KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 3.3
Salam Guru Penggerak !
Koneksi Antar Materi Modul 3. ini membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.
Apa itu pengelolaan program yang berdampak positif pada murid?
Program yang berdampak pada murid merupakan salah satu pengelolaan program sekolah yang disusun berdasarkan pada kebutuhan murid. Kegiatan ini menempatkan murid sebagai salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Program yang memberikan kesempatan kepada murid untuk mengembangkan potensi dalam dirinya dalam mengelola kegiatan pembelajaran baik dalam kegiatan intrakurikuler, ko kurikuler dan ekstrakurikuler sehingga mendorong dan melatih kepemimpinan murid. .
Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?
Setelah mempelajari modul 3.3 tentang materi pengelolaan program yang berdampak positif pada murid, perasaan saya sangat senang dan bangga menjadi CGP dimana saya mendapat ilmu dalam "pengelolaan program yang berdampak positif pada murid". Sebelumnya saya belum memahami apa itu program yang berdampak positif bagi murid, namun sekarang wawasan dan pengetahuan saya bertambah dalam mewujudkan kepemimpinan murid. Saya semakin sadar bahwa program/kegiatan sekolah yang berpihak pada murid sangat penting untuk meningkatkan potensi, bakat dan minat murid serta menumbuhkan dan meningkatkan kepemimpinan murid. Pada dasarnya murid memiliki potensi yang berbeda-beda yang perlu digali dengan memberi kesempatan murid untuk mencurahkan pendapat, ide ataupun gagasan dari mereka. Setelah mempelajari modul 3. 3 ini saya akan menerapkan program dimana suara, pilihan dan kepemilikan murid dapat berkembang dengan baik
Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?
Intisari yang saya dapatkan setelah mempelajari modul ini yaitu Pentingnya membuat program yang berdampak positif bagi murid dimana berpotensi menumbuhkan kepemimpinan murid (student agency)  dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, yaitu berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Guru seyogyanya menumbuhkan dan meningkatkan kepemimpinan murid dimana dalam pembelajaran murid sebenarnya memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Melalui  suara, pilihan, dan kepemilikan inilah murid kemudian dapat mengenal potensi dirinya sehingga dapat mengembangkan kapasitas dirinya menjadi seorang pemilik bagi proses belajarnya sendiri. Â
Apa  keterkaitan yang dapat Anda lihat antara Modul ini dengan modul-modul sebelumnya?
Keterkaitan modul ini dengan modul-modul sebelumnya saling berhubungan dan saling mendukung sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.
1. Modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara
Berdasarkan filosofi KHD bahwa Pendidikan adalah proses menuntun segala kekuatan kodrat yang pada diri murid untuk mencapai kebahagiaan yang sebesar-besarnya. Potensi seorang murid dapat tergali dengan baik melalui program-program sekolah yang berdampak pada murid yang melibatkan suara, pilihan dan kepemilikan murid. Pengelolaan program yang berdampak pada murid bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan potensi diri anak untuk memimpin pembelajaran
2. Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
Dalam hal ini guru penggerak berperan sangat penting dalam menggerakkan suatu komunitas praktisi di sekolah. Pemanfaatan komunitas praktisi hendaknya menggerakkan warga sekolah untuk berpartisipasi aktif dalam setiap program sekolah yang berdampak positif pada murid sehingga menumbuhkan dan meningkatkan kepemimpinan murid dan sesuai dengan profil pelajar pancasila.Â
3. Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Sesuai dengan visi guru penggerak, guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran tentunya dapat membuat program yang berdampak positif bagi murid dan dapat menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada murid yang nantinya dapat meningkatkan kepemimpinan murid.Â
4. Modul 1.4 Budaya Positif
Pengelolaan program yang berdampak positif bagi murid diharapkan dapat memberikan dampak positif dengan terwujudnya budaya positif di lingkungan sekolah. Budaya positif ini akan memberi dampak positif pula bagi sekolah dan murid agar tumbuh kembang sesuai kodratnya dan dapat men jadi pemimpin pembelajaran dengan baik.
5. Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
Penyusunan dan pengelolaan program/ kegiatan sekolah yang berdampak positif pada murid harus sesuai dengan pemetaan kebutuhan belajar murid seperti kesiapan belajar murid, minat belajar dan profil belajar murid. Pemenuhan kebutuhan belajar murid ini akan menjadikan murid memahami dan mengembangkan potensinya sesuai profil pelajar Pancasila sehingga dapat mewujudkan kepemimpinan murid
6. Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional
Penyusunan dan pengelolaan program/ kegiatan sekolah yang berdampak positif pada murid tentunya harus mengintegrasikan pada pembelajaran sosial dan emosional. Untuk dapat menjalankan program sekolah yang berpihak pada murid perlu mengembalikan kesadaran penuh (mindfullness) murid supaya dapat merasa tenang, konsentrasi dan termotivasi dalam melakukan kepemimpinan murid
7. Modul 2.3 Coaching
Coaching merupakan langkah yang sangat penting untuk menggali ide atau gagasan dari murid. Melalui coaching, murid dapat menemukan sendiri solusi dari setiap permasalahan yang dialami
8. Modul 3.1 Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran
Dalam penyusunan dan pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid maka perlu ada kemampuan dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab harus memperhatikan 3 prinsip berfikir, 4 paradigma pengambilan keputusan dan melakukan 9 langkah pengujian dan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.Â
9. Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber DayaÂ
Pengelolaan program yang berdampak positif bagi murid perlu dirancang dengan memperhatikan dan mengidentifikasi aset yang ada di lingkungan sekolah.Â
Jelaskan perspektif program yang berdampak positif pada murid dan bagaimana program atau  kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program dapat berdampak positif pada murid?
Program yang berdampak positif pada murid adalah sebuah program yang dirancang dan melibatkan kepemimpinan murid dengan memberikan ruang kepada murid untuk mengemukakan suara, pilihan dan kepemilikan murid. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan kepemimpinan murid tentunya akan membuat murid lebih bahagia sehingga potensi, bakat dan kemampuan siswa akan lebih mudah digali sehingga membawa dampak positif bagi murid yang dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid
SALAM DAN BAHAGIA
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H