Mohon tunggu...
Junia
Junia Mohon Tunggu... Mahasiswa - A student and employee

Junia have started her career and have experience as Administration Staff. She interested in Administration, Office Management, Finance, and willing to learn and grow as Head of Admin or Finance in the future. She also Certified toward the Competency in the ability of "Automation and Management of Offices" on behalf of Indonesian Professional Certification Authority (BNSP). She adaptable person, well-organized, eager to learn, good teamwork, and good time management skills. She also loves to experience new things, she is a person who has the ambition to develop to be better.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Cara Mengatasi Burnout Saat Bekerja

12 Juli 2023   18:58 Diperbarui: 12 Juli 2023   18:59 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo Readers,

Pada kesemptan ini saya akan membagikan beberapa tips yang biasa saya lakukan disaat mengalami burnout ketika bekerja.

Tidak dapat dipungkiri ketika saya memilih jalan bekerja sambil kuliah terkadang saya sering mengalami burnout atau stress ketika bekerja, terlebih lagi jika banyak deadline dan tuntutan pekerjaan terjadi diwaktu yang sama. Ini dia hal-hal sederhana yang dapat membantu saya untuk menyegarkan pikiran dan bisa tetap fokus dalam bekerja.

1. Tarik Napas

Menarik napas dalam-dalam melalui hidung, menahannya dalam hitungan tiga detik lalu buang napas perlahan lewat mulut ternyata menjadi salah satu cara simple namun sangat berpengaruh dalam menjernihkan pikiran. Kita dapat merasakan aliran oksigen yang masuk ke dalam otak dan istirahat sejenak. Lalu melanjutkan pekerjaan kita kembali.

2. Istirahat 10-15 Menit

Istirahat 10-15 menit dengan melihat suasana sekitar, mengobrol dengan rekan-rekan, melihat-lihat sosial media atau sekadar mendengarkan musik dan menonton video-video lucu juga dapat membantu membangun suasana hati menjadi lebih baik.

3. Berpikir Positif

Berpikir positif disini maksudnya adalah selalu percaya dengan diri sendiri kalau kita mampu menyelesaikan tugas atau pekerjaan kita dengan baik dan tepat waktu walaupun dikejar deadline. Hal ini berpengaruh di diri saya karena jika pikiran saya stress maka pekerjaanpun tidak akan selesai dengan baik jadi saya selalu berpikir positif dan percaya dengan kemampuan yang saya miliki.

4. Membuat To Do List

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun