Mohon tunggu...
irvan sjafari
irvan sjafari Mohon Tunggu... Jurnalis - penjelajah

Saat ini bekerja di beberapa majalah dan pernah bekerja di sejumlah media sejak 1994. Berminat pada sejarah lokal, lingkungan hidup, film dan kebudayaan populer.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cerita Si Sawit yang Tidak Dicintai di Tanah Masyarakat Adat

9 Agustus 2016   15:59 Diperbarui: 9 Agustus 2016   16:32 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana diskusi di salah satu ruangan Museum Nasional dalam Peringatan Hari masyarakat Adat Sedunia (kredit foto irvan Sjafari)

Namanya Elaeis Guineensis Jacq,  terdengarnya bagi saya seperti nama gadis Perancis, tetapi sebetulnya nama latin tanaman bernama kelapa sawit.  Tanaman dengan nama latin yang cantik ini  ini menghasilkan minyak sawit merupakan minyak yang murah, mudah diproduksi, sangat stabil digunakan untuk berbagai variasi makanan, kosmetik, produk kebersihan bahkan sumber biofuel atau biodisel.  Tanaman komditas ini memang cantik bagi perekonomian Indonesia, bukan saja penghasil devisa yang penting tetapi juga  bagi jutaan orang Indonesia

Produksi minyak sawit dunia didominasi oleh Indonesia dan Malaysia, diperkirakan sekitar 85-90% dari total produksi minyak sawit dunia.  Pada  2014, Indonesia memproduksi 33,5 juta ton minyak sawit, yang menghasilkan $ 18,9 miliar dari pendapatan ekspor. Dalam jangka panjang, permintaan dunia akan minyak sawit menunjukkan kecenderungan meningkat sejalan dengan jumlah populasi dunia yang bertumbuh dan karenanya meningkatkan konsumsi produk-produk dengan bahan baku minyak sawit. 

Hampir 70% perkebunan kelapa sawit terletak di Sumatra, tempat industri ini dimulai sejak masa kolonial Belanda. Sebagian besar dari sisanya - sekitar 30% - berada di pulau Kalimantan.  Menurut data dari Kementerian Pertanian Indonesia, jumlah total luas area perkebunan sawit di Indonesia pada saat ini mencapai sekitar 8 juta hektar; dua kali lipat dari luas area di tahun 2000 ketika sekitar 4 juta hektar lahan di Indonesia dipergunakan untuk perkebunan kelapa sawit. Jumlah ini diduga akan bertambah menjadi 13 juta hektar pada 2020.

Namun tidak semua orang di negeri ini  mencintai si cantik Elaeis Guineensis Jacq.  Itu antara lin karena si cantik ini adalah penyebab konflik, pelanggaran hak asasi manusia dan pencurian tanah masyarakat.  Bagi pemerhati dan mereka yang  peduli pada lingkungan hidup pembangunan kelapa sawit pemicu kebakaran hutan dan memberikan pengaruh signifikan terhadap perubahan iklim dan kesehatan manusia. Bahkan menjadi pemincu konflik antara perusahaan sawit dengan masyarakat adat.

Karena “si cantik ini” seorang perempuan Margaretha, 38 tahun berbicara berapi-api dalam Peringatan Hari International Masyarakat Adat Sedunia  di Museum Nasional pada 8 Agustus 2016.  Margaretha adalah salah satu dari 160 warga Semunying, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat yang tanah adatnya menjadi korban sebuah perusahaan kebun kelapa sawit. “Sebagai orang Dayak  identitas kita dekat dengan hutan adat. Kami sulit untuk kembali menganyam rotan, sumber penghidupan kami sehari-hari,” kata perempuan kelahiran 1978 ini.

Perusahaan kelapa sawit itu telah melelakukan aktivitas perusahaan tanpa adanya sosialisasi ke masyarakat dan membabat Hutan Adat dengan cara membakar untuk proses land clearing yang di dalamnya terdapat Tembawang, tanam tumbuh, kuburan tua, sumber air bersih, situs keramat, dan bebagai jenis tanaman masyarakat lainnya menjadi sumber konflik di Semunying.

“Memangnya di Pemda dan DPRD  Kabupaten Bengkayang tidak ada orang lokal dari Suku Dayak yang menaruh perhatian? Masa isu lokal sepenting ini tidak ada dari kalangan pemda dan DPRD yang membela?” Saya bertanya dengan cukup sengit.  “Masa di masa reformasi dan Otonomi Daerah yang seharusnya juga memperhatikan masyarakat adat tidak membela?”  Margaretha menjawab: Mereka juga banyak berasal dari Dayak, tetapi sebagian dari mereka membenci Semunying,” jawab Margaret pilu.

Margaerta juru bicara masyarakat adat semunying (kredit foto Irvan Sjafari)
Margaerta juru bicara masyarakat adat semunying (kredit foto Irvan Sjafari)
Dalam acara yang disertai dengan pemutaran film itu masyarakat adat Semunying tidak sendirian menjadi korban pesona kelapa sawit. Masyarakat patani  Halmahera Tengah juga gagap harus kehilangan nafkah bertani pala dan cengkeh denagn kehadiran kelapa sawit.  Hanya saja yang saya baca perlawan masyarakat adat di sini mendapat dukungan dari pemdanya.   

Konflik antara masyarakat adat dengan koorporasi  atau keserakahan kapitalisme  tidak saja di Indonesia. Dalam pemutaran film yang digelar dalam peringatan itu juga diputar film tentang perjuangan   komunitas Suku Indian Ashaninka  dari Peru melawan penebangan liar itu. Empat aktifis di antaranya bernama Edwin Chota disergap sekelompok orang bersenjata  sedang dalam perjalanan ke Brasil dan mereka terbunuh dalam 2014.  Mendengarkan cerita-cerita dan menonton film dalam acara ini memang membuat emosi. 

Saya juga mendengarkan diskusi menarik di ruangan utama, antara lain dengan  dengan Markon Mahin pendeta  Kaharingan dari Kalimantan tentang perjuangan agama leluhur agar diakui di Indonesia. Penganut kaharingan menurut Marko  juga punya kitab suci, Panaturan, dan buku agama lain, seperti Talatah Basarah (kumpulan doa), Tawar (petunjuk tata cara meminta pertolongan Tuhan dengan upacara menabur beras), pemberkatan perkawinan, dan Buku Penyumpahan/Pengukuhan (untuk acara pengambilan sumpah/pengukuhan jabatan).  Dalam obrolan Marko mengklaim bahwa kaharingan sebetulnya punya pengikut luas di propinsi Kalimantan tengah dan barat. Bagaimana dengan Suku Dayak di Kalimantan mayasia? “Lebih sulit, karena aturan di sana berbeda,” ucapnya.

Sebetulnya menurut  saya tidak menjadi masalah besar soal kepercayaan leluhur ini menjadi agama  untuk kasus Kaharingan  atau daerah seperti  Toraja.  Namun resistensi  lebih kuat  saya kira akan terjadi untuk kasus kepercayaan di Jawa menjadi agama.  Saya juga tertarik soal infrastuktur untuk mengakses daerah pedalaman yang tak kunjung beres  di negeri.  Seorang gadis Dayak yang mengobrol dengan saya mengaku menghabiskan antara Rp1-2 juta untuk bisa pergi ke Jakarta dari kampungnya di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.  Seingat saya biaya tak jauh beda dengan ongkos ke negeri jiran. 

Pameran kerajinan (kredit foto Irvan sjafari)
Pameran kerajinan (kredit foto Irvan sjafari)
Untungnya selain acara diskusi yang cenderung  senstif ada  pameran hasil kerajinan dan pertunjukkan musik etnik cukup menghibur.  Acara ini juga menjadi pertemuan antara perwakilan masyarakat adat dari seluruh Indonesia.   Akhir acara Bada’ Mahgrib ada pesta kuliner, saya mencicipi masakan rendang yang dimasak secara tadisional, sup ikan dari Manado yang lezat. Para pengungjung dan peserta makan ramai-ramai di tangga lesehan.

Memasak kopi tradisional (kredit foto Irvan sjafari)
Memasak kopi tradisional (kredit foto Irvan sjafari)
Irvan Sjafari

Sumber-sumber pendukung:

http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/04/mengapa-kelapa-sawit-begitu-berkembang-di-indonesia

http://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/minyak-sawit/item166

http://www.aman.or.id/2015/01/09/siaran-pers-aman-kalbar-masyarakat-adat-semunying-jaya-gugat-pt-ledo-lestari/

http://www.bbc.com/indonesia/dunia/2014/09/140910_peru_tebang_liar

Foto-foto Dokumen Pribadi Irvan Sjafari

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun