Mohon tunggu...
Sulfiza Ariska
Sulfiza Ariska Mohon Tunggu... Penulis - Penulis lepas dan pecinta literasi

Blog ini merupakan kelanjutan dari blog pada akun kompasiana dengan link: https://www.kompasiana.com/sulfizasangjuara 🙏❤️

Selanjutnya

Tutup

Financial

Merawat Eksistensi Pasar Rakyat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

22 Januari 2021   05:33 Diperbarui: 22 Januari 2021   14:05 532
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesibukan di zona luar Pasar Kranggan menjelang Perayaan Tiong Ciu sebelum pandemi Covid-19. Sumber: Dokumentasi pribadi penulis/blogger.

SELAMA TUJUH BELAS TAHUN merantau di Yogyakarta, pasar rakyat telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup saya. Bagi saya, pasar rakyat merupakan "integrated heritage" yang menjadi tiang utama ekonomi kerakyatan. Berbelanja di pasar rakyat secara rutin, berarti kita telah menghidupkan sektor UMKM dan berperan aktif dalam memperkuat kedaulatan bangsa.

Selain itu, pasar rakyat juga berfungsi sebagai wadah pemersatu bangsa. Di sana, semua pedagang dan pembeli bisa menjalin komunikasi dan berbagi informasi secara aktif, sehingga bisa mempererat jalinan persatuan dan kesatuan dalam bingkai kekeluargaan. Tidak mengherankan, sebagian besar pedagang dan pembeli tampak akrab layaknya saudara.  

Di antara jejeran pasar rakyat di Yogyakarta, Pasar Kranggan menjadi pasar rakyat yang paling sering saya kunjungi. Selain lokasinya dekat dari rumah kontrakan saya, Pasar Kranggan sangat kental dengan keberagaman yang dijalin dua tradisi utamanya, yaitu Jawa dan Tionghoa.      


Info Pasar Kranggan. Sumber: penulis/blogger.
Info Pasar Kranggan. Sumber: penulis/blogger.
Pengaruh tradisi Jawa tampak dari bahasa dan pakaian yang digunakan pedagang/pembeli. Di sana, mayoritas pedagang/pembeli berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Jawa jenis ngoko. Tidak sulit pula menemukan pembeli/penjual yang memakai pakaian batik. Dan, nyaris di setiap penjuru Pasar Kranggan kita bisa menyaksikan kaum perempuan yang memakai jarik atau kebaya.

Selain itu, tradisi Jawa juga tampak dalam produk yang ditawarkan. Misalnya, emping mentah dan kecipir. Presiden RI Joko Widodo pernah blusukan di Pasar Kranggan dan membeli kedua produk tersebut. Tersebar pula produk khas Jawa lainnya seperti: tahu, tempe, bumbu dapur, dan berbagai jenis jamu. Tidak ketinggalan; beraneka jajanan pasar seperti arem-arem, kue talam, clorot, dan mata kebo.        

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat blusukan di Pasar Kranggan sebelum pandemi Covid-19. Sumber: foto.tempo.co/ANTARA Setpres Agus Suparto
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat blusukan di Pasar Kranggan sebelum pandemi Covid-19. Sumber: foto.tempo.co/ANTARA Setpres Agus Suparto
Kesibukan di lapak jajanan pasar Pasar Kranggan sebelum pandemi Covid-19. Selain identik dengan bunga tabur, Pasar Kranggan terkenal pula dengan kekayaan jajanan pasar. Sumber: Dokumentasi pribadi Penulis/blogger.
Kesibukan di lapak jajanan pasar Pasar Kranggan sebelum pandemi Covid-19. Selain identik dengan bunga tabur, Pasar Kranggan terkenal pula dengan kekayaan jajanan pasar. Sumber: Dokumentasi pribadi Penulis/blogger.
Pengaruh tradisi Tionghoa terlihat nyata dengan keberadaan Klenteng Poncowinatan (Eks Kwan Tee Kiong). Selain berfungsi sebagai rumah ibadah, Kelenteng Poncowinatan juga memperindah lanskap Pasar Kranggan.

Penulis/Blogger di depan Kelenteng Poncowinatan sebelum pandemi Covid-19. Sumber: Dokumentasi pribadi Penulis/blogger.
Penulis/Blogger di depan Kelenteng Poncowinatan sebelum pandemi Covid-19. Sumber: Dokumentasi pribadi Penulis/blogger.
Selain itu, pengaruh tradisi Tionghoa tersebar pula dalam produk yang ditawarkan di Pasar Kranggan. Misalnya, bakpia dan aneka panganan dari mie. Dalam sejarah kuliner, keduanya berasal dari negeri nenek moyang etnis Tionghoa, yaitu China.

Kesibukan di zona luar Pasar Kranggan menjelang Perayaan Tiong Ciu sebelum pandemi Covid-19. Sumber: Dokumentasi pribadi Penulis/Blogger.
Kesibukan di zona luar Pasar Kranggan menjelang Perayaan Tiong Ciu sebelum pandemi Covid-19. Sumber: Dokumentasi pribadi Penulis/Blogger.
Kesibukan di zona luar Pasar Kranggan menjelang Perayaan Tiong Ciu sebelum pandemi Covid-19. Sumber: Dokumentasi pribadi penulis/blogger.
Kesibukan di zona luar Pasar Kranggan menjelang Perayaan Tiong Ciu sebelum pandemi Covid-19. Sumber: Dokumentasi pribadi penulis/blogger.
Mulanya, bakpia dan mie mengandung daging/minyak babi yang tidak bisa dikonsumsi umat Muslim (haram). Kini, sebagian besar bakpia dan panganan dari mie banyak yang bebas dari kandungan daging/minyak babi, bersertifikat halal dari lembaga Majlis Ulama Indonesia (MUI), dan menjadi produk unggulan Pasar Kranggan.  

Semangkuk soto ayam yang bisa dibeli di pekarangan Kelenteng Poncowinatan. Keberagaman menyatu dalam semangkuk makanan bernama soto ayam ini. Mie dari kuliner Tionghoa dan tahu dari kuliner Jawa. Sumber: Dokumentasi pribadi Penulis/blogger..
Semangkuk soto ayam yang bisa dibeli di pekarangan Kelenteng Poncowinatan. Keberagaman menyatu dalam semangkuk makanan bernama soto ayam ini. Mie dari kuliner Tionghoa dan tahu dari kuliner Jawa. Sumber: Dokumentasi pribadi Penulis/blogger..
Kadang-kadang pedagang tertentu menabur bunga di trotoar atau bagian tertentu Pasar Kranggan. Berasal dari tradisi Hindu Jawa. Lumrah dan telah menjadi kebiasaan di Pasar Kranggan. Sumber: Dokumentasi pribadi penulis/blogger.
Kadang-kadang pedagang tertentu menabur bunga di trotoar atau bagian tertentu Pasar Kranggan. Berasal dari tradisi Hindu Jawa. Lumrah dan telah menjadi kebiasaan di Pasar Kranggan. Sumber: Dokumentasi pribadi penulis/blogger.
Di Pasar Kranggan, tidak hanya tradisi Tionghoa yang menyatu dengan tradisi Jawa, tetapi juga bersenyawa pula dengan tradisi Nusantara lainnya, seperti masakan padang dan berbagai produk khas daerah lain. Realitas tersebut meneguhkan eksistensi pasar rakyat sebagai pusat keberagaman dan kedaulatan bangsa.  

Info grafik Pasar Kranggan. Sumber: penulis/blogger.
Info grafik Pasar Kranggan. Sumber: penulis/blogger.
Pada masa darurat pandemi 'covid-19', pemerintah Yogyakarta sempat menetapkan kebijakan "lockdown". Denyut nadi kehidupan di Pasar Kranggan sempat terhenti. 

Untunglah, Adira Finance melalui Adira Finance Syari'ah (Adira) turun tangan dalam merawat eksitensi pasar rakyat melalui  program CSR bertajuk Festival Pasar Rakyat (FPR) 2020. FPR diselenggarakan di 30 pasar yang tersebar di 6 kota Indonesia (Jakarta, Tangerang Selatan, Cirebon, Yogyakarta, Aceh dan Makassar). Program tersebut didukung Gerakan Pakai Masker (GPM) dan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (ASPARINDO).

Festival Pasar Rakyat 2020. Sumber: FB Adira Finance
Festival Pasar Rakyat 2020. Sumber: FB Adira Finance
Tujuan Festival Pasar Rakyat 2020. Sumber FB Adira Finance
Tujuan Festival Pasar Rakyat 2020. Sumber FB Adira Finance
Kegiatan di Festival Pasar Rakyat 2020. Sumber: FB Adira Finance
Kegiatan di Festival Pasar Rakyat 2020. Sumber: FB Adira Finance
Pasar Kranggan termasuk pasar yang menjadi ladang bakti Adira dalam FPR 2020. Melalui FPR 2020, agen perubahan dari Adira memberikan bantuan berupa edukasi protokol kesehatan, serta "webinar" dan program pendampingan guna mempersiapkan masyarakat pasar rakyat menuju era digital sebagai langkah tepat merawat eksistensi pasar rakyat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. 

Definisi webinar. Sumber: FB Adira Finance.
Definisi webinar. Sumber: FB Adira Finance.
Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam FPR 2020, Adira menyelenggarakan lomba virtual fotografi dan lomba menulis.

Definisi Adaptasi Kebiasaan Baru: Editing digital: penulis/blogger.
Definisi Adaptasi Kebiasaan Baru: Editing digital: penulis/blogger.
Digitalisasi pasar rakyat merupakan salah satu inovasi penting Adira yang diselenggarakan dalam FPR 2020 dan dikukuhkan dalam program "Yuk berdagang secara online!". Melalui digitalisasi pasar rakyat; pedagang bisa memperluas jangkuan pembeli, meningkatkan kompetensi penjual, dan mempersiapkan pedagang untuk menerobos pasar global.


Digitalisasi pasar rakyat juga bisa menjadi jembatan emas penjual/pembeli untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu. Penjual dan pembeli bisa melakukan proses tawar-menawar jarak jauh melalui "smartphone". Penjual pun bisa melayani pembeli selama 24 jam atau tidak berjumpa secara fisik. Pengantaran produk ke pembeli bisa menggunakan jasa transportasi online seperti 'Go-Jek' dan 'Grab'.

FPR 2020 meneguhkan bahwa Adira bukan sekadar lembaga yang berkarya di sektor finansial semata, tetapi juga bisa menjadi sahabat dalam memberdayakan masyarakat untuk mengatasi situasi krisis.  

Meskipun program FPR 2020 telah tuntas, dedikasi Adira merawat eksistensi pasar rakyat masih terus berjalan di tahun 2021, seperti: penyelenggaraan konser amal dalam Festival Kreatif Lokal 2021.   

Poster Festival Kreatif Lokal. Sumber: FB Adira Finance.
Poster Festival Kreatif Lokal. Sumber: FB Adira Finance.
Mari bangkit bersama sahabat kita "Adira" dalam merawat eksistensi pasar rakyat. Merawat eksistensi pasar rakyat berarti merawat keberagaman dan kedaulatan bangsa!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun