Mohon tunggu...
JW
JW Mohon Tunggu... Dosen - Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Hanya manusia biasa yang ingin mencoba mengapresiasi diri dengan menulis dan membaca secara sederhana , terkadang tulisan menerka dan menganalisa tanpa standarisasi hanya fenomena atau cerita fiksi hanya angan dan sedikit impian

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Segmentasi Pasar

11 November 2023   11:38 Diperbarui: 11 November 2023   11:40 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Bila bicara sebuah model bisnis dalam sebuah usaha tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah bagaimana kita mampu menjual produk kita atau jasa kita kepada konsumen

Sebuah perusahaan yang menghasilkan sebuah produk ingin menjual produknya ke konsumennya atau sebuah organisasi usaha yang menjual jasa tentu saja juga ingin memberikan jasanya kepada konsumennya

Intinya adalah bagaimana kita melihat sebuah peluang bisa menjual jasa atau produk kepada konsumen kita

Tentunya kita harus tahu target kita seperti apa diantaranya adalah bagaimana kita melihat segmentasi konsumen yang harus kita treatment atau memberikan pelayanan

Segmentasi konsumen merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam sisi penjualan atau sistem penawaran sebagai contoh saja seseorang yang memiliki usaha jasa hukum tentunya Dia mempunyai segmentasi orang-orang yang berurusan dengan hukum atau perusahaan-perusahaan yang berurusan dengan hukum

Atau perusahaan lain misalnya seperti perusahaan mainan anak-anak Lego yang juga merupakan perusahaan yang cukup besar yang memasarkan mainan anak-anak pada segmentasi umur tertentu ke seluruh dunia

Dari dua hal tersebut kita akan bisa melihat perusahaan jasa yang memiliki segmentasi tertentu dari jenis usahanya juga perusahaan produksi mainan anak-anak yang memilih segmentasi tertentu dari usia

Sehingga kita bisa melihat segmentasi pasar seperti apa yang harus kita pahami selama ini contoh lain adalah misalkan kita menjual sebuah produk makanan tentu saja Kita juga harus berhati-hati dengan produk tertentu seperti menjual es krim pada anak-anak harus memiliki spesifikasi tertentu tentang es krim tersebut Tapi di lain sisi ada juga es krim yang hanya bisa dikonsumsi untuk usia usia dewasa karena kandungan makanannya atau mineralnya lebih tinggi

Jenis makanan lain misalnya kita dapat melihat makanan yang ada di daerah Indonesia mampu memberikan nilai penyedap makanan yang cukup tinggi seperti ada rasa cabai yang pedas tentu saja bila ini dijual di Eropa atau di Amerika kita tidak akan mendapatkan pasar karena tentu saja hal ini akan mengganggu kesehatan

Lain halnya sebuah produk misalnya kita bicara tentang sebuah produk donat di Indonesia yang cita rasanya pada produk tersebut sudah sangat berubah dari produk aslinya karena dijual di Indonesia apa yang berubah di dalamnya adalah rasa manis tingkat manis donat yang dijual di Indonesia oleh sebuah waralaba dankin donat memiliki tingkat manis yang cukup tinggi yang di negara lain tidak mendapatkannya

Dalam hal ini ada perubahan cita rasa yang harus diubah di Indonesia Hal tersebut diambil dari survei-survei dari jenis makanan-makanan kecil yang ada di Indonesia yang rata-rata mengandung nilai manis yang cukup tinggi

Segmentasi pasar ini juga bisa berarti di setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda-beda hal ini dilihat dari nilai geografis dan kebudayaan tertentu dari negara-negara atau daerah tersebut

Atau produk-produk lain yang mungkin banyak memiliki segmentasi yang berbeda dalam penjualan smartphone misalnya kita sudah bisa mengetahui beberapa hal tentang segmentasi pasar tertentu seperti pasar iPhone memiliki segmentasi pasar yang cukup tinggi sedangkan untuk produk-produk Samsung dan beberapa merek lainnya memiliki pasar menengah selanjutnya adalah pasar-pasar yang memang sengaja barang-barang dari China masuk ke Indonesia sebagai smartphone smartphone murah

Hal tersebut merupakan segmentasi dari nilai harga tertentu dari smartphone

Jadi dari berbagai hal kita dapat menentukan segmentasi pasar dari produk atau jasa yang ingin kita jual ke pasar dan tentu saja bagaimana kita melihat segmentasi pasar dengan secara cermat

Pada era Milenia ini tentu saja beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjual sebuah produk yang bergeser dari nilai-nilai awalnya seperti misalkan menjual sebuah makanan pada era milenial dan digitalisasi ini hanya bukan hanya makanan yang dijual belikan tapi tentunya ada suasana yang merupakan hal yang cukup diburu oleh para konsumennya

Suasana makan yang nyaman juga mampu menghasilkan sebuah Nilai estetik yang sering diungkapkan dalam kata instagrammable merupakan salah satu nilai jual

Ini terjadi karena maraknya penggunaan dunia digital dan media sosial dalam kalangan masyarakat di Indonesia atau di seluruh dunia

Penggunaan media sosial merubah banyak sekali kebiasaan atau behavior dari orang yang mengunjungi sebuah tempat makan atau tempat Vacation lainnya

Suasana yang nyaman dan menarik dan dapat ditangkap kamera hal tersebut merupakan salah satu aspek penting dalam melakukan sebuah proses penawaran penjualan makanan

Tentu saja ini merupakan salah satu segmentasi baru dalam proses bisnis sehingga orang akan terus mengembangkan proses-proses tersebut agar dapat memuaskan konsumen

Customer satisfaction merupakan salah satu tujuan utama dalam bagaimana kita mengolah produk atau jasa kita dapat diterima oleh segmentasi konsumen tersebut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun