Bila kita masuk pada bisnis tradisional kita akan melihat bahwa sebuah market biasanya disertai dengan penjualan produk
Contohnya kita masuk ke dalam sebuah pasar tentunya kita akan mengingat berbagai hal tentang produk-produk yang dijajakan dengan menggunakan berbagai display yang disediakan pada pasar tersebut
Selanjutnya kita mengenal istilah dengan penjaja atau pramuniaga yang menyediakan barang-barang tersebut dan menawarkannya pada konsumen yang lewat
Selanjutnya kita akan melihat berbagai banyak promosi yang disediakan oleh toko tersebut terhadap barang-barang yang disediakan entah itu promosi dari toko atau profesi dari pabrikan yang menyediakan diskon-diskon tertentu
Selanjutnya adalah kita akan melihat service yang ada pada toko tersebut baik pelayanannya yang ramah penyajian produk yang baik informasi juga garansi yang diberikan pabrikan kepada kita.
Hal tersebut kita akan melihat dalam bentuk pasar yang disebut dengan tradisional marketplace
Tentu saja hal di atas bermaksud untuk memperbaiki atau mengembangkan komunikasi atau asas penjual dan pembeli
Sehingga kalau kita bisa melihatnya secara baik komunikasi antara pembeli dan penjual di sana memiliki ruang
Ada penilaian sebuah model digital marketing pak ini juga merupakan salah satu faktor yang diperhatikan di mana virtual communication space diperlukan
Virtual communication space ini diperlukan untuk menjalin nilai-nilai komunikasi antara penjual dan pembeli yang biasanya kita kenal dengan berbagai hal yang di berikan oleh para provider e-commerce seperti misal memberikan bintang memberikan status feedback dari pembelian barang dan berbagai hal lain sehingga komunikasi antara penjual dan pembeli berjalan dengan baik
Disediakan sebuah forum diskusi antara penjual dan pembeli hal itu juga merupakan salah satu dasar virtual communication space
Hal lain yang penting dari kita melihat sebuah marketplace secara tradisional adalah virtual information space yang disediakan oleh para developer e-commerce
Ini tidak lain adalah untuk memberikan gambaran terhadap produk yang diperjualbelikan seperti memberikan space untuk display barang-barang berupa foto-foto yang disajikan untuk customer dapat melihat secara langsung benda yang diperjualbelikan atau objek yang diperjualkan atau produk yang dijual belikan
Display etalase pada sebuah e-commerce sangat penting untuk mengkomunikasikan antara produk yang dijual dengan konsumen yang ingin memilih produk tersebut baiknya sebuah display produk dalam sebuah e-commerce akan menunjang penjualan dari produksi tersebut
Display dari sebuah desain produk juga diperlukan sehingga bentuk-bentuk display produk tersebut dapat menarik perhatian konsumen sehingga produk tersebut banyak di review dan dilihat oleh berbagai konsumen
Hal lain yang perlu diperhatikan dari sebuah digital communication dalam elektronik komersial adalah virtual transaction space yang diperlukan untuk konsumen dapat melakukan transaksi jual beli secara tepat dan baik
Hari ini kita bisa lihat dari model-model yang disajikan oleh e-commerce terhadap barang-barang yang diperjualbelikan kemudian diberikan kemudahan dalam proses transaksi menggunakan berbagai finansial teknologi dan model pembayaran yang lebih fleksibel
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tentu saja distribusi yang kita kenal dengan virtual distribution space di mana kita dapat mengontrol atau melihat sendiri barang yang sudah kita beli dan dikirim oleh pihak distributor ke tempat tujuan kita
Berbagai tracking barang yang kita sudah beli disajikan oleh pihak e-commerce agar pembeli dapat melihat sendiri perjalanan barang yang sudah dibeli
Artinya dalam sebuah kapasitas digital komunikasi atau digital komersial berbagai hal yang perlu diperhatikan antara lain adalah perancangan dari antarmuka atau tampilan dari e-commerce itu sendiri di mana harus dapat memaksimalkan space yang ada dan mengefektifkan kerja dari e-commerce tersebut
Dan tentu saja tidak lupa dari penggunaan yang simple dan mudah serta humanity tidak terlampau ribet atau mengalami kesulitan dalam menggunakannya
Rancangan antarmuka ini dapat mempengaruhi pengunjung dalam sebuah e-commerce apabila dirancang terlalu rumit
Selanjutnya adalah bagaimana e-commerce tersebut dapat menawarkan barang-barang dengan baik pada konsumennya
Bila kita dalam pasar konvensional mengenal pramuniaga tentunya dalam sebuah proses digital kita mengenal proses bisnis intelijen yang terus dikembangkan dalam proses jual beli atau komersial
Penawaran iklan ini kita sudah banyak bahas di dalam berbagai kesempatan diantaranya dengan media sosial
Selanjutnya adalah fasilitas-fasilitas pemesanan dari konsumen yang perlu diperhatikan dalam mendesain sebuah model pemesanan barang
Catatan-catatan keranjang yang kita biasanya lihat dalam sebuah pemesanan merupakan per hal yang perlu diperhatikan dalam pendesainan sebuah e-commerce
Kemudahan-kemudahan dalam model pemesanan dan selanjutnya dilakukan dengan fasilitas pembelian yang baik
Berbicara pembelian tentunya kita akan bicara tentang bagaimana mempunyai fleksibilitas pembayaran terhadap barang-barang yang telah dipesan
Selanjutnya bagian dari fasilitas pengiriman yang juga merupakan bagian yang penting dalam bisnis e-commerce diantaranya adalah pihak ketiga yang bekerja sama dengan e-commerce tersebut
Sehingga dalam bisnis digital atau transaksi digital di era sekarang hal ini sudah sangat mutlak diperlukan oleh masyarakat informatif
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI