Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan sistem informasi tentu saja standar organisasi atau iso yang digunakan oleh sebuah perusahaan dalam proses pengembangan baik sistem informasi hardware sistem atau jaringan
Maraknya beberapa hal yang penting dalam sebuah standar organisasi di perusahaan-perusahaan yang mengembangkan hal-hal mengenai Digital marketing sebagai contoh dari sebuah model penjualan atau pemberian informasi kepada pelanggannya dengan menggunakan internet sistem atau mungkin kita ingin menggunakan sistem informasi berbasis manufaktur yang sekarang sedang dikembangkan dengan berbagai cara untuk mempercepat proses manufaktur
Kedua hal tersebut di atas merupakan bidang-bidang yang sekarang sedang dikembangkan di berbagai sektor Indonesia dikenal dengan Digital marketing ya sedang naik daun di mana barang dagangan atau jasa yang hendak dipromosikan merupakan barang-barang yang perlu diinformasikan kepada pelanggan atau juga para klien
Hal apa saja yang menjadi perhatian dari proses Digital marketing pada kedua bidang tersebut Mari kita bahas bersama tentang standar organisasi secara internasional bidang-bidang tersebut ini hanya contoh kecil dari sebuah bidang yang harus dikembangkan oleh sebuah perusahaan untuk menjamin berbagai hal perkembangan ataupun keamanan model dari apa yang kita kembangkan
Dalam proses tersebut kita kenal dengan istilah audit sistem informasi dengan menggunakan iso yang ada pada sebuah perusahaan atau menggunakan Para konsultan iso yang mengerti dan paham tentang pengembangan pengembangan Apa yang perlu diperhatikan dalam sebuah standar organisasi dan manajemen
Sebagai contoh saja kita mengambil iso 27001 secara garis besar iso ini berbicara tentang sebuah persyaratan sistem yang mendukung sistem keamanan
Iso ini menjelaskan tentang berbagai sistem keamanan sistem boleh dikatakan sebagai sistem manajemen keamanan informasi atau informasition security management system dengan sistem ini menjamin dan memastikan bahwa perusahaan termasuk perusahaan Digital marketing dapat mengelola sistem informasinya berupa marketing dan pengelolaan sistem informasi yang sensitif menjadi aman
Sebagai contoh yang dapat diambil dari sebuah perusahaan yang berbasiskan informasi yang diberikan kepada customer maka harus memiliki sistem keamanan untuk untuk menjaga informasi yang rentan terhadap berbagai ancaman cyber diantaranya berbagai kebocoran data dan berbagai akses yang tidak sah terhadap berbagai informasi yang disebarkan kepada customer atau klien
Tujuan iso ini sebenarnya untuk membangun berbagai kepercayaan dari pelanggannya sehingga aman nyaman dalam mendapatkan informasi berikut memberikan data-data pribadi pelanggan kepada perusahaan
Sistem audit ini juga berusaha untuk mengurangi kerugian secara finansial berupa kehilangan data atau serangan cyber yang mengakibatkan berbagai kerugian pelanggan seperti penjebolan password mengambil data pribadi melakukan transaksi ilegal sehingga terjadi kerugian-kerugian dari pihak pelanggan ataupun dari pihak perusahaan
Hal penting lainnya adalah iso 27001 ini merupakan iso yang juga dapat menjaga keamanan data berdasarkan hukum yang berlaku atau adanya kepastian hukum terhadap data-data pribadi yang ada dalam sebuah database dan menjaga sistem kemitraan berdasarkan status hukum
Pada dasarnya pengelolaan yang dilakukan oleh iso 27001 mencakup beberapa aspek diantaranya adalah pengelolaan resiko dalam proses pengidentifikasian penilaian dan penanganan risiko keamanan informasi
Kebijakan keamanan diantaranya adalah penetapan kebijakan keamanan yang jelas dan komprehensif dalam pelaksanaan modal bisnis Digital marketing
Tata kelola organisasi keamanan itu sendiri diantaranya pembentukan struktur organisasi yang bertanggung jawab dalam mengelola Digital marketing dan berbagai model keamanan informasi
Aset informasi di mana sistem informasi mengidentifikasi dan mengklarifikasi aset-aset informasi yang perlu di amankan baik berupa perangkat keras atau perangkat lunak yang dikembangkan
Model keamanan jaringan yang ditetapkan terutama untuk Digital marketing diperlukan sebuah model keamanan jaringan dan perlindungan yang tepat untuk melindungi customer dan perusahaan dalam serangan-serangan cyber
Keamanan komunikasi diantaranya perlindungan komunikasi data dalam pengelolaan arus informasi yang merupakan bagian dari sistem Digital marketing
Pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi yang perlu dalam pengelolaan model data dan proses bisnis
Ulangi setiap insiden terhadap keamanan data dan pengenalan keamanan informasi
Dari beberapa langkah yang ada di dalam iso 27001 perusahaan-perusahaan berupa Digital marketing perlu melakukan beberapa langkah dalam proses pengamanan tersebut diantaranya adalah proses analisis resiko di mana proses ini dapat mengidentifikasi masalah-masalah atau resiko-resiku terhadap keamanan data dan informasi yang mungkin terjadi apabila terjadi serangan-serangan dari cyber
Proses pengembangan kebijakan membuat kebijakan yang perlu untuk mengamankan data di mana klien merupakan bagian dari sistem keamanan yang sesuai dari resiko yang telah diidentifikasi
Pengembangan kebijakan tersebut merupakan bagian dari keseluruhan organisasi yang mengelola model aktivitas Digital marketing
Proses pengontrolan administrasi angkatan merupakan salah satu faktor yang juga harus diperhatikan dalam sebuah model teknis keamanan data
Proses Pemantauan dan evaluasi secara berkala memantau dan mengevaluasi tentang efektivitas sistem manajemen keamanan komputer secara menyeluruh
Selain iso 27001 iso berikut ini di mana standar internasional yang diberikan oleh persyaratan untuk pemelihara sistem manajemen dan kontinuitas bisnis diterapkan pada iso 22301
Dalam perusahaan berbasis Digital marketing tentu saja ada perlu jaminan dari kontinitas bisnis atau Bisnis kontiniti Manajemen sistem hal hal ini akan dipandu oleh iso tersebut di mana model komprehensif memastikan bahwa perusahaan termasuk perusahaan Digital marketing dapat terus beroperasi dan memberikan layanan secara normal kepada pelanggannya sehingga menjadi jaminan untuk para pelanggannya melakukan proses transaksi atau mendapatkan informasi secara baik
Dalam hal ini tentu saja ada beberapa hal yang diperhitungkan dari iso tersebut diantaranya adalah bencana alam gangguan cyber yang mengganggu operasional perusahaan gangguan pada sistem Information Technology yang merupakan bagian dari kerugian-kerugian yang dapat mengakibatkan kerugian finansial secara berat dengan menerapkan iso 22.3001 perusahaan dapat mencegah berbagai kerugian Financial dimana gangguan-gangguan bisnis di mana kehilangan pendapatan dan reputasi perusahaan dapat ditanggulangi dan dapat menjaga kepuasan pelanggan itu sendiri
Pemenuhan persyaratan secara umum di mana  ini akan membantu status hukum dari sebuah perusahaan untuk tetap beroperasi dengan baik memenuhi keinginan pelanggannya dan berbagai klien
Iso 22301 mencakup berbagai aspek yang dapat melingkupi model-model diantaranya adalah analisis resiko di mana setiap risiko dianalisis seperti hal-hal yang dapat mengganggu Proses bisnis dan penilaian serta Apa dampak yang terjadi apabila hal itu terjadi selanjutnya adalah proses pengembangan perencanaan di mana proses perencanaan merupakan salah satu pokok pengembangan untuk merespon dan memulihkan bisnis secara signifikan Apabila terjadi gangguan bagi yang lain tidak kalah pentingnya adalah proses uji coba dari setiap rencana untuk pemulihan dan pengujian secara berkala setiap hal-hal yang dianggap Rentan serta komunikasi dalam pembentukan sistem ini diperlukan sebuah model komunikasi yang efektif pada bidang-bidang terkait di mana mode Digital marketing adalah proses jaringan komputer yang luas untuk penyebaran informasi dan proses bisnis gimana kerjasama bidang IT pun merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam melingkupi berbagai bidang antara perusahaan atau pihak-pihak pelanggan dan tiap-tiap pemegang aturan dalam proses bisnis tersebut
Sebuah hal lain yang perlu diperhatikan diantaranya adalah pengembangan iso tentang standarisasi internasional yang memberikan persyaratan untuk sebuah sistem manajemen penjaminan mutu standar ini membantu organisasi untuk secara konsisten menyediakan produk-produk dan layanan yang memenuhi persyaratan-persyaratan untuk mendapatkan pelanggan dan model pelayanannya
Hal tersebut bisa kita dapatkan dari iso 9001 di mana iso ini meliputi beberapa aspek diantaranya
Kualitas layanan yang dapat membantu memastikan layanan Digital marketing yang diberikan seperti penggunaan SEO atau SEM atau manajemen media sosial selalu memenuhi kaidah standar dan kualitas yang mumpuni yang telah ditetapkan
Kepuasan pelanggan dengan berbagai model sistem pelayanan yang diajukan oleh Digital marketing hal tersebut dapat menjadi sebuah standarisasi dari kepuasan pelanggan
Selanjutnya adalah proses efisiensi dalam mengidentifikasi dan menghindarkan ke pemborosan dalam proses proses bisnis yang dilakukan secara digital
Berbagai keunggulan yang kompetitif juga harus dikembangkan untuk perusahaan-perusahaan seperti industri dan model Digital marketing di mana Hal ini dapat memberikan sebuah nilai komprehensif terhadap inovasi yang dikembangkan
Jadi untuk hal-hal tersebut untuk perusahaan berbasis Digital marketing pada saat ini dapat kita gunakan beberapa iso yang kita bahas di atas
Untuk berbasis manufaktur tentu saja sedikit berbeda tapi tentu akan kita bahas pada artikel lainnya mudah-mudahan Hal ini dapat membantu anda yang sedang mengembangkan perusahaan berbasis Digital marketing dan hendak memiliki iso sebagai standarisasi yang penting dalam sebuah perusahaan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H