Dalam dunia bisnis kita mengenal berbagai model manajemen bisnis tapi intinya kita harus memperhatikan beberapa faktor yang esensial dalam bentuk bisnis atau memasuki dunia usaha
Faktor-faktor tersebut merupakan esensial dari bisnis sehingga bila kita memperhatikan hal tersebut kita dapat mendapat gambaran secara jelas terhadap bisnis apa yang akan kita coba masuk atau akan coba kita kembangkan
Diantaranya adalah bila kita ingin memperkenalkan sebuah bisnis dalam bentuk produk atau jasa
Banyak aspek yang harus diperhatikan dari produk-produk tersebut bila ingin diperkenalkan di dalam sebuah bisnis
Produk adalah sebuah bagian dari esensi bisnis sehingga kita harus memiliki strategi khusus untuk menciptakan produk dan mengembangkan produk itu sendiri sehingga pada saat produk dilepas di pasaran kita memiliki goal yang tepat
Sehingga dalam pemilihan strategi produk tim manajemen biasanya melakukan riset terhadap produk yang ingin dikembangkan atau bila kita ingin membuat sebuah usaha kecil seperti coffee shop usaha kuliner atau warung dan berbagai bentuk UKM lainnya tetap kita harus mengadakan riset terhadap produk yang ingin dikembangkan dan dijual ke pasaran
Banyak kesalahan terjadi pada para entrepreneur yang berusaha untuk memperkenalkan produknya di pasaran alhasil produk tersebut tidak dapat diterima di pasar karena kekurangan riset dan kurangnya strategi dalam mengembangkan produk tersebut
Sebuah perusahaan besar pun melakukan sebuah riset pada sebuah daerah saya ambil contoh produk-produk waralaba dari luar negeri yang masuk ke Indonesia cita rasa asli dari produk tersebut di negara asal tidak seperti itu tetapi dengan riset yang cukup tajam di negeri kita maka rasa dari produk tersebut sudah dapat diterima oleh lidah orang Indonesia
Saya ambil produk-produk dari waralaba Dunkin donuts misalnya asli dari rasa Dunkin donuts di negara asalnya tidak begitu manis tetapi begitu masuk ke Indonesia rasa manis pada donat tersebut ditambahkan hampir 5 kali lipat
Hal ini terjadi karena adanya faktor riset dari perusahaan tersebut sebelum ingin mengembangkan sayapnya di Indonesia
Atau mungkin anda melihat sebuah warung Kentucky fried chicken yang menyediakan nasi sebagai salah satu menu hidangan pokok teman ayam goreng yang ditawarkan
Hal ini dapat kita lihat mereka melakukan kombinasi sesuai dengan kebiasaan atau habit dari orang-orang Indonesia
Demikian juga pada saat kita ingin mengembangkan produk perlu ada pemilihan dari produk-produk yang sesuai dengan kultural suatu daerah atau geografis suatu daerah terhadap produk tersebut
Ini diharapkan jadi lebih mudah memasuki segmen pasar secara kultural dan geografis di daerah tersebut
Perencanaan produk yang ingin diberikan kepada suatu daerah harus dirancang sedemikian rupa agar kita memiliki gambaran secara menyeluruh terhadap produk yang ingin dipasarkan
Selanjutnya sebuah produk melekat dengan nilai-nilai kualitas dari produk tersebut. Hal tersebut diperlukan untuk menjamin brand dari produk tersebut.
Kualitas dari suatu produk diperlukan untuk menjaga relasi antara customer dengan produsen dengan nilai kualitas yang tinggi bisa memperpanjang umur relasi customer dengan konsumen dengan istilah langganan
Tapi tidak lepas dari geografik dan kultural masyarakat di daerah tersebut juga sebagai contoh saja terkadang masyarakat di negeri kita lebih suka dengan harga yang murah dan tidak memperhatikan mutu
Hal ini menjadi bahan pertimbangan dari para produsen-produsen yang ada di luar negeri sehingga biasanya mereka lebih menawarkan fitur dibandingkan kualitas dari produk tersebut
Sehingga kita boleh lihat di pasaran kita sekarang lebih banyak produk-produk tidak bermerek dengan kualitas yang tentu saja tidak mumpuni dalam sebuah produk yang seharusnya
Berbeda dengan pasar Eropa yang tentunya memiliki nilai tersendiri dari sebuah produk maka dengan itu nilai geografik dan brain mind dari pembeli harus dipikirkan
Dalam sebuah produk elektronik pemilihan pemilihan teknologi dan fitur-fitur juga merupakan salah satu bentuk yang perlu diperhatikan oleh para produsen terlihat dari penjualan gadget di tahun-tahun digitalisasi ini berbagai bentuk gadget yang ditawarkan dengan fitur-fitur yang mewah akan banyak dibeli oleh konsumen
Dan masih banyak lagi aspek-aspek dari produk yang harus diperhatikan oleh para produsen sebelum memasuki pasar di suatu daerah atau pasar global yang sekarang saat ini sudah merupakan bagian dari target pasar dari berbagai produsen dalam dan luar negeri
Aspek kedua yang perlu diperhatikan dalam sebuah bisnis adalah persen atau orang yang menjalankan bisnis tersebut. Atau orang yang ada dalam bisnis tersebut dalam artian dia bekerja
Dalam sebuah penilaian persen atau orang yang masuk dalam kategori sebuah bisnis adalah bagaimana seseorang itu memiliki produktivitas dalam melakukan sebuah kerja penilaian produktivitas adalah penilaian secara objektif terhadap seseorang yang melakukan sebuah proses dalam dunia kerja
Mungkin definisi di atas lebih model manajemen yang sulit untuk diterima tapi contoh sederhana saja misalnya kita membutuhkan seorang pramuniaga untuk membangun sebuah bisnis waralaba atau warung kecil berbasis penjualan kopi atau makanan-makanan ringan seperti restoran-restoran kecil
Seorang pemilik atau orang yang mengenal karakter pegawainya akan tahu menilai produktivitas dari seorang pramuniaga dalam menawari makanan atau menu dan melayani tamunya
Hal ini berhubungan dengan nilai-nilai service yang diberikan restoran tersebut atau warung muara laba tersebut kepada para pelanggan atau customer yang datang
Pelayanan yang ramah dari seorang pramuniaga atau waiters atau pelayan pada saat menawari menu sampai melayani makan dan billing ini diperhatikan untuk menarik konsumen yang datang ke dalam warung waralaba tersebut atau restoran
Itu salah satu contoh kecil yang bisa kita lihat dalam model produktivitas atau mungkin kita memperhatikan produktivitas dari seorang penyaji kopi atau coffee maker
Rasa dari kopi yang baik merupakan salah satu hal yang dapat menarik perhatian dari customernya untuk datang kembali mencicipi kopi kopi yang disajikan juga bila kita menyajikan atau membuka sebuah restoran makan tentunya kita memiliki menu-menu unggulan hasil dari produktivitas dari chief restoran
Hal ini berhubungan dengan quality dari produk yang dihasilkan dari chef tersebut sehingga produktivity bisa dihubungkan dengan quality yang dihasilkan oleh seorang juru masak anda dalam restoran tersebut
Kualitas produk yang tadi dibahas akan berhubungan dengan orang-orang yang menciptakan produk tersebut sehingga nilai dari personal yang bergerak dalam bisnis tersebut merupakan potensi yang besar dalam menghasilkan sebuah produk
Masalah geografis dari penyebaran produk merupakan ciri khas dari penentuan lokasi kita ingin menjual produk tersebut atau ingin memasarkan produk tersebut hal ini merupakan faktor yang juga tidak bisa dibiarkan tanpa ada riset dari pengembangan produk tersebut
Selanjutnya adalah bagaimana kita melakukan sebuah promosi dari sebuah produk seperti misalkan secara sederhana saja ketika kita membangun sebuah warung waralaba atau coffee shop kita bisa menyajikan event-event tertentu untuk para konsumen kita seperti live music dalam sebuah coffee shop hal tersebut diperlukan
Promosi-promosi dalam bentuk hiburan untuk menggandeng produk kita agar bisa masuk ke pasaran dengan baik tentunya kita harus melakukan sebuah pengembangan promosi dengan kampanye iklan yang cukup baik
Membuat event-event khusus dalam mempromosikan merupakan salah satu cara juga untuk mendongkrak penjualan atau memperkenalkan produk-produk yang ada pada masyarakat tersebut
Promosi pada zaman era digital ini bisa menggunakan media sosial seperti Instagram Facebook dan berbagai media sosial lain seperti misalnya WhatsApp secara pribadi membuat konten-konten di youtube untuk mendongkrak bisnis yang ingin dikembangkan di sebuah daerah
Sehingga dalam membuat sebuah usaha bentuk apapun kita memiliki gambaran secara utuh mulai dari perencanaan sampai ke implementasi produk tersebut dan bisa dinikmati oleh para pelanggan dan customer kita
Setiap produk tentu memiliki perbedaan dalam melakukan sebuah promosi atau penerapan dalam pasar
Hal tersebut di atas berlaku untuk jenis produk tertentu saja tapi tentu saja untuk model produk lain yang lebih besar atau spesifikasinya khusus memiliki terapan khusus dalam menjalankan sebuah bisnis
Tidak bisa semua bisnis bisa meratakan karena kita harus tahu terakhir tujuan atau goal dari bisnis tersebut apa?
Jadi dalam hal ini semua hal dalam sebuah bisnis perlu sebuah riset dan observasi secara tepat dalam mengembangkan sebuah bisnis dan semua masing-masing memiliki perbedaan-perbedaan tapi intinya tetap merupakan sebuah tujuan untuk menghasilkan profit atau keuntungan dari bisnis tersebut
Tentunya hal ini tidak lepas dari permodalan yang kita miliki dalam sebuah bisnis tapi tentu sebagai seorang pengusaha kita tidak boleh terkontak sama modal saja karena banyak hal modal merupakan bagian yang bisa dipertimbangkan dan ditaruh bukan pada model nomor satu
Perkembangan bisnis dimulai dari hal yang kecil dengan modal yang kecil pengembangan modal merupakan dari pengembangan bisnis tersebut atau struktur dengan kepemilikan modalnya
Modal juga merupakan hal yang dapat berkembang setelah bisnis itu berkembang dan dapat dikenal oleh masyarakat luas
Pengembangan bisnis memerlukan sebuah pengembangan manajemen yang baik seperti sebuah contoh ketika anda membuat sebuah bisnis mie goreng dan nasi goreng dengan menggunakan gerobak
Ternyata cita rasa Anda dalam membuat mie dan nasi goreng tersebut diterima oleh masyarakat sehingga Anda ingin membuat cabang dalam proses membuat cabang diperlukan sebuah manajemen yang berbeda dengan apa yang anda miliki sekarang
Pengembangan manajemen merupakan salah satu hal yang mutlak untuk mengembangkan bisnis yang modalnya sudah berkembang
Harapan dari sebuah bisnis tentunya adalah perkembangan bisnis dan perkembangan dari profit perusahaan
Sehingga pergerakan modal itu harus disertai dengan pergerakan manajemen
Manajemen dalam hal ini khususnya digunakan untuk kontrol terhadap faktor-faktor bisnis yang harus dijalankan
Faktor-faktor bisnis tersebut yang sudah kita lihat di atas
Menjalankan satu warung waralaba berbeda dengan menjalankan lebih dari dua warung waralaba
Sehingga model bisnis yang diterapkan pun harus berbeda walaupun produknya harus tetap sama pelayanan harus tetap sama orang yang mengembangkan bisnis harus memiliki nilai produktivitas dan kualitas yang sama
Yang berbeda adalah cara mengatur sebuah perusahaan
Dalam era digital ini perkembangan manajemen didukung dengan perkembangan sistem informasi sehingga kita tidak terlalu khawatir dalam mengembangkan dunia usaha
Bantuan sistem informasi yang dapat dikerjakan secara online dapat kita rasakan dalam memajukan dan mengembangkan perusahaan lebih luas lagi
Bantuan teknologi diperlukan pada pengembangan sebuah manajemen sehingga kita dapat mengontrol sebuah perusahaan yang berkembang sesuai dengan skala modal yang dimilikinya
Jadi demikianlah sekelumit tentang dunia bisnis dan aspek-aspek apa yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis
Salam dunia usaha
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H