Mohon tunggu...
irvan sjafari
irvan sjafari Mohon Tunggu... Jurnalis - penjelajah

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Sekilas Kota Batu Pasca Penutupan TPA Tlekung

28 September 2023   00:08 Diperbarui: 28 September 2023   00:08 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemandangan di Kampung Ngaglik, 9 September 2023. Relatif bersih dan bersahaja- Foto: Irvan Sjafari

"Surprise! Terima kasih Allah!" demikian ucap saya begitu menginjakan kaki di kota Batu, 9 September 2023 menuju penginapan backpacker Algeria Inn pagi, sebelum perjalanan ke Jatim Park 3.  Pasalnya saya tidak melihat sampah yang berserakan di pinggir jalan, setelah Pemerintah Kota Batu menutup TPA Tlekung akhir Agustus 2023.

Berbeda dengan saya lihat di Kota Bandung pasca penutupan TPA Sarimukti karena kebakaran. Di Kota kembang ini  sampah berserakan  tidak saja di TPS, tetapi juga di pinggir jalan, bahkan di jembatan Teras Cihampelas.

Demikian juga seusai saya singgah di Coban Kaca, saya mencari makan siang di kawasan Jalan Suropati, hingga sekitar Kelurahan Ngaglik pada 10 September 2023, saya menikmati panorama bersih di trotoar.

Pak Gondrong-Foto: Irvan Sjafari
Pak Gondrong-Foto: Irvan Sjafari

Menurut Hadi alias Pak Gondrong pedagang tahu campur tempat saya menemukan makan siang, memang jalan tetap bersih. Dia sendiri sebelum berjualan menyapu jalanan hingga pembeli seperti saya menikmati tahu campur lezat tanpa terganggu sampah.

"Yang memang harus begini, kita juga harus bertanggungjawab terhadap kota kita," ujar dia.

Hasilnya saya merasakan Kota Batu, seperti merasakan berada di Kota Bandung era 1970-an hingga 1990-an hawanya masih dingin di pagi hari. Masih tampak pemandangan gunung dari kota hingga pemandangan ditambah kota yang bersih.

Praktis saya menikmati jalan kaki melalui jalan kecil dan gang di kota ini seperti halnya di Bandung.  Pada 9 September sore, saya, Ciciek dan Dzaqi juga sempat makan di sebuah rumah khas Jawa Timur melewati kawasan kampung yang relatif masih bersih dibanding yang saya lihat di Bandung berapa waktu lalu.

Senin pagi 11 September 2023 sebelum kembali ke Malang untuk naik KA Jakarta, saya kopi darat dengan Doddy Eko Wahyudi,  Aktivis Sabers Pungli (Sapu bersih sampah nyemplung kali), komunitas lingkungan di kota ini yang kerap jadi narasumber saya lewat WA. Baru saya dapat jawabannya.

"Itu pintar-pintarnya warga Batu menyembunyikan sampah dan sayangnya sebagian warga membakar sampah hingga berkurang," katanya dalam obrolan di sebuah warung soto, masih sekitar Ngaglik.

Namun sudah mulai kesadaran masyarakat untuk memilah sampah. Pria yang berprofesi UKM Kuliner Mi ini tak sungkan ikut memberikan sosialisasi keliling kota Batu bersama kawan-kawannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun