Jurnal Refleksi Modul 2.2.
Ditulis Oleh Kalimatus Sa'diyah
SMP Negeri 2 Sumobito
CGP A5 Kabupaten Jombang
Jurnal ini ditulis dengan model Description, Examination and Articulation of Learning (DEAL). Model ini dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009).
Deskription : Mendeskripsikan pengalaman yang dialami dengan menceritakan unsur 5WIH
Setelah memelajari modul ini saya mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran sosial dan emosional. Pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Pembelajaran sosial dan emosional meliputi yaitu kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial,keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Penguatan KSE dapat dilakukan melalui kesadaran penuh ( mindfulnees ) dengan Teknik STOP.
 Pembelajaran KSE dapat diterapkan pada pengajaran eksplisit, integrasi dalam pembelajaran , penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah, dan penguatan KSE pada pendidik dan tenaga kependidikan melalui keteladanan, belajar, berkolaborasi. Dalam pembelajaran KSE menerapkan pembelajaran pada aspek pengetahuan, keterampilan, sikap positif ( sosial dan emosional)
Pembelajaran KSE berhubungan erat dengan profil pelajar Pancasila karena dalam berperilaku yang mencerminkan profil pelajar Pancasila, murid harus menerapkan kesadaran diri dan manajemen diri. Di dalam berkehidupan bersama agar terjalin hubungan yang baik dan menemukan solusi terbaik dalam setiap permasalahan maka murid harus menerapkan kesadaran sosial, Â keterampilan berelasi.dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
Examination: Menganalisis  pengalaman tersebut dengan membandingkannya terhadap  tujuan atau rencana yang telah dibuat sebelumnya