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Bagaimana teknologi telekomunikasi telah mempengaruhi cara kita berkomunikasi dan bekerja dalam dunia yang semakin terhubung?
- 15 menit
- Kegiatan Inti
- Orientasi peserta didik pada masalah.
- Peserta didik diberi pemaparan masalah pada teknologi telekomunikasi .
- Perkembangan teknologi komunikasi, seperti internet, media sosial, perangkat seluler, dan aplikasi pesan instan, telah mengubah cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi. Meskipun teknologi ini membawa banyak manfaat, ia juga memunculkan sejumlah masalah dan perubahan dalam dinamika sosial. Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan bagaimana perkembangan teknologi komunikasi memengaruhi cara kita berkomunikasi dan apa dampaknya pada masyarakat. ?
- Peserta didik diminta untuk:
- Menganalisis penyelesaian masalah dengan mengemukakan pedapat.
- Mengajukan pertanyaan terkait penyelesain masalah.
- Guru bersama peserta didik menentukan penyelesaian masalah.
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Â
- Guru meminta peserta didik membentuk kelompok secara heterogen (laki-laki dan perempuan) setiap kelompok 3-4 orang.
- Guru meminta peserta didik untuk menganalisa permasalahan pada perangkat perangkat tersebut.
Membimbing penyelidikan yang dilakukan secara individu maupun kelompok.
- Peserta didik berdiskusi dan mengerjakan jobsheet.
- Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya jika kesulitan dalam mengerjakan jobsheet.
Mengembangkan dan menyajikan penyelesaian masalah.
- Peserta didik melaporkan hasil diskusi melalui pekerjaan lembar jobsheet.
- Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan mempersilahkan peserta didik yang lain untuk memberikan tanggapan, pertanyaan, atau masukan.
- Guru mendampingi dan melakukan penilaian saat peserta didik sedang presentasi diskusi.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
- Guru dan peserta didik melakukan analisis dan evaluasi terhadap pemecahan masalah.
- 50 menit
- Penutup
- Peserta didik dan guru melakukan refleksi pembelajaran
- Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan.
- Peserta didik mengerjakan tes formatif.
- Guru menyampaikan materi atau kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
- Guru menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam
- 15 menit
- Asesmen
Penilaian
Bentuk Penilaian
*
Penilaian Sikap : observasi
Lembar Jurnal
*
Penilaian Pengetahuan : tes tulis
Pilihan Ganda / Penugasan
*
Penilaian Keterampilan : tes kinerja
Lembar Kinerja (proses) / praktik
- Materi Ajar
Definisi Jaringan Komputer : Jaringan komputer adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang terhubung bersama untuk berbagi sumber daya dan informasi.
Jenis-jenis Jaringan :Â
- LAN (Local Area Network):
- Jaringan lokal dengan cakupan kecil seperti ruangan atau gedung.
- WAN (Wide Area Network):
- Jaringan yang mencakup area yang lebih luas, seperti kota, negara, atau dunia.
- MAN (Metropolitan Area Network):
- Jaringan yang mencakup area antara LAN dan WAN, umumnya di dalam satu kota.
Komponen Jaringan :
- Perangkat Keras (Hardware)
- Â
- Komputer:
- Node dalam jaringan.
- Router:
- Mengarahkan lalu lintas data antar jaringan.
- Switch:
- Menghubungkan beberapa perangkat dalam LAN.
- Hub:
- Menghubungkan perangkat dalam jaringan membentuk segmen.
- Perangkat Lunak (Software)
- Â
- Protokol Jaringan:
- Aturan untuk komunikasi antar perangkat.
- Sistem Operasi Jaringan:
- Memungkinkan perangkat bekerja bersama dalam jaringan.
Protokol dan Model OSI
- Protokol Jaringan Umum :Â
- Â
- TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol):
- Digunakan di Internet.
- HTTP (Hypertext Transfer Protocol):
- Untuk transfer data web.
- FTP (File Transfer Protocol):
- Untuk mentransfer file.
- Model OSI (Open Systems Interconnection)
- Â
- Layer 1 - Fisik:
- Kabel, konektor, dan perangkat keras fisik.
- Layer 2 - Data Link:
- Pengiriman data antar perangkat dalam satu jaringan.
- Layer 3 - Network:
- Menangani routing dan forwarding data.
- Layer 4 - Transport:
- Menangani kontrol kesalahan dan aliran data.
- Layer 5 - Session:
- Menangani dialog antar aplikasi.
- Layer 6 - Presentation:
- Mengubah format data agar dapat dimengerti.
- Layer 7 - Application:
- Berhubungan langsung dengan pengguna.
Telekomunikasi
- Definisi Telekomunikasi : Telekomunikasi adalah proses pengiriman sinyal suara, data, atau video dari satu titik ke titik lain.
- Komponen Telekomunikasi :
- Â
- Sumber Sinyal:
- Pemancar atau sumber informasi.
- Saluran Transmisi:
- Media yang membawa sinyal.
- Penerima:
- Perangkat yang menerima dan mendekode sinyal.
- Teknologi Telekomunikasi
- Â
- Telepon:
- Pengiriman suara jarak jauh.
- Internet:
- Pengiriman data multimedia.
- Satelit:
- Komunikasi melalui satelit buatan.
- Kesimpulan
- Jaringan dan telekomunikasi membentuk dasar dari dunia digital. Pemahaman konsep-konsep dasar ini akan membantu siswa memahami bagaimana perangkat komputer berkomunikasi satu sama lain dan bagaimana informasi dipindahkan melalui jaringan. Dengan perkembangan teknologi, pemahaman ini menjadi semakin penting untuk berpartisipasi dalam masyarakat yang terhubung secara digital.
- LKPD
Nama Siswa   :
Kelas        :
No Absen     :
Semester     :
Tahun        :
A. Tujuan PembelajaranÂ
1. Memahami konsep dasar jaringan komputer.
2. Mampu mengidentifikasi permasalahan yang mungkin terjadi dalam jaringan komputer.
3. Mempelajari cara mencari solusi untuk masalah-masalah jaringan komputer.
4. Memahami prinsip dasar telekomunikasi.
B. InstruksiÂ
1. Bacalah kasus berikut ini dengan seksama.
2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang ada dan selesaikan tugas-tugas yang diberikan.
3. Diskusikan dengan teman sekelas jika diperlukan.
4. Anda diberikan waktu 60 menit untuk menyelesaikan LKPD ini.
C. Kasus: Troubleshooting Jaringan Sekolah
Anda adalah seorang teknisi jaringan di sekolah Anda. Beberapa siswa dan guru mengalami masalah dalam mengakses internet dan berbagi file dalam jaringan sekolah. Beberapa masalah yang mungkin terjadi antara lain:
- Tidak dapat mengakses internet.
- Kecepatan internet yang sangat lambat.
- Tidak dapat mencetak ke printer jaringan.
- Tidak dapat mengakses file di server jaringan.
- Koneksi Wi-Fi terputus secara acak.
D. TugasÂ
1. Identifikasi satu masalah dari kasus di atas yang akan Anda teliti.
2. Jelaskan langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut.
3. Jelaskan perangkat dan perangkat lunak yang mungkin perlu Anda periksa atau konfigurasi ulang.
4. Apa sumber daya (buku, situs web, orang yang bisa Anda konsultasikan) yang akan Anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini ?
E. PresentasiÂ
Setiap kelompok akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan solusi masalah yang telah Anda identifikasi. Anda harus menjelaskan langkah-langkah yang akan diambil, perangkat yang terlibat, dan sumber daya yang digunakan
F. DiskusiÂ
Setelah presentasi, seluruh kelas akan mendiskusikan solusi yang telah diajukan oleh setiap kelompok. Diskusikan apakah ada alternatif solusi atau rekomendasi yang berbeda untuk masalah yang sama .
G. PenilaianÂ
Guru akan menilai berdasarkan identifikasi masalah, langkah-langkah yang dijelaskan, pemahaman tentang perangkat keras dan perangkat lunak, dan kontribusi dalam diskusi kelas. Kesimpulan yang diambil dari diskusi juga akan dinilai.
Â
- Assesment
Bagian A: Pilihan Ganda
- Definisikan LAN (Local Area Network).
- a) Jaringan yang mencakup area geografis yang luas.
- b) Jaringan lokal dengan cakupan kecil seperti ruangan atau gedung.
- c) Jaringan antar kota.
- d) Jaringan yang tidak memerlukan koneksi fisik.
- TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) digunakan untuk:
- a) Mengatur keamanan jaringan.
- b) Mengelola aliran data dalam jaringan.
- c) Mengirim sinyal TV.
- d) Mentransfer file antar perangkat.
Bagian B: Essai Singkat
- Jelaskan perbedaan antara LAN dan WAN. Berikan contoh masing-masing.
- Apakah fungsi utama dari Layer 3 (Network) dalam Model OSI? Berikan contoh implementasinya.
Bagian C: Praktikum
- Konfigurasikan jaringan lokal sederhana:
- a) Hubungkan dua komputer menggunakan kabel UTP.
- b) Atur IP address secara manual.
- c) Lakukan uji koneksi antara kedua komputer.
Bagian D: Studi Kasus
- Baca studi kasus berikut dan jawab pertanyaan:
Studi Kasus: Sebuah perusahaan mengalami serangan malware yang menyebabkan kebocoran data karyawan. Identifikasi langkah-langkah yang dapat diambil oleh tim jaringan untuk mencegah serangan serupa di masa depan.
Bagian E: Presentasi Kelompok
- Buat presentasi kelompok tentang perkembangan terkini dalam teknologi telekomunikasi. Termasuk dampaknya pada masyarakat dan bisnis.
Petunjuk:
- Waktu Pengerjaan: 2 jam.
- Pembagian Nilai:
- Bagian A: 20 poin (10 poin setiap soal)
- Bagian B: 30 poin (15 poin setiap soal)
- Bagian C: 20 poin (10 poin untuk konfigurasi, 10 poin untuk uji koneksi)
- Bagian D: 15 poin
- Bagian E: 15 poin
Penilaian :
- Pemahaman Konsep: Sejauh mana siswa memahami konsep-konsep dasar dalam jaringan dan telekomunikasi.
- Keterampilan Praktis: Kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep-konsep dalam konfigurasi jaringan dan uji koneksi.
- Kemampuan Analisis: Kemampuan siswa dalam menganalisis studi kasus dan menyajikan perkembangan terkini dalam teknologi telekomunikasi.
- Kerja Sama Kelompok: Dalam Bagian E, penilaian juga mencakup kemampuan kerja sama dan presentasi kelompok.
Rubrik PenilaianÂ
- Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
Aspek yang dinilai
Deskripsi
Nilai
Â
Â
Teliti
Mengerjakan proyek dengan ketelitian
yang mumpuni dan dapat menjelaskan hasilnya
Â
2
Mengerjakan proyek dengan teliti tetapi masih ada yang kurang lengkap
1
Tidak mau mengerjakan proyek
Â
Tanggung Jawab
Tidak mudah putus asa
2
Mudah putus asa
1
Tidak mau mengerjakan
Â
Â
Gotong Royong
Membantu teman sekelompok dan menyelesaikan kewajibannya
2
Hanya menyelesaikan kewajibannya
1
Tidak membantu teman sekelompok dan tidak menyelesaikan kewajibannya
Â
Skor maksimal = 2 x 3 = 6
Nilai sikap = skor yang diperoleh skor maksimal x 100
Rentangan nilai :
- Sangat Baik = 91 -- 100
- Baik = 83 -- 90
- Cukup = 75 -- 82
- Perlu Bimbingan = < 75
Rubrik Penilaian
Â
Butir soal 1
Skor 10
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar dan tepat
Skor 0
Jika peserta didik salah menjawab soal
Butir soal 2
Skor 10
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar dan tepat
Skor 0
Jika peserta didik salah menjawab soal
Butir soal 3
Skor 15
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar dan lengkap
Skor 10
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar tetapi tidak lengkap
Skor 5
Jika peserta didik menjawab soal dengan jawaban yang salah
Butir soal 4
Skor 15
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar dan lengkap
Skor 10
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar tetapi tidak lengkap
Skor 5
Jika peserta didik menjawab soal dengan jawaban yang salah
Butir soal 5
Skor 20
Jika peserta didik mampu mengkonfigurasi jaringan dengan benar dan tepat serta pada saat uji konektivitas berhasil sesuai ekspektasi
Skor 15
Jika peserta didik mampu mengkonfigurasi jaringan tetapi pada saat uji konektivitas terjadi eror yang masih bisa diatasi
Skor 10
Jika peserta didik mampu mengkonfigurasi tapi gagal total pada saat melakukan uji konektivitas
 Skor 5
Jika peserta didik gagal mengkonfigurasikan jaringan dan juga gagak melakukan uji konektivitas
Butir soal 6
Skor 15
Jika peserta didik mampu menyelesaikan studi kasus dengan baik dan benar serta mampu menjawab pertanyaan dengan benar pula
Skor 10
Jika peserta didik mampu menyelesaikan studi kasus tetapi tidak dapat menjawab pertanyaan yang telah diberikan
Skor 5
Jika peserta didik tidak dapat menyelesaikan studi kasus dan tidak mampu menjawab pertanyaan yang telah diberikan
Butir soal 7
Skor 15
Jika peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan isi materi yang lengkap dan benar
Skor 10
Jika peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan materi yang kurang lengkap
Skor 5
Jika peserta didik tidak dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan baik dan benar dan tidak sesuai dengan tujuan presentasi
Â
Skor maksimal = Jumlah poin semua butir soal
Rentang nilai :
- Sangat baik = 91 - 100
- Baik = 83 - 90
- Cukup = 75-82
- Perlu bimbingan = < 75
- Refleksi Peserta didik dan guru
- Â
- Refleksi Peserta Didik
- Apa perbedaan antara jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN), dan bagaimana kita bisa mengidentifikasi jenis jaringan di sekitar kita ?
- Bagaimana jaringan komputer berperan dalam kehidupan sehari-hari kita, selain dari sekadar mengakses internet ?
- Bagaimana jaringan komputer berperan dalam industri dan bisnis? Berikan contoh kasus dimana jaringan sangat penting ?
- Apa yang dimaksud dengan protokol dalam konteks jaringan komputer, dan bagaimana protokol ini memungkinkan komunikasi antarperangkat ?
- Bagaimana peserta didik melihat diri saat menggunakan pengetahuan tentang jaringan komputer dan telekomunikasi di masa depan, baik dalam karier atau kehidupan sehari-hari ?
- Refleksi Guru
- Apakah ada aspek-aspek dalam mata pelajaran ini yang memerlukan pembaruan dalam kurikulum atau pendekatan pembelajaran  ?
- Bagaimana guru dapat memberikan dukungan lebih baik kepada siswa yang berminat melanjutkan studi di bidang jaringan komputer dan telekomunikasi ?
- Apakah ada metode pembelajaran kreatif dan proyek yang dapat guru gunakan untuk lebih memotivasi siswa dalam mata pelajaran ini ?
- Apa peran pengembangan keterampilan berpikir kritis dalam mata pelajaran ini, dan bagaimana guru dapat mengembangkannya lebih lanjut ?
- Bagaimana guru dapat mengukur keberhasilan pembelajaran siswa dalam mata pelajaran ini selain dari ujian dan tugas ?
- Lembar Refleeksi Pertanyaan Kepada Peserta Didik
- Â
Nama
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Sekolah
:
SMA N Colomadu
Mata Pelajaran
:
Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
Hari / Tanggal
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Petunjuk:
Berikut ini adalah daftar pertanyaan mengenai Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas. Pertanyaan ini buka ujian dan tidak akan berpengaruh apa-apa kepada kalian. Jawablah dengan jujur karena ini akan sangat membantu Bapak/Ibu guru dalam proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Kamu hanya perlu menjawab sesuai ekspresi yang ada di lembar ini yang menggambarkan perasaan kamu sangat sedih, sedih, senang atau sangat senang dengan memberi tanda ceklis ().
Keterangan Penilain Skor:
Sangat Sedih
:
Sedih
:
Biasa Saja
:
Senang
:
Sangat Senang
:
No.
Pernyataan
Skor
1.
Saya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik
2.
Saya memahami pelajaran yang disampaikan oleh pendidik
3.
Kami boleh bertanya tentang apa saja kepada pendidik
4.
Pendidik membentuk kelompok dalam pembelajaran dengan adil
5.
Pendidik memberikan umpan balik kepada kami saat menjelaskan materi
6.
Pembelajaran yang diberikan membuat kami termotivasi untuk terus belajar
7.
Pendidik memperhatikan dan peduli kepada semua siswa di kelas
8.
Pendidik selalu memberikan motivasi
9.
Pendidik bertanya apakah kami senang atau tidak dengan pelajarannya
10.
Pendidik menyedikan materi pembelajaran secara jelas dan terstruktur
Â
Â
LEMBAR REFLEKSI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Sekolah
:
SMA N Colomadu
Mata Pelajaran
:
Jaringan dan Telekomunikasi
Hari / Tanggal
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Â
Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Apakah ada permasalah baik dalam persiapan maupun pada saat proses pembelajaran terkait dengan sarana dan prasarana?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Apa hal menarik yang saya temukan selama proses pembelajaran?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Apakah peserta didik telah menunjukkan antusiasme selama pembelajaran?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Apa yang belum dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran ini?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Apa yang perlu diperbaiki dari pembelajaran yang sudah dilakukan?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
- Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
LEMBAR OBSERVASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Observer
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Sekolah
:
SMA N Colomadu
Hari / Tanggal
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Petunjuk Pengisian:
Berilah tanda pada setiap kolom di bawah ini sesuai dengan pengamatan yang anda lakukan pada proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
Ya
:
Hasil pengamatan memenuhi aspek
Tidak
:
Hasil pengamatan tidak memenuhi aspek
Aspek Yang Diamati
Penilaian
Catatan
Ya
Tidak
Kegiatan Pendahuluan
1.
Mengucapkan salam pembuka dan beroda.
2.
Mengkondisikan suasana belajar dan memberikan motivasi dan menanyakan kondisi peserta didik.
3.
Melakukan presensi kehadiran peserta didik.
4.
Memberikan apersepsi materi yang lalu.
5.
Menyampaikan capaian pembelajaran.
6.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
7.
Menjelaskan bentuk penilaian.
Kegiatan Inti
Orientasi Peserta Didik pada Masalah
1.
Memberikan pertanyaan pemantik.
2.
Menjelaskan materi pembelajaran menggunakan media dan video pembelajaran.
3.
Peserta ddik diberikan kesempatan untuk bertanya.
Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar
1.
Pembagian tugas individu/kelompok.
2.
Menjelaskan permasalahan yang terjadi seputar Jaringan dan Telekomunikasi
Â
Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok
1.
Memfasilitasi, membimbing, mengamati keterlibatan peserta didik dalam menyelesaikan dan mengerjakan LKPD.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
1.
Mengamati dan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan selama proses mengerjakan LKPD.
2.
Melaporkan, menjelaskan, atau mempresentasikan hasil pengerjaan LKPD di depan kelas.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
1.
Membimbing peserta didik untuk berdisuksi/memberi tanggapan terhadap hasil LKPD yang dikerjakan.
2.
Bersama peserta didik menyimpulkan solusi dari LKPD yang dikerjakan.
Kegiatan Penutup
1.
Melakukan evaluasi dan simpulan pembelajaran.
2.
Melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
3.
Menyampaikan materi pertemuan yang akan datang.
4.
Memberikan motivasi kepada peserta didik.
5.
Meminta peserta didik bersama-sama bedoa
6.
Mengucapkan salam penutup
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
LEMBAR KEGIATAN SEBELUM KUNJUNGAN KELAS
TELAAH MODUL AJARNama Praktikan
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Sekolah
:
SMA N Colomadu
Kelas/Semester
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Mata Pelajaran
:
Topik
Jaringan dan Telekomunikasi
Hari / Tanggal
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Komponen Modul Ajar
Skor
Catatan
Tidak Ada
Ada
Lengkap
Identitas Modul Ajar
Terdapat nama penyusun, nama institusi, tahun disusunnya, jenjang sekolah, kelas/fase, topik/elemen, capaian pembelajaran, alokasi waktu.
Kompetensi Awal
Kompetensi awal adalah pengetahuan dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa dalam modul ajar dirancang. Mencakup kata kunci dan pengetahuan dasar
Profil Pelajar Pancasila
Di dalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, namun dapat memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam modul ajar. Profil Pelajar Pancasila terdiri: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Sarana dan Prasarana
Merupakan fasilitas dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana merujuk pada alat dan bahan yang digunakan, sementara prasarana di dalamnya termasuk materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ketersediaan materi disarankan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik baik dengan keterbatasan atau kelebihan. Teknologi, termasuk sarana dan prasarana yang penting untuk diperhatikan, dan juga dimanfaatkan agar pembelajaran lebih dalam dan bermakna. Terdiri dari fasilitas dan Lingkungan belajar
Target Peserta Didik
Peserta didik yang menjadi target yaitu; Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb. Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.
Model Pembelajaran
Merupakan model atau kerangka pembelajaran yang memberikan gambaran sistematis pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran dapat berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning
Kompetensi Inti
Tujuan
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman. Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan. Tujuan pembelajaran bisa dari berbagai bentuk: pengetahuan yang berupa fakta dan informasi, dan juga prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, dan kolaboratif dan strategi komunikasi.
Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik dibuat oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu siswa untuk memperoleh pemahaman bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Pembelajaran
Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yakni pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif
Asesmen
Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Jenis asesmen: Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik) , Asesmen selama proses pembelajaran (formatif), Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif). Bentuk asesmen yang bisa dilakukan: Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anecdotal; Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.); Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
Pengayaan Remedial
Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang. Saat merancang kegiatan pengayaan, perlu diperhatikan mengenai diferensiasi contohnya lembar belajar/kegiatan yang berbeda dengan kelas.
Lampiran
A. Lembar Kegiatan Peserta Didik
Lembar kerja siswa ini ditujukan untuk peserta didik (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada peserta didik termasuk peserta didik nonreguler.
B. Bahan Bacaan Pendidik dan Peserta DIdik
Bahan bacaan guru dan peserta didik digunakan sebagai pemantik sebelum kegiatan dimulai atau untuk memperdalam pemahaman materi pada saat atau akhir kegiatan pembelajaran.
C. Glosarium
Glosarium merupakan kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal yang dilengkapi dengan definisi dan artinya. Glosarium diperlukan untuk kata atau istilah yang memerlukan penjelasan lebih mendalam.
D. Daftar Pustaka
Daftar pustaka adalah sumber-sumber referensi yang digunakan dalam pengembangan modul ajar. Referensi yang dimaksud adalah semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.)
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
- Glosarium
- Jaringan Komputer : kumpulan perangkat komputer yang terhubung satu sama lain, baik secara fisik maupun melalui jaringan nirkabel, dengan tujuan berbagi sumber daya, informasi, dan komunikasi .
- Telekomunikasi : proses pengiriman informasi, data, suara, atau video dari satu lokasi ke lokasi lain dengan menggunakan berbagai teknologi dan peralatan, seperti kabel, gelombang radio, serat optik, atau satelit.
- Profil pelajar : kumpulan informasi yang menggambarkan karakteristik dan perkembangan seorang siswa.
- Jobsheet : dokumen atau lembar kerja yang dirancang untuk memberikan panduan atau instruksi langkah demi langkah kepada seseorang dalam menyelesaikan tugas tertentu.
- Problem-Based Learning (PBL) : pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah dunia nyata sebagai cara untuk mengembangkan pemahaman konsep dan keterampilan siswa.
- Jaringan LAN (Local Area Network) : jenis jaringan komputer yang terbatas pada area geografis yang relatif kecil, seperti ruang kantor, gedung, sekolah, atau rumah.
- Jaringan WAN (Wide Area Network) : jenis jaringan komputer yang mencakup area geografis yang sangat luas, bahkan melintasi kota, negara, atau benua.
- Apersepsi : istilah yang digunakan dalam psikologi dan pendidikan untuk merujuk pada konsep pemahaman seseorang terhadap informasi baru berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya.
- Eksplorasi : mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang suatu topik, mendapatkan pengetahuan baru, dan memecahkan masalah.
- Elaborasi : proses atau tindakan untuk menjelaskan, memperluas, atau memberikan detail lebih lanjut tentang suatu konsep, ide, informasi, atau topik.
Â
Mengetahui,
Karanganyar , 1 Oktober 2023
Kepala Sekolah,
Guru Pengajar,
Â
Â
Sugiyarto, S.Pd , M.M
Â
Â
Kalistus Haris Pratama
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H