Mohon tunggu...
JW
JW Mohon Tunggu... Dosen - Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Hanya manusia biasa yang ingin mencoba mengapresiasi diri dengan menulis dan membaca secara sederhana , terkadang tulisan menerka dan menganalisa tanpa standarisasi hanya fenomena atau cerita fiksi hanya angan dan sedikit impian

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Kunci Sukses Mengembangkan Usaha Resto Era Digitalisasi

21 Desember 2022   15:59 Diperbarui: 21 Desember 2022   16:09 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam dunia bisnis tentu kita memiliki berbagai macam pola menangani bisnis. Yang paling utama adalah bagaimana anda menangani customer dalam berbisnis.

Banyak kegagalan usaha karena seseorang kurang paham memahami customer dengan baik sehingga customer yang sudah terbina itu lari dan menjadi customer orang lain

Pada zaman saya disebutnya customer itu adalah pelanggan atau langganan bagaimana kita menyusun strategi agar seseorang memiliki interest terhadap apa yang kita jajakan

Saya pakai istilah lama yang disebut dengan menjajakan barang kepada customer kita atau menawarkan barang pada customer kita sehingga customer itu tertarik dengan barang atau jasa yang kita mau tawarkan pada mereka

Karena saya juga orang lama jadi saya mengatakan bahwa ini adalah saya kerjakan dengan manual tetapi pada saat ini dunia sudah berubah di mana seseorang memiliki akses begitu cepat di dunia digital

Bagaimana kita dapat melayani seorang customer di dunia digital ini adalah salah satu kunci kita menangani sebuah bisnis menjadi lebih besar lagi dan memiliki langganan

Langganan juga kita bagi menjadi beberapa bagian salah satunya yang secara umum saya jelaskan antara langganan yang baru dan langganan yang lama

Bagaimana kita memanjakan seorang langganan baru kenal dengan produk-produk kita dan baru mencoba produk-produk kita atau baru mencoba layanan-layanan yang kita berikan kepada tentunya berbeda ketika kita memberikan layanan kepada orang-orang atau pelanggan-pelanggar atau langganan langganan kita yang lama

Tentunya agak mudah kalau saya mengatakan bahwa kita melayani langganan langganan yang kelihatannya di depan mata kita dapat bertemu langsung bertatapan langsung berjabat tangan dengan langsung

Tapi bagaimana dengan apabila kita berhadapan dengan mesin-mesin digital atau device device digital yang notabene kita nggak dapat feel-nya dalam kita melayani customer

Ini tentu kita akan berhadapan dengan berbagai masalah dalam kita melayani customer

Salah satu kunci dalam pelayanan digital adalah kecepatan kita merespon customer dalam sebuah bisnis

Kemudian yang kedua adalah bagaimana kita mampu menangani masalah-masalah customer dengan cepat

Selanjutnya kita dapat memberikan sebuah masukan kepada customer terhadap produk yang kita jual atau jasa yang kita berikan pada customer

Tentu saja secara digital dan semua bisa dalam bentuk teks video dan lain sebagai

Jangan mengatakan customer itu adalah seorang atau perseorangan ketika kita menjadi seorang retail tapi ada juga jenis-jenis customernya adalah perusahaan

Bagaimana dengan hal tersebut tentunya kita harus dapat melakukan sebuah adaptasi dengan device digital di mana kita mempunyai pola pelayanan yang baik

Dalam konsep-konsep digital hal ini penting sekali diperlukan bahkan nilai abilitas seseorang di dalam sebuah pelayanan di perlukan sekali dalam sebuah bisnis

Ketika anda mencoba menolong customer anda dalam penggunaan produk misal customer Anda harus tahu bagaimana anda dengan baik memberikan petunjuk memberikan sebuah layanan yang tepat dengan menggunakan device tersebut

Salah satunya memberikan video atau gambaran-gambaran terhadap produk yang Anda jual sehingga customer bisa mendapat tuntunan secara baik karena dalam hal ini Anda tidak bertemu langsung dengan customer dan bisa mempraktekkan langsung

Dapat juga sebelum anda menjagakan barang-barang anda anda membuat sebuah konten-konten di dalam sebuah produk tersebut dan anda sematkan di media sosial sehingga customer yang bertanya kepada anda dapat langsung memperoleh petunjuk tentang penggunaan sebuah produk

Bukan hanya itu saja seorang customer dapat langsung melihat media sosial yang memberikan sebuah tutorial petunjuk terhadap produk-produk atau layanan yang Anda berikan secara lengkap

Demikian anda harus berinteraksi dengan customer Anda secara digital

Demikian juga hal itu kita buat supaya mereka mengerti bahwa kita memberikan sebuah pelayanan yang maksimal dengan menggunakan berbagai macam cara agar customer dapat secara langsung dan secara cepat mendapatkan informasi terhadap produk atau jasa yang kita berikan

Berbagai media sosial sudah dilengkapi dengan berbagai space untuk kita membuat konten membuat model tertentu dalam sebuah media periklanan

Sehingga kita dapat menggunakan hal tersebut untuk membantu kita memasarkan produk sekaligus kita menolong customer kita yang merupakan pelanggan perusahaan baik yang lama atau yang baru untuk secara cepat dapat mengakses informasi pada media-media sosial atau media-media digital

Zaman telah berubah ketika zaman dahulu kita melakukan sebuah proses yang namanya pelayan pada customer secara langsung dapat berinteraksi dan kita melayani satu persatu customer tersebut sehingga mendapatkan informasi yang sesuai

Digitalisasi ini hal tersebut sudah tidak digunakan karena tentu saja sejak covid 19 raja rela juga hal tersebut sudah banyak perusahaan-perusahaan yang melakukan proses periklanan atau advertising atau kampanye terhadap produk-produk mereka lewat media sosial

Maraknya informasi berupa berupa konten-konten dari para influencer yang menjajakan produk-produk yang diberikan oleh produsen akan memberikan sebuah pandangan baru terhadap media periklanan

Artis-artis yang dulunya menggunakan media broadcast sekarang sudah menggunakan media sosial untuk melakukan proses pengiklanan terhadap barang-barang dari produser-produser besar

Media sosial adalah sarana yang digunakan untuk melakukan sebuah kampanye terhadap produk-produk tertentu atau jasa-jasa yang diberikan oleh sebuah company

Para influencer muda merupakan orang-orang yang mampu memberikan pengenalan terhadap produk atau jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan yang harus informasinya sampai kepada customer

Penggunaan konten-konten media sosial yang dilakukan oleh para influencer-influencer muda dalam memperkenalkan diri kemudian memperkenalkan produk hal ini merupakan salah satu metode perusahaan untuk memberikan produk-produk mereka di periklanan lewat para influencer

Tidak lupa para produser tetap mengembangkan branding dalam melaksanakan sebuah proses pengiklanan yang menggunakan para influencer

Tentunya ada trik-trik khusus yang diperlukan untuk memperiiklankan sebuah branding dengan menggunakan influencer-influencer muda yang mulai memperkenalkan diri pada media-media sosial yang marak pada era digital sekarang

Jadi kesimpulannya adalah bagaimana Anda memilih siapa yang akan menolong customer anda ketika anda memperkenalkan produk Anda itu adalah kunci yang pertama yang kedua adalah bagaimana anda berinteraksi dengan customer anda di era digital sekarang yang ketiga adalah bagaimana anda memperiklankan produk Anda dan diketahui oleh customer selanjutnya siapa yang dapat melakukan sebuah kampanye produk yang sesuai pada media-media sosial dan terakhir adalah bagaimana anda mampu memperkenalkan branding Anda menggunakan orang-orang tersebut sebagai influencer produk pada media sosial

Hal ini adalah bagian yang diperlukan untuk para usahawan-usahawan muda yang sudah mulai menggunakan media sosial sebagai alat untuk memperkenalkan produk mengembangkan produk

Hal hal tersebut dapat digunakan untuk produk-produk UMKM atau produk-produk besar di mana misalnya seseorang memperkenalkan jenis makanan atau panganan yang baru dibuat oleh sebuah resto yang dijalankan di sebuah tempat

Penggunaan media sosial untuk memperkenalkan resto tersebut dengan menu baru merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan

Untuk menjadi viral dalam menu tertentu makanya harus ada para influencer-influencer yang memperkenalkan menu tersebut agar orang mau mencoba menu makanan tersebut di restoran tersebut

Hal halmenarik harus dibuat dalam membuat sebuah menu makanan yang diperkenalkan lewat media sosial

Selanjutnya adalah bagaimana Anda harus mulai menghitung budgeting atau modal yang dipergunakan untuk membuat menu tersebut dengan harga jual yang sesuai

Ini perlu sebuah perencanaan dalam melakukan sebuah proses pengenalan menu dalam sebuah restoran sebagai contoh kegiatan

Harga yang terlampau tinggi dalam sebuah model perdagangan atau memberikan baru akan menjadi salah satu hambatan terkenalnya sebuah produk

Sehingga dalam hal ini diperlukan sebuah strategi khusus untuk memperkenalkan menu tersebut dengan harga yang murah dan enak

Dengan anda melakukan proses strategi marketing digital dalam memperkenalkan menu tersebut maka anda harus memberikan sebuah ekspektasi cukup besar terhadap barang yang akan dijual oleh anda

Terkadang Anda harus menyiapkan budgeting cukup tinggi karena bisa jadi ketika barang itu menjadi viral tentunya anda akan mendapatkan kesulitan untuk memenuhi keinginan customer yang mencoba barangnya atau menu yang anda berikan

Ketika customer merasa kecewa karena tidak mendapatkan barang atau menu yang diinginkan maka customer akan memberikan sebuah resume jelek terhadap hal-hal yang diberikan di media sosial

Selain itu kalau anda ingin menjual menu tertentu pada sebuah restoran tentu jangan lupa kalau seseorang ingin makan di tempat Anda harus memberikan suasana yang nyaman pada restoran tersebut dekorasi yang baik merupakan salah satu semesta yang baik di dalam sebuah model bisnis makanan zaman sekarang

Zaman sudah berubah ketika seseorang bukan hanya memiliki keinginan untuk makan tapi mereka menginginkan spot-spot bagus dalam sebuah lingkungan makan yang nyaman

Istilah Instagramable lupakan salah satu istilah baru yang kita harus perhitungkan di mana orang ingin hangout dan menikmati suasana resto yang baik

Fenomena ini dikenal dengan fenomena bagaimana seseorang mendapat spot foto di dalam sebuah lingkungan yang menyenangkan dalam proses mendapatkan service dan menikmati menu yang ditawarkan oleh restoran tersebut

Kenyamanan pada saat ini merupakan salah satu hal yang merupakan pokok pikiran ide yang harus betul-betul di implementasikan dalam sebuah tempat makan

Seseorang yang nyaman untuk makan dia akan memberitahukan pada orang lain untuk datang ke tempat itu karena tempatnya nyaman bukan karena makanannya yang enak kadang-kadang

Era digitalisasi ini foto merupakan salah satu alat tempur yang paling utama dalam memasarkan produk atau menu yang ingin kita tawarkan pada banyak orang atau customer kita

Kita bisa melihat di media sosial orang dengan bangga memaparkan Dia sedang makan di salah satu spot tempat makan yang menarik sekali dan mereka membuat sebuah teks lain yang bagus terhadap tempat tersebut

Apalagi dibantu dengan menu-menu baru yang lagi hit pada saat itu sehingga orang dapat mau foto lingkungan tempat yang nyaman dan berbagai hal yang lain yang merupakan pendukung dari Anda menyajikan sebuah produk menu baru tersebut

Jadi untuk para pengembang restoran hal ini sangat diperlukan dan tidak bisa diabaikan karena merupakan salah satu pokok dalam proses penjualan

Semoga pengetahuan di atas dapat membantu para pengembang usaha bidang kuliner pada saat ini

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun