Mohon tunggu...
irvan sjafari
irvan sjafari Mohon Tunggu... Jurnalis - penjelajah

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Yura Lebih "Fresh" dan Matang

29 April 2018   17:33 Diperbarui: 29 April 2018   17:44 717
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penampilan Yura di HUt ke 22 Plaza Senayan dengan peampilan baru (Foto: Irvan Sjafari).

Cuaca Sabtu sore, 28 April 2018 cukup bersahabat ketika saya tiba di Plaza Senayan.  Sebetulnya saya enggan keluar rumah, karena tahu perjalanan melintasi Sudirman macet karena ada keramaian di Monas. Namun saya ingin melihat penampilan penyanyi favorit saya Yura Yunita, yang mengisi acara menyambut HUT ke 22 Plaza Senayan.

Sekali saya beruntung, tidak telat tiba di panggung di lantai dasar. Saya masih sempat melihat gegap gempitanya anak muda generasi milenial menyaksikan penampilan band RAN.  Jarak panggung dan penonton yang dekat membuat para fans-nya bisa berinteraksi dengan hangat, tanpa kehadiran Satpam secara berlebihan.

Yura baru tampil sekitar 17.15 setelah para kru band-nya menyiapkan alat-alat.  Ini untuk kelima kalinya saya menyaksikan sejak penyanyi  kelahiran 1991 ini terjun ke blantika dunia Hiburan pada 2013 secara live. Dengan mengenakan busana serba pastel, blazer merah muda, serta rok panjang kuning, serta model rambut barunya yang keriting Yura tampak lebih fresh dan lembut.

Jebolan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini membuka penampilannya dengan lagu "Berawal dari Tatap", lagu yang easy listening,  memperlihatkan timbre-nya yang khas.  Menjelang lagu itu berakhir Yura mempertunjukkan range suara-nya yang ternyata bisa tinggi.

Kau membuatku bahagia di saat ini terluka/ Kau membuatku tertawa di saat hati ini terbawa/terbawa oleh cintamu untukku/Untuk kita. Yura mengajak penonton bernyanyi di bait terakhir. Lagu ini menenangkan saya setelah suntuk dengan pekerjaan.

Yura tampil lebih matang dan dewasa dibanding ketika saya saksikan di Kampoeng Jazz, serta Jazzy Night di Citos  beberapa tahun yang silam.

Pada lagu kedua, Yura membawakan "New Rules" dari penyanyi Inggris Dua Lipa. Saya baru pertama kali mendengarkan lagu itu. Tetapi lagu ini ternyata pas dibawakan Yura dengan jazzy.  Lagu ini tingkat kesulitannya sebetulnya tinggi, karena ada interlude, pre chorus dan chorusnya yang bertingkat.

Saya khawatir Yura membawakannya dengan berlebihan, karena intonasinya susah. Ternyata cukup memuaskan. Bagian chorusnya, I got new rules, I count em (berulang-ulang), sangat beda pengucapannya dengan tulisannya.  Saya dengarkan di You Tube dari penyanyi aslinya ternyata beda, Yura membawakannya dengan timbre-nya sendiri.

Bukankah Yura juga pernah membawakan "Up Town Funk" dari Mark Ronson (juga dipopulerkan Bruno Mars) dengan baik?  

Kemudia Yura membawakan "Buktikan", salah satu single yang anyar dan "Kataji", lagu yang emosional bagi saya, membuat saya memutuskan jadi fans Yura.  Tentu saja Yura membawakan dengan baik, saya tidak memberi catatan, hanya untuk lagu "Kataji", Yura membawakannya lebih tenang.

Saya berada di deretan tengah bersama beberapa Hip-Hip Yura (julukan untuk fans Yura Yunita) dari generasi Milenia.  Mereka baru antusias ketika Yura membawakan lagu "Harus Bahagia" dan "Intuisi".  Dua di antara mereka, dua cewek menyebut, dua lagu itu enak di dengar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun