Mohon tunggu...
JW
JW Mohon Tunggu... Dosen - Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Hanya manusia biasa yang ingin mencoba mengapresiasi diri dengan menulis dan membaca secara sederhana , terkadang tulisan menerka dan menganalisa tanpa standarisasi hanya fenomena atau cerita fiksi hanya angan dan sedikit impian

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Elektronik Bisnis di Era digital

12 Oktober 2024   16:22 Diperbarui: 12 Oktober 2024   16:42 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pada era digitalisasi ini tentu kita mengenal berbagai jenis bisnis berbasis elektronik yang kita kenal dengan istilah elektronik bisnis

Berbagai pola transaksi dapat dilakukan dengan aplikasi Mobile Banking dan lain sebagainya

Proses elektronik bisnis ini sekarang sudah meluas ke berbagai model transaksi bisnis sehingga kita bisa mengerti bahwa setiap bisnis berbasis digital sekarang sudah banyak menggunakan elektronik bisnis

Kategori Apa saja yang menggunakan elektronik bisnis

Tentu saja jenisnya banyak dalam kategori internal perusahaan yang melakukan sebuah proses elektronik bisnis atau eksternal perusahaan yang memiliki transaksi kepada customer atau kepada berbagai pihak lain yang mereka miliki

Komponen-komponen ini sekarang sudah menjadi sebuah keharusan dimiliki oleh sebuah perusahaan agar dapat berkembang dengan lebih baik

Di dalam sebuah perusahaan contohnya ada banyak sekali komponen-komponen yang kita bisa pakai dengan menggunakan elektronik bisnis seperti misalnya bila kita melihat sebuah perusahaan berbasis multinasional company yang mendirikan perusahaan tidak di dalam suatu negara saja tapi di berbagai tempat dan negara yang secara geografis berbeda-beda

Human resources departemen yang dimiliki oleh perusahaan tersebut tentu saja juga merupakan komponen Kompleks di mana database kepegawaiannya tidak ada di satu tempat tapi ada di berbagai tempat

Bahkan boleh dikatakan ada di berbagai negara seperti misalnya kita lihat saja sebuah rumah waralaba makan KFC yang notabene adalah brand dari Amerika

Memiliki karyawan atau pegawai yang ada di Indonesia tapi tidak semerta-merta memiliki kepegawaian di Indonesia tanpa ada skill ada kemampuan mereka sendiri melakukan sebuah pola tersendiri untuk merekrut orang-orang dan pegawainya agar dapat bekerja di dalam sebuah perusahaan waralaba makanan tersebut

Bagian-bagian dari kepegawaian tersebut juga memiliki beberapa bidang misalnya seorang kitchen berbeda dengan seorang pramusaji atau sebagai cleaning service

Tapi ketika bagian itu di training oleh perusahaan tersebut agar mampu bekerja secara optimal di dalam sebuah perusahaan

Belum lagi secara manajerial memiliki tingkat kepegawaian yang berbeda-beda seperti bagian Keuangan manajer operasional manajer cabang dan lain sebagainya

Selanjutnya tentu kita akan melihat bahwa waralaba tersebut memiliki berbagai hal yang harus dimiliki untuk mengatur pegawainya yang berbeda Tempat kantor cabang dan berbagai daerah

Membuat sebuah relation database management system di dalam sebuah Departemen human riset departement waralaba tersebut membagi beberapa pola seperti misal berdasarkan daerah tertentu cabang tertentu ataupun komponen-komponen lain yang bisa direlasikan untuk mempermudah model relation database tersebut

Koneksi relasi database tersebut harus sedemikian rupa agar dapat mudah dikontrol untuk mendapatkan nilai tertentu misalnya seperti payroll system atau reporting ketenagakerjaan dilihat dari kinerja

Ada berbagai analisis yang dapat diambil dari sebuah kinerja perusahaan lewat karyawan-karyawan tersebut

Selanjutnya adalah bagaimana sebuah perusahaan waralaba yang mengandalkan ayam goreng sebagai suplai di dalam perusahaan tersebut mendapatkan bahan baku yang tepat

Sebelum mereka melakukan survei ke negara tersebut tentu saja mereka harus tahu adanya Bahan baku yang melimpah dan dapat kontinyu memberikan supply kepada restoran mereka

Selanjutnya Bagaimana sebuah bahan baku itu dapat ada di Indonesia atau di daerah tertentu di Indonesia Hal ini mereka mempersiapkan lewat peternakan peternakan ayam yang telah mereka gelar di daerah-daerah tertentu untuk dapat mereka suplai ke dalam waralaba tersebut

Bahkan kita boleh katakan bahwa ketika kita membeli ayam mentah di pasar tertentu itu merupakan sisa dari produksi ayam-ayam yang mereka masukkan kepada waralaba tersebut

Ayam sisa ini bukan ayam bekas atau ayam mati tapi memang produksi mereka melimpah dan mereka lepas ke pasar bebas

Hal ini terjadi karena memang mereka melakukan sebuah proses pertanian ayam untuk dapat mensuplai kebutuhan dari waralaba mereka

Tidak satu brand menjual ayam goreng tersebut Tapi Beberapa brand kita tahu bahwa ikut serta dalam meramaikan Kancah ayam goreng di Indonesia

Dalam hal tersebut perusahaan mempersiapkan diri untuk mendapatkan bahan baku yang sesuai

Dalam hal ini tentu saja ada model supply chain manajemen yang mereka kembangkan untuk mendapatkan bahan baku yang sesuai untuk bisnis ayam goreng mereka

Para peternak sampai kepada ayam goreng yang diproses menjadi makanan siap saji hal ini diperhitungkan dengan matang oleh perusahaan-perusahaan an berbasis multinasional Company

Prosedur ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang memang memiliki berbagai kebutuhan dalam sebuah negara produsen

Pada zamannya dulu Indonesia merupakan salah satu produsen tenaga kerja yang cukup mumpuni untuk membuat sebuah industri maju di negeri ini

Selanjutnya ini kemudian berusaha untuk ditarik oleh negara-negara lain agar komponen industri pindah ke negara-negara tersebut di mana investor-investor dapat menanamkan modalnya dan mendirikan industri secara luas

Perusahaan-perusahaan berbasis multinasional kampanye akan mencari resource resource yang betul-betul mereka butuhkan untuk keperluan industri

Pengendalian supply chain manajemen di sana merupakan salah satu nilai pokok yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan sebuah perusahaan

Pengendalian informasi dalam bidang Supply juga merupakan salah satu model pokok yang harus diperhatikan untuk mendapatkan nilai pasar yang bersaing

Digital ini tentu saja penjualan kan sudah berdasarkan elektronik bisnis pada pasar bebas sekarang sudah begitu cepat masuk ke dalam pasar-pasar lokal

Pengaturan supply chain management dalam model impor dan ekspor sekarang sudah begitu mudah sehingga mampu menyaingi produk-produk yang diciptakan dan dikembangkan di lokal pasar

Pengembangan industri secara massal kemudian adanya tingkat teknologi tinggi tentu akan mempercepat proses industri atau pengembangan produk dan juga persaingan harga

Dengan nilai-nilai harga yang kita lihat di pasar lokal terhadap barang-barang impor yang secara bebas masuk ke negeri kita

Manajemen yang begitu apik akan menghasilkan sebuah persaingan harga yang begitu murah

Kemudian beberapa hal yang juga merupakan bentuk transaksi elektronik Painan sekarang dikembangkan begitu marak sehingga orang mampu secara fleksibel bertransaksi

Tempat atau lokasi atau jauhnya transaksi sekarang bukan lagi menjadi suatu penghalang karena setiap transaksi dapat dilakukan secara cepat oleh elektronik payment yang disediakan oleh berbagai jenis perusahaan baik itu perbankan atau pihak ketiga seperti misalnya dana elektronik money Ovo gopay dan lain sebagainya

Jadi luasnya model bisnis berbasis elektronik ini akan semakin lama semakin luas dikembangkan dan dipergunakan oleh pasar

Sehingga boleh dikatakan apabila kita berbisnis tanpa menggunakan pola-pola Yang ada sekarang tentu kita akan banyak ketinggalan dan sulit untuk mengembangkan pasar

Pengaruh geografis sudah tidak menjadi suatu yang dianggap besar dalam sebuah bisnis pada model elektronik bisnis

Model pengiriman barang sudah demikian marak dan cepat dapat dikirim dari berbagai tempat dan kita dapat mengontrol atau melihatnya secara akurat di setiap aplikasi berbasis perdagangan atau yang disebut dengan e-commerce

Banyaknya aplikasi-aplikasi berbasis e-commerce seperti shopee Lazada Tokopedia dan lain sebagainya merupakan imbas dari bagaimana elektronik bisnis mengembangkan proses Tata Niaga berbasis virtual

Kembali lagi ke fleksibilitas transaksi yang disajikan dan diberikan kepada customernya merupakan salah satu poin tersendiri ketika orang hendak berbelanja

Demikian makin berkembangnya elektronik bisnis pada era digitalisasi ini akan mulai menggerus pasar-pasar lokal dan pasar konvensional

Sehingga bisnis dalam era digitalisasi ini tentu sekarang merupakan bisnis yang harus diperhatikan oleh para produsen-produsen juga para seller sehingga mereka mampu menyebarkan informasi ataupun produk-produknya secara luas

Bukan hanya produk tentu saja informasi merupakan salah satu hal penting yang sekarang juga dikembangkan di dalam Digital marketing

Produk yang ingin diperkenalkan kepada customernya tentu akan disebarkan dengan pola-pola tertentu dengan salah satunya adalah membuat konten-konten di dalam media sosial

Hal ini sudah menjadi kewajiban dari Para produsen atau para seller yang memiliki produk-produk tertentu untuk diperkenalkan kepada customernya

Media sosial merupakan salah satu media yang dapat digunakan pada saat ini untuk menyebarkan produk dan informasi yang penting kepada customer agar dapat lebih cepat diterima

Informasi yang dengan cepat dapat diterima di setiap tangan customer lewat smartphone merupakan salah satu bentuk yang perlu diperhatikan dalam penyebaran informasi

Sehingga luasnya pemasaran merupakan salah satu bentuk informasi yang dulu digunakan seperti menggunakan televisi sebagai media broadcast atau radio sebagai media broadcast sekarang sudah diganti dengan Digital marketing yang disebarkan di media sosial

Jadi kesimpulannya pada masa yang akan datang kita harus dapat jeli berperan di dalam media sosial dan berbasis elektronik di era digital

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun