Pada era digitalisasi ini tentu kita mengenal berbagai jenis bisnis berbasis elektronik yang kita kenal dengan istilah elektronik bisnis
Berbagai pola transaksi dapat dilakukan dengan aplikasi Mobile Banking dan lain sebagainya
Proses elektronik bisnis ini sekarang sudah meluas ke berbagai model transaksi bisnis sehingga kita bisa mengerti bahwa setiap bisnis berbasis digital sekarang sudah banyak menggunakan elektronik bisnis
Kategori Apa saja yang menggunakan elektronik bisnis
Tentu saja jenisnya banyak dalam kategori internal perusahaan yang melakukan sebuah proses elektronik bisnis atau eksternal perusahaan yang memiliki transaksi kepada customer atau kepada berbagai pihak lain yang mereka miliki
Komponen-komponen ini sekarang sudah menjadi sebuah keharusan dimiliki oleh sebuah perusahaan agar dapat berkembang dengan lebih baik
Di dalam sebuah perusahaan contohnya ada banyak sekali komponen-komponen yang kita bisa pakai dengan menggunakan elektronik bisnis seperti misalnya bila kita melihat sebuah perusahaan berbasis multinasional company yang mendirikan perusahaan tidak di dalam suatu negara saja tapi di berbagai tempat dan negara yang secara geografis berbeda-beda
Human resources departemen yang dimiliki oleh perusahaan tersebut tentu saja juga merupakan komponen Kompleks di mana database kepegawaiannya tidak ada di satu tempat tapi ada di berbagai tempat
Bahkan boleh dikatakan ada di berbagai negara seperti misalnya kita lihat saja sebuah rumah waralaba makan KFC yang notabene adalah brand dari Amerika
Memiliki karyawan atau pegawai yang ada di Indonesia tapi tidak semerta-merta memiliki kepegawaian di Indonesia tanpa ada skill ada kemampuan mereka sendiri melakukan sebuah pola tersendiri untuk merekrut orang-orang dan pegawainya agar dapat bekerja di dalam sebuah perusahaan waralaba makanan tersebut
Bagian-bagian dari kepegawaian tersebut juga memiliki beberapa bidang misalnya seorang kitchen berbeda dengan seorang pramusaji atau sebagai cleaning service
Tapi ketika bagian itu di training oleh perusahaan tersebut agar mampu bekerja secara optimal di dalam sebuah perusahaan
Belum lagi secara manajerial memiliki tingkat kepegawaian yang berbeda-beda seperti bagian Keuangan manajer operasional manajer cabang dan lain sebagainya
Selanjutnya tentu kita akan melihat bahwa waralaba tersebut memiliki berbagai hal yang harus dimiliki untuk mengatur pegawainya yang berbeda Tempat kantor cabang dan berbagai daerah
Membuat sebuah relation database management system di dalam sebuah Departemen human riset departement waralaba tersebut membagi beberapa pola seperti misal berdasarkan daerah tertentu cabang tertentu ataupun komponen-komponen lain yang bisa direlasikan untuk mempermudah model relation database tersebut
Koneksi relasi database tersebut harus sedemikian rupa agar dapat mudah dikontrol untuk mendapatkan nilai tertentu misalnya seperti payroll system atau reporting ketenagakerjaan dilihat dari kinerja
Ada berbagai analisis yang dapat diambil dari sebuah kinerja perusahaan lewat karyawan-karyawan tersebut
Selanjutnya adalah bagaimana sebuah perusahaan waralaba yang mengandalkan ayam goreng sebagai suplai di dalam perusahaan tersebut mendapatkan bahan baku yang tepat
Sebelum mereka melakukan survei ke negara tersebut tentu saja mereka harus tahu adanya Bahan baku yang melimpah dan dapat kontinyu memberikan supply kepada restoran mereka
Selanjutnya Bagaimana sebuah bahan baku itu dapat ada di Indonesia atau di daerah tertentu di Indonesia Hal ini mereka mempersiapkan lewat peternakan peternakan ayam yang telah mereka gelar di daerah-daerah tertentu untuk dapat mereka suplai ke dalam waralaba tersebut
Bahkan kita boleh katakan bahwa ketika kita membeli ayam mentah di pasar tertentu itu merupakan sisa dari produksi ayam-ayam yang mereka masukkan kepada waralaba tersebut
Ayam sisa ini bukan ayam bekas atau ayam mati tapi memang produksi mereka melimpah dan mereka lepas ke pasar bebas
Hal ini terjadi karena memang mereka melakukan sebuah proses pertanian ayam untuk dapat mensuplai kebutuhan dari waralaba mereka
Tidak satu brand menjual ayam goreng tersebut Tapi Beberapa brand kita tahu bahwa ikut serta dalam meramaikan Kancah ayam goreng di Indonesia
Dalam hal tersebut perusahaan mempersiapkan diri untuk mendapatkan bahan baku yang sesuai
Dalam hal ini tentu saja ada model supply chain manajemen yang mereka kembangkan untuk mendapatkan bahan baku yang sesuai untuk bisnis ayam goreng mereka
Para peternak sampai kepada ayam goreng yang diproses menjadi makanan siap saji hal ini diperhitungkan dengan matang oleh perusahaan-perusahaan an berbasis multinasional Company
Prosedur ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang memang memiliki berbagai kebutuhan dalam sebuah negara produsen
Pada zamannya dulu Indonesia merupakan salah satu produsen tenaga kerja yang cukup mumpuni untuk membuat sebuah industri maju di negeri ini
Selanjutnya ini kemudian berusaha untuk ditarik oleh negara-negara lain agar komponen industri pindah ke negara-negara tersebut di mana investor-investor dapat menanamkan modalnya dan mendirikan industri secara luas
Perusahaan-perusahaan berbasis multinasional kampanye akan mencari resource resource yang betul-betul mereka butuhkan untuk keperluan industri
Pengendalian supply chain manajemen di sana merupakan salah satu nilai pokok yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan sebuah perusahaan
Pengendalian informasi dalam bidang Supply juga merupakan salah satu model pokok yang harus diperhatikan untuk mendapatkan nilai pasar yang bersaing
Digital ini tentu saja penjualan kan sudah berdasarkan elektronik bisnis pada pasar bebas sekarang sudah begitu cepat masuk ke dalam pasar-pasar lokal
Pengaturan supply chain management dalam model impor dan ekspor sekarang sudah begitu mudah sehingga mampu menyaingi produk-produk yang diciptakan dan dikembangkan di lokal pasar
Pengembangan industri secara massal kemudian adanya tingkat teknologi tinggi tentu akan mempercepat proses industri atau pengembangan produk dan juga persaingan harga
Dengan nilai-nilai harga yang kita lihat di pasar lokal terhadap barang-barang impor yang secara bebas masuk ke negeri kita
Manajemen yang begitu apik akan menghasilkan sebuah persaingan harga yang begitu murah
Kemudian beberapa hal yang juga merupakan bentuk transaksi elektronik Painan sekarang dikembangkan begitu marak sehingga orang mampu secara fleksibel bertransaksi
Tempat atau lokasi atau jauhnya transaksi sekarang bukan lagi menjadi suatu penghalang karena setiap transaksi dapat dilakukan secara cepat oleh elektronik payment yang disediakan oleh berbagai jenis perusahaan baik itu perbankan atau pihak ketiga seperti misalnya dana elektronik money Ovo gopay dan lain sebagainya
Jadi luasnya model bisnis berbasis elektronik ini akan semakin lama semakin luas dikembangkan dan dipergunakan oleh pasar
Sehingga boleh dikatakan apabila kita berbisnis tanpa menggunakan pola-pola Yang ada sekarang tentu kita akan banyak ketinggalan dan sulit untuk mengembangkan pasar
Pengaruh geografis sudah tidak menjadi suatu yang dianggap besar dalam sebuah bisnis pada model elektronik bisnis
Model pengiriman barang sudah demikian marak dan cepat dapat dikirim dari berbagai tempat dan kita dapat mengontrol atau melihatnya secara akurat di setiap aplikasi berbasis perdagangan atau yang disebut dengan e-commerce
Banyaknya aplikasi-aplikasi berbasis e-commerce seperti shopee Lazada Tokopedia dan lain sebagainya merupakan imbas dari bagaimana elektronik bisnis mengembangkan proses Tata Niaga berbasis virtual
Kembali lagi ke fleksibilitas transaksi yang disajikan dan diberikan kepada customernya merupakan salah satu poin tersendiri ketika orang hendak berbelanja
Demikian makin berkembangnya elektronik bisnis pada era digitalisasi ini akan mulai menggerus pasar-pasar lokal dan pasar konvensional
Sehingga bisnis dalam era digitalisasi ini tentu sekarang merupakan bisnis yang harus diperhatikan oleh para produsen-produsen juga para seller sehingga mereka mampu menyebarkan informasi ataupun produk-produknya secara luas
Bukan hanya produk tentu saja informasi merupakan salah satu hal penting yang sekarang juga dikembangkan di dalam Digital marketing
Produk yang ingin diperkenalkan kepada customernya tentu akan disebarkan dengan pola-pola tertentu dengan salah satunya adalah membuat konten-konten di dalam media sosial
Hal ini sudah menjadi kewajiban dari Para produsen atau para seller yang memiliki produk-produk tertentu untuk diperkenalkan kepada customernya
Media sosial merupakan salah satu media yang dapat digunakan pada saat ini untuk menyebarkan produk dan informasi yang penting kepada customer agar dapat lebih cepat diterima
Informasi yang dengan cepat dapat diterima di setiap tangan customer lewat smartphone merupakan salah satu bentuk yang perlu diperhatikan dalam penyebaran informasi
Sehingga luasnya pemasaran merupakan salah satu bentuk informasi yang dulu digunakan seperti menggunakan televisi sebagai media broadcast atau radio sebagai media broadcast sekarang sudah diganti dengan Digital marketing yang disebarkan di media sosial
Jadi kesimpulannya pada masa yang akan datang kita harus dapat jeli berperan di dalam media sosial dan berbasis elektronik di era digital
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H