Mohon tunggu...
Jumari Hammasa
Jumari Hammasa Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 1 Sebatik Barat

Seorang Ibu dari seorang puteri, hobbi memasak dan mencoba memaksimalkan potensi lewat menulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwi Mingguan Modul 3.3 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10

16 Oktober 2024   19:31 Diperbarui: 16 Oktober 2024   19:41 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

NAMA: JUMARI, S.S
CGP ANGKATAN 10
SMP NEGERI 1 SEBATIK BARAT
PENGAJAR PRAKTEK: AMIRULLAH
FASILITATOR: HETINIAH

Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Perkenalkan Saya Jumari, S. S CGP angkatan 10 Tahun 2024 dari SMP Negeri 1 Sebatik Barat Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara
Jurnal dwi mingguan ini  merupakan jurnal kesepuluh yang saya tulis untuk  mencatat hasil proses belajar yang saya alami selama dua minggu mempelajari modul 3.3  Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid, pada Program Pendidikan Guru Penggerak.
Pada penulisan jurnal ini saya menggunakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yang mencakup: 1). Fact, 2). Feeling, 3). Findings, dan 4). Future (4F). Yang diterjemahkan menjadi 4P (1. Peristiwa, 2. Perasaan, 3. Pembelajaran, dan 4. Penerapan). Agar lebih mudah dipahami, model 4P ini diubah menjadi pertanyaan-pertanyaan berikut :
 1) Apa yang saya alami ? ( Peristiwa );
 2) Apa yang saya rasakan  ? (Perasaan,);
 3) Apa yang saya dapatkan? (Pembelajaran); dan
 4) Apa yang akan saya lakukan? ) (Penerapan)

Berikut ini hasil refleksi saya selama mengikuti pembelajaran 3.2  Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.


1.Fact ( Peristiwa)
Apa yang saya alami ?
Seperti pada 9  Modul  sebelumnya  pada saat mempelajari modul 3.3  Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid tetap menggunakan alur M-E-R-D-E-K-A dengan kegiatan sebagai berikut :
*M : Mulai dari diri & Eksplorasi konsep- Mandiri
*E: Eksplorasi konsep- Forum diskusi
*R: Ruang Kolaborasi  
*D: Demontrasi Kontektual
*E: Elaborasi Pemahaman
*K: Koneksi Antar Materi

M:  Mulai dari diri, Eksplorasi konsep-Mandiri
Tanggal 26 Agustus 2024 saya memulai mempelajari modul 3.3  Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya di LMS  dengan  Mulai dari diri & Eksplorasi konsep Mandiri , saya belajar secara mandiri di LMS ,  dengan melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar di masa lalu untuk  menyimpulkan apa yang dimaksud dengan  program yang berdampak pada murid.  Melakukan refleksi terhadap pengalaman yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab 7 pertanyaanYang dijawab langsung di LMS.


E: Eksplorasi konsep- Mandiri- Forum diskusi.


Eksplorasi konsep- Mandiri  dan Eksplorasi konsep- Forum diskusi   tanggal 27 -- 29 Agustus 2024. Pada eksplorasi konsep  secara mandiri belajar, berdikusi dan  berefleksi, untuk  mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:
*kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
*suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid.
*lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.
*pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.


R: Ruang Kolaborasi  


Ruang kolaborasi  sesi diskusi  dilaksanakan tanggal Jumat  30 Agustus 2024,  kami  tergabung pada kelas 10.1 mendapat giliran  vicom jam 14.00- 16.15,  bersama ibu Fasilitator hebat kami Ibu Hetiniah,  dan Pengajar Praktek Bapak Amirullah.  Bersama anggota  kelompok  berkolaborasi merancang   gambaran umum sebuah  program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid. Bersama  Ibu Sukma, Ibu Ayuqnita Bakri dan Ibu Syahriana kami berkolaborasi dengan menggunakan Canva  merancang  program sekolah Friday English Zone ( FrEnZ)

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Ruang kolaborasi  sesi presentasi   Senin tanggal 2 September 2024 kelas 10.1 mendapat giliran   jam 12.30 -14.45.     Kami  mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik terhadap program yang kami rancang. Hasil rancangan program  kemudian saya unggah  di LMS  dalam bentuk Pdf.  Kemudian mengungah di Youtube dengan tautan  :  D : Demonstrasi kontekstual


Kegiatan demontrasi kontektual  tanggal : 3 September 2024,  Tugas pada delmonstrasi kontekstual adalah  dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA. Tugas Demontrasi kontektual diunggah  dalam bentuk Pdf LMS kemudian di unggah di youtube dengan tautan : 

E: Elaborasi Pemahaman


Pada sesi Elaborasi Pemahaman kami diminta mengajukan pertanyaan di LMS untuk lebih menguatkan pemahaman modul 3.3 Pengelolaan Program yang berpihak pada Murid. Saya  menuliskan beberapa pertanyaan untuk mengelaborasi pemahaman terhadap konsep-konsep yang belum dipahami, hal-hal yang menarik. Fasilitator akan membaca dan menyeleksi pertanyaan-pertanyaan kami dan pertanyaan yang terpilih akan dijawab dan didiskusikan melalui video conference pada tanggal 5 September 2024 kami mengelaborasi pemahaman kami terkait dengan program atau kegiatan pembelajaran yang menumbuhkembangkan kepemimpinan muri bersama Instruktur Ibu Kasminar Limbong.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

K : Koneksi Antar Materi.


Tugas  Koneksi antar Materi  adalah membuat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid. Tugas Koneksi antar materi saya unggah di LMS dalam bentuk Pdf. Kemudian saya unggah di laman kompasiana dengan tautan :https://www.kompasiana.com/jumarihammasa6512/670f3ec534777c292946d792/koneksi-antar-materi-modul-3-3-pada-pendidikan-guru-penggerak-angkatan-10 


A : Aksi nyata


Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA,  yakni Aksi Nyata pada modul 3.3  adalah  menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata. Aksi Nyata saya unggah di LMS dalam bentuk Pdf dan youtube pada tautan :

 
Saya melakukan Post-test Paket Modul 3 sebagai bagian akhir dari rangkaian pembelajaran Modul 3.1, 3.2 dan 3.3. tanggal 10 September 2024.

Pendampingan Individu 5


Pada awalnya jadwal pendampingan Individu 5 dijadwalkan tangga 16 September 2024 tetapi pada hari itu bertepatan dengan hari libur Nasional maka pendampingan saya di majukan hari Rabu tanggal 11 September   2024 . Saya melaksanakan kegiatan Pendampingan Individu   dengan pengajar praktik (PP) Amirullah S.Pd, SD. Pendampingan itu berlangsung  dimulai sekitar pukul 09.00 sampa pukul 12.00. Dalam pendampingan individu ini mendapatkan saran,  masukan, dan penguatan  memperkuat pemahaman saya pada 1 bulan terakhir. Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya dan modul 3.3. Pengelolaan Program yang berdampak positif pada murid. Program yang sudah sudah atau akan dirancang. Kami juga berdiskusi tentang peran saya dalam komunitas praktisi. Serta praktek penerapan Coaching untuk Supervisi Akademik bersama rekan sejawat melalui tahap Pra Observasi, Observasi dan Pasca Observasi.


Lokakarya 5  pada tanggal  21 September 2024di SMP Negeri 2 Nunukan. Belajar bersama dengan teman CGP Angkatan 10 Kabupaten Nunukan sekaligus menjadi Ajang silahturahmi secara Luring.

2.Feelings ( Perasaan)
Perasaan (Feelings): apa yang muncul saat proses pembelajaran ?


Saya merasa surprise dengan pembelajaran pada modul 3.3  ini.  Saya sangat bahagia karena memperoleh ilmu baru, dapat berkolaborasi dengan rekan CGP lain untuk berlatih menyusun kegiatan yang berdampak positif bagi siswa dengan memperhatikan voice, choice dan ownership.  Saya belajar mendesain sebuah program  yang berpihak pada murid terstruktur dan sistematis dengan menggunakan Alur Bagja. Saya merasa termotivasi dengan program FrEnZ yang kami gagas pada ruang Kolaborasi, kemudian program ini saya matangkan lagi pada tugas Demonstrasi Kontektual.    Pengetahuan baru dalam Menyusun sebuah program yang berpihak pada anak secara terstruktur membuat saya tertantang untuk menjadikan Program FrEnZ menjadi salah satu program yang diterapkan di SMP Negeri 1 Sebatik Barat.  


3.Finding ( Pembelajaran)
Pembelajaran (Findings): apa saja yang didapatkan ?

Pada modul 3.3 . saya mendapatkan banyak pemahaman baru antara lain:

  • Kepemimpinan murid (student agency). Saat murid memiliki kontrol atas apa yang terjadi,  atau saat mereka dapat mempengaruhi sebuah situasi, maka murid akan memiliki apa yang disebut dengan "agency". Murid mendemonstrasikan "student agency" ketika mereka mampu mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan-pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka kepada orang lain, dan melakukan tindakan nyata sebagai hasil proses belajarnya.
  • Saat murid memiliki agency), maka mereka sebenarnya memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Voice (suara) adalah pandangan, perhatian, gagasan yang diekspresikan oleh murid melalui partisipasi aktif mereka di kelas, sekolah, komunitas, dan sistem pendidikan mereka, yang berkontribusi pada proses pengambilan keputusan dan secara kolektif mempengaruhi hasilnya. Pilihan (choice) adalah peluang yang diberikan kepada murid untuk memilih kesempatan-kesempatan dalam ranah sosial, lingkungan, dan pembelajaran. Sementara itu, kepemilikan adalah kondisi saat murid terhubung (baik secara fisik, kognitif, emosional) dengan apa yang sedang dipelajari, terlibat aktif, dan menunjukkan investasi pribadi dalam proses belajarnya, maka kita dapat mengatakan bahwa tingkat rasa kepemilikan mereka terhadap proses belajar tinggi.
  • Saya juga belajar merancang  sebuah yang berpihak pada murid  yang mempertimbangkan  aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid.  Program yang dirancang secara terstruktur dan sistematis dengan canvas BAGJA dengan  mengembangkan kepemimpinan siswa, atau yang dikenal dengan istilah student agency serta sesuai dengan profil Pelajar Pancasila dan disesuaikan dengan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan murid.  Hasil rancangan saya beri judul  FrEnZ (Friday English Zone).

4.Future ( Penerapan)

Apa yang akan saya lakukan? ) (Penerapan)

Pengetahuan merancang sebuah program yang berpihak pada murid  secara terstruktur dan sitematis yang saya dapatkan pada modul 3. 3 menjadi motivasi dalam merancang program yang diharapkan terwujud kepemimpinan murid dan  berdampak pada murid di masa yang akan datangSaya juga akan menjalankan   Program  Friday English Zone (FrEnZ )di SMP Negeri 1 Sebatik Barat   1 Sebatik Barat.  

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Wassalamu Alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Guru Penggerak. Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun