Di zaman sekarang, memilih bank gampang-gampang susah. Apalagi di Indonesia, banyak sekali bank yang berdiri baik itu milik pemerintah, swasta maupun asing. Disisi yang lain banyak sekali iklan bank bertebaran, tentu membuat pilihan semakin sulit. Semuanya berlomba-lomba menawarkan fasilitas dan kemudahan setiap produk perbankan yang diluncurkan.
Semenjak krisis moneter 1998, sejumlah bank bertumbangan dan dibailout oleh pemerintah. Peristiwa ini tentu saja menjadi pelajaran para calon nasabah, agar lebih waspada dalam menjatuhkan pilihan terhadap sebuah bank. Semua itu adalah hal yang lumrah, wajar dan sah-sah saja sebagai hak seorang warga Negara.
Namun ada beberapa argumentasi yang mendasari seseorang menetapkan pilihan untuk menitipkan uang mereka di salah satu bank. Â Alasan pertama, bank tersebut mempunyai reputasi dan dijamin oleh pemerintah, kedua adalah kecanggihan fasilitas yang ditawarkan oleh bank, ketiga aturan menabung yang minimal, keempat beragamnya produk perbankan untuk berinvestasi dan kelima cabang terdapat dimana-mana.
Semua kriteria diatas, ternyata sudah terdapat pada Bank Ganesha. Wajar jika Bank Ganesha sudah memiliki segalanya karena sudah berdiri sejak tahun 1990 dan mulai beroperasi sejak tanggal 30 April 1992. Bank Ganesha mendapat ijin usaha sebagai bank umum dari Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam SK No.393/KMK-013/1992 tanggal 14 April 1992, dan pada tahun 1995 status Bank Ganesha mendapatkan persetujuan menjadi Bank Devisa, sesuai SK Bank Indonesia No.28/66/KEP/DIR tanggal 12 September 1995. Saat ini Bank Ganesha berkantor pusat di Jl. Hayam Wuruk No. 8 Jakarta Pusat.
a. memiliki reputasi dan penghargaanÂ
Reputasi yang dimiliki Bank Ganesha tidak perlu diragukan lagi. Ini terbukti ketika awal bulan Maret 2018, Bank Ganesha kembali mendapatkan beberapa penghargaan dalam ajang Indonesia Corporate Secretary & Corporate Communication Award -- III -- 2018 & Indonesia Information & Technology Award -- I -- 2018 yang diadakan oleh Indonesia-Asia Institute, Economic Review, Ideku Group, yang berlangsung di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, pada tanggal 2 Maret 2018.
Adapun penghargaan yang diperoleh oleh Bank Ganesha adalah sebagai berikut : (1) Indonesia Corporate Secretary & Corporate Communication Award -- III -- 2018 -- Platinum, (2) Indonesia Information & Technology Award -- I - 2018 -- Platinum dan (3) The Big 10 - Indonesia Information & Technology Award -- I -- 2018.
Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan tahun-tahun sebelumnya, apakah mendapatkan penhargaan juga?
- Asia-Pacific Stevie Awards
Bank Ganesha meraih Gold Stevie Award untuk kategori 'Excellence in Innovation in Financial Industries' - Investor Awards
Bank Ganesha meraih predikat 'BANK TERBAIK' untuk kategori Bank Umum Aset Rp. 1 Triliun -- Rp. 25 Triliun - Asian Banking & Finance - Retail Banking Awards
Bank Ganesha meraih penghargaan untuk kategori 'Website of The Year - Indonesia' - Infobank Awards
Bank Ganesha meraih predikat 'SANGAT BAGUS' atas Kinerja Keuangan Selama Tahun 2016 untuk kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) II - Anugerah Perbankan Indonesia VI
Bank Ganesha meraih predikat 'Bank Terbaik di Indonesia' peringkat 2 untuk kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) II dengan aset antara Rp 2,5 Triliun -- Rp 5 Triliun - International Business Awards
Ibu Surjawaty Tatang (CEO) menerima penghargaan Silver Stevie Award untuk kategori 'Woman of the Year'
Bank Ganesha meraih penghargaan Silver Stevie Award untuk kategori 'Company of the Year - Banking - Small'
Bank Ganesha meraih penghargaan Bronze Stevie Award untuk kategori 'Banking Website of the Year' - Indonesia Best Banking Brand Award
Bank Ganesha meraih penghargaan untuk kategori 'Outstanding Financial Performance - Private Foreign Exchange National Bank' - Penganugerahan Penghargaan Indonesia - Majalah Profil Indonesia
Bank Ganesha meraih penghargaan untuk kategori 'Best Banking of The Year' - International Finance Awards
CEO Surjawaty Tatang menerima penghargaan sebagai Best Emerging Banking CEO in Indonesia
Bank Ganesha meraih penghargaan untuk kategori 'Best Small Bank - Indonesia' - Capital Finance International Award
Bank Ganesha meraih penghargaan untuk kategori 'Best Bank Governance' - Pencatatan Saham PT Bank Ganesha Tbk. di Bursa Efek Indonesia
Kamis 12 Mei 2016 saham Bank Ganesha secara resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia. - MURI (Museum Rekor Indonesia)
Bank Ganesha tercatat sebagai 'Lembaga Perbankan yang Menyalurkan Kredit Tanpa Agunan Terbanyak Secara Serentak'
b. kecanggihan fasilitas yang ditawarkan
Bank Ganesha menawarkan fasilitas untuk kemudahan nasabah dalam aktifitas keuangan. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi kecanggihan teknologi online di era sekarang tanpa harus bolak-balik dari satu tempat ke tempat lain.
Bank Ganesha telah meluncurkan aplikasi layanan mobile banking dengan branding "BANGGA". sebagai bagian dari langkah transformasi yang inovatif dan kreatif. Aplikasi BANGGA sudah bisa di download dengan mudah baik di Android - Playstore maupun di iOS - App Store.
Fasilitas yang ditawarkan "BANGGA" adalah (1) penggunaan finger print untuk akses login di samping username dan password, (2)Â feature check balance tanpa harus login, (3) games dengan hadiah menarik, (4) feature 'feed' yang dapat memberikan info-info menarik terkini yaitu berita terkini, (5) promo merchant dalam bentuk e-voucher & ekspresi kepedulian terhadap sesama dalam bentuk layanan donasi, dan (6) informasi lainnya terkait lokasi ATM, lokasi cabang terdekat, kurs, produk & layanan serta Q & A-nya.
Fasilitas lainnya yang tidak kalah menarik antara lain adalah ATM Ganesha, e-statement Ganesha, Safe Deposit Box, Pengiriman Mata Uang Asing, Pembayaran Tagihan Listrik, Pembayaran Tagihan Telepon dan Pembayaran Pajak.
c. kemudahan menabung di bank
Menabung di Bank Ganesha tidaklah sulit dan mudah dimengerti. Dengan syarat fotokopi KTP, Kartu Keluarga, NPWP serta uang Rp 100 ribu kita sudah bisa membuat rekening buat perseorangan. Namun, untuk wirausaha, profesional atau perusahaan tinggal menambahkan fotokopi surat izin praktek, fotokopi anggaran dasar, fotokopi SIUP dan TDP.
d. beragamnya produk yang ditawarkan
Produk perbankan yang ditawarkan Bank Ganesha sangat beragam. Hal ini tentu sangat mempermudah kita untuk memilih sesuai kebutuhan. Bank Ganesha membagi produknya menjadi dua yaitu untuk kepentingan individu dan bisnis.
Produk Bank Ganesha untuk individu yang ditawarkan antara lain, simpanan tabungan Ganesha Optima, Â tabungan Ganesha Investasi, tabungan Ganesha Dollar, tabungan Ganesha Payroll, tabungan Ganesha Pelajar, tabunganku, tabungan Ganesha MAPCLUB, tabungan Ganesha Savingplus dan Deposito Ganesha. Â Â
Sedangkan pinjaman kredit buat individu adalah kredit penghasilan tetap (KPT), Kredit Pemilikan Mobil (KPM), Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Untuk kartu kredit tersedia kartu kredit platinum dan kartu kredit gold.
Â
e. cabang dan ATM ada dimana-mana
Bank Ganesha berupaya untuk terus menambah jaringan, sampai dengan tahun 2017 Bank Ganesha telah memiliki jaringan kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Medan. Selain itu Bank Ganesha juga telah memiliki mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terintegrasi dengan jaringan ATM Bersama. Tabungan dengan bunga yang kompetitif dengan layanan tarik tunai dan transfer di lebih dari 68.000 ATM BERSAMA.
Dari uraian panjang diatas, mulai dari reputasi, fasilitas yang ditawarkan, kemudahan menabung di bank, kemudahan dalam menabung, beragamnya produk yang ditawarkan hingga cabang dan ATM dimana-mana, semakin meyakinkan kita bahwa tidak perlu ragu lagi untuk bertransaksi di Bank Ganesha.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H