Dalam dunia e-commerce satu saja kita mengenal beberapa bagian penting yang harus diperhatikanÂ
E-commerce dalam hal ini adalah produk dari sebuah perusahaan pelayanan terhadap jual beli barang yang dilakukan secara komersial di media elektronik dan dihubungkan oleh internetÂ
Intinya bila dia sebuah perusahaan maka dia akan menjadi platform profesional untuk melayani pelanggannyaÂ
Pengembangan online service dalam dunia store development atau pengembangan toko atau gerai tentu saja sangat diperlukan untuk mengembangkan platform tersebutÂ
Kita bisa melihat berbagai bentuk tools dalam pengembangan sebuah store berupa gerai toko atau lain halnya tempat orang melakukan transaksi perdaganganÂ
Berbagai model pengembangan untuk sebuah store seperti layar display yang baik penempatan produk informasi tentang produk dan berbagai hal lain seperti penjualan live di berbagai platform e-commerce itu merupakan salah satu bentuk pengembangan dari store developmentÂ
Selanjutnya yang kita bisa lihat dari sebuah e-commerce adalah produk page development artinya kita bisa melihat sebuah produk dalam sebuah halaman tertentu dengan detailÂ
Baik spesifikasi produk baik model produk ataupun foto-foto yang diberikan untuk memperkenalkan produk tersebutÂ
Demikian kadang-kadang disertai dengan video yang disematkan pada media sosialÂ
Hal tersebut harus disiapkan oleh sebuah e-commerce agar dapat memperkenalkan gerai atau toko yang menjual produk tersebutÂ
Seseorang masuk ke e-commerce bukan hanya melihat gerainya tapi tentu saja mencari produk yang diinginkan sehingga informasi di dalamnya harus sangat detail dan informatifÂ
Hal ini tidak lepas dari faktor e-commerce yang memiliki advertising yang tepatÂ
Selanjutnya adalah bagaimana sebuah e-commerce memiliki tools untuk mengkategorikan produk-produk tertentu atau disebut dengan produk kategori sehingga para pelanggan atau kliennya mampu dan dengan cepat dapat mendapatkan produk tersebutÂ
Pengelompokan dalam produk-produk tersebut penting karena dalam satu e-commerce tentu saja mengenal banyak sekali gerai yang menjual barang yang sama dengan harga yang variatifÂ
Hal ini merupakan bentuk kompleks dari sistem perdagangan di mana memang semua pasar menyajikan produk yang sama dan gerai yang berbeda-bedaÂ
Komponen ini harus diperhatikan sebagai salah satu produk kategori di mana seseorang dapat mensortir kategori produk yang mereka inginkan hal ini digunakan untuk mempermudah penjualan atau pembelian yang ada di dalam e-commerce tersebutÂ
Pencarian yang lebih informatif tentu akan banyak dicari oleh para klien atau pembeli agar dapat segera mendapatkan informasi dan membeli barang tersebutÂ
Tak kalah penting dari produk adalah bagaimana sebuah e-commerce juga membuat sebuah produk advertising atau promosi seperti misalnya flash sale atau tanggal-tanggal tertentu yang digunakan sebagai waktu pembelian dengan diskon yang cukup besarÂ
Juga tentu saja ada promosi bebas ongkos kirim atau hal-hal lain yang penting yang menarik pelanggan untuk masuk ke dalam e-commerce tersebut dan belanjaÂ
Hal ini penting agar dapat meramaikan orang yang hendak berbelanja dan membutuhkan sesuatu dengan cepat dan tentu saja dalam hal ini mendapatkan potongan-potongan harga sesuai dengan promosi yang ditawarkanÂ
Pada saat ini e-commerce harus dapat juga menghasilkan sesuatu yang lebih optimal pada saat mencari barang tersebutÂ
Kerap kali e-commerce sekarang dibantu dengan artificial intelligence untuk mendapatkan sistem search engine optimalisasi atau mempergunakan search engine secara optimal untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan oleh customernyaÂ
Berbagai konsep filterisasi atau komponen kategori barang atau model-model kategori lain seperti hobi kebutuhan rumah tangga kebutuhan pokok kebutuhan kecantikan wanita dan lain sebagainya merupakan salah satu kategori yang diperlukan untuk lebih mempromosikan barang-barang tersebut dan dapat memberikan informasi yang optimal kepada para customernya atau pembelinyaÂ
Bagian lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana sebuah e-commerce harus memiliki tingkat fleksibilitas pembayaran atau payment processing yang lebih mudahÂ
Hal ini penting agar customer yang memiliki salah satu bentuk pembayaran seperti misalnya hanya memiliki salah satu platform perbankan yang memberikan sistem pembayaran mereka dapat melakukan pembayaran dengan hal tersebutÂ
Ataupun customer lain yang memiliki pihak ketiga seperti go-pay Ovo atau dana dan lain sebagainya sebagai platform pembayaran virtual yang juga menyediakan berbagai fasilitas untuk pembayaran pembayaran pembelian barangÂ
Atau customer yang hanya mau membeli barang kemudian cash on delivery di mana barang tersebut sampai ke tempat tujuan baru dibayarkan secara langsung kepada kurirnyaÂ
Berbagai fleksibilitas pembayaran diperlukan oleh sebuah e-commerce agar sistem pembayaran tersebut tidak menghambat pembelian di dalam sebuah fasilitas e-commerceÂ
Selanjutnya adalah bagaimana inventory management merupakan salah satu hal penting juga yang harus diberikan dan diinformasikan kepada pembelinya agar pembelinya memiliki informasi terhadap barang-barang yang hendak dibeliÂ
Sebagai contoh bila barang tersebut habis membeli bisa mengetahui dari stok yang ada bahwa gerai tersebut telah kehabisan barang atau barang tersebut sedang kosongÂ
Dari informasi tersebut pembeli dapat mengalihkan ke gerai lain atau menunggu sampai barang tersebut kembali terisiÂ
Hal-hal ini adalah model inventory management yang tepat yang harus diinformasikan kepada customernya agar memiliki informasi yang tepat pada saat membeliÂ
Selanjutnya adalah bagaimana sebuah e-commerce juga harus memberikan training-training khusus kepada kliennya terutama pada pihak ketiga yang melakukan penjualan seperti gerai-gerai yang memberikan informasi kepada pelanggannyaÂ
Dalam penggunaan e-commerce para penjual harus mengerti dan paham bagaimana mengisi informasi atau tools yang ada di e-commerce tersebut sebagai back endÂ
Tentu saja ini penting agar informasi yang diberikan oleh penjual mampu mempresentasikan barang-barang yang hendak dijualÂ
Sehingga untuk membuat sebuah e-commerce lebih baik tentu saja kita harus memiliki hal di atas agar terpelihara standarisasi dari sebuah perusahaan yang berbasis jual beliÂ
Tak lain dan tak bukan juga tentunya kita harus memperhatikan dalam sistem manajemen bagaimana kita memanajemen feedback feedback terhadap para penjual atau klien-klien kita sebagai perusahaan mendapatkan apresiasi yang baik dari pembeliÂ
Bentuk-bentuk kecurangan atau penipuan masih sering terjadi di e-commerce karena ada kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh penjual hal ini harus diidentifikasi dengan baik sebagai perusahaan e-commerce agar tidak merusak Citra e-commerce tersebutÂ
Haha ini merupakan hal-hal yang standar yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan e-commerce sehingga perusahaan e-commerce itu dapat mengembangkan diri menj
adi sebuah perusahaan yang terpercayaÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H