Pada model bisnis tertentu kita mengenal berbagai konsep penjualan dan pembelian. Bahkan dalam segmen teori ekonomi kita mengenal banyak sekali tatanan ekonomi yang harus digelar pada saat kita berbisnis.
Maksudnya adalah pada saat kita berbisnis kita harus mengetahui berbagai pola bisnis itu secara utuh agar kita mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan apa yang kita targetkan.
Permasalahan-permasalahan dalam dunia bisnis dievaluasi dengan berbagai konsep dan metode. Pengembangan-pengembangan bisnis terus dikembangkan dari generasi ke generasi
Berbagai pola pikir dikembangkan dalam dunia bisnis
Setiap dekade atau zaman memiliki pola bisnis masing-masing walaupun kadang kita melihat hanya menggunakan satu buku atau satu referensi saja untuk melakukan sebuah bisnis selanjutnya adalah bagaimana pengembangannya di lapangan
Tapi kelanjutan konsep bisnis tentunya sangat besar dan cukup rumit dicatat dari berbagai literatur
Beberapa waktu ini ada sebuah pembicaraan tentang literatur dan konsep bisnis yang terjadi di masyarakat global atau masyarakat dunia
Konsep bisnis ini menyangkut pada berbagai aspek mulai dari proses produksi pemasaran atau promosi sampai ke proses transaksi
Sampai perkembangannya makin melebar ke proses pengiriman atau distribusi
Tapi tentunya pada titik tertentu berbagai teori ekonomi sekarang sudah mulai mundur dan mulai mengkaji ulang pengembangan bisnis yang selama ini dipegang oleh model perekonomian konvensional
Model bisnis pada era digitalisasi ini mengalami perubahan besar dari mulai perintisan bisnis sampai dengan pengembangan bisnis
Model transaksi jual beli yang menggunakan proses digitalisasi proses transaksi yang dilakukan sudah melakukan proses transaksi online sistem pembayaran yang dilakukan secara digitalisasi menggunakan berbagai perangkat perbankan dan financial teknologi lainnya
Teknik pemasaran yang dilakukan di berbagai media sosial merubah model pemasaran yang dilakukan secara konvensional dan media broadcasting yang dulu sering dilakukan oleh para produsen untuk memperkenalkan produknya
Perubahan-perubahan dasar dari model bisnis secara mendunia sudah merubah konsep pengembangan bisnis dan perubahan model secara ekonomi
Kita sudah tidak bisa menggunakan model-model lama untuk berbisnis di dunia digitalisasi
Memperkenalkan produk tidak lagi dari mulut ke mulut tapi sudah menggunakan perangkat digital yang kita miliki di media sosial
Memperkenalkan jasa yang kita ingin tawarkan juga tentunya menggunakan media digital
Boleh dikatakan model seperti ini adalah model transaksi digital
Tentu saja dalam prakteknya ini akan merubah berbagai pola perdagangan dan transaksi yang dilakukan oleh masyarakat
Sehingga perubahan-perubahan pada model atau jaringan dari sistem bisnis berubah menjadi digitalisasi seperti misalkan penggunaan website untuk melakukan sebuah proses bisnis
Dari website tersebut kita berkembang menjadi sebuah web store di mana kita dapat melakukan sebuah transaksi lewat sebuah website untuk sebuah pembelian barang misalnya kalau anda melihat sebuah web store Eiger atau web store matahari
Tentu banyak sekali contohnya kita dapat melakukan sebuah model seluncur di dalam mencari sebuah produk yang diperlukan dalam sebuah web store seperti kita memasuki sebuah toko
Kita bisa lihat bahwa matahari group sudah tutup di kancah penjualan era departemen store dan mall merambah ke dalam bentuk digitalisasi
Kenapa hal tersebut dilakukan salah satunya adalah biar bisa mereduksi biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan untuk menawarkan sebuah produk lewat mall atau gedung-gedung yang disewa
Biaya yang dikeluarkan untuk sumber daya manusia sewa gedung pemakaian energi dan lain sebagainya merupakan beban dari sebuah perusahaan
Dengan menggunakan model digitalisasi tentunya kita akan mendapatkan perusahaan mengurangi banyak sekali biaya
Sehingga boleh dikatakan bahwa era digitalisasi pada zaman ini benar-benar digunakan oleh berbagai perusahaan besar ataupun kecil
Penggunaan e-commerce seperti Tokopedia Lazada shopee dan lain sebagainya merupakan bagian dari proses perubahan sistem penjualan pembelian marketing dan lain sebagainya
Sehingga boleh dikatakan model ekonomi lama tidak dapat lagi bertahan di era digitalisasi
Penggunaan model pemasaran dengan menggunakan media sosial berupa Facebook Instagram Twitter dan berbagai hal lain yang dapat digunakan untuk memperkenalkan produk dari sebuah perusahaan lewat berbagai influencer menggantikan teorema penggunaan model broadcasting pada media-media televisi konvensional
Channel channel YouTube para influencer yang merupakan bagian dari sistem pemasaran para influencer influencer muda untuk memperkenalkan berbagai produk dari pabrikan hal ini juga banyak digunakan oleh para produsen untuk memperkenalkan produknya
Bentuk-bentuk brosur yang dulu merupakan brosur kertas cetakan sekarang sudah dirubah menjadi bentuk brosur dan flayer-flayer digital
Tayangan-tayangan film-film terkenal tidak lagi lewat media broadcast sekarang sudah mendapat tempat di channel-channel seperti YouTube sehingga media iklan dan advertising lari ke media streaming
Sekarang dunia tidak memerlukan lagi tempat secara fisik tapi memerlukan tempat secara virtual di dunia maya untuk memperkenalkan produk-produknya dan memperjualbelikan produk-produk atau jasa
Peran media digital pada saat ini merupakan peran yang penting dalam periode ekonomi digital
Pada sebuah model bisnis tentunya akan tercipta satu alur permodelan yang harus dikembangkan diantaranya adalah bagaimana sebuah perusahaan secara real dapat berkembang dengan menggunakan proses riset and development terhadap produk atau jasa yang akan dilepas ke pasaran
Banyak faktor-faktor penting yang harus dikembangkan dalam sebuah produk di era inovasi digital pada saat ini di mana informasi merupakan bagian yang penting untuk mendapatkan kritik-kritik terhadap produk yang dilepas ke pasaran sehingga ini menjadi pemicu untuk sebuah proses pengembangan dari sebuah produk berbentuk inovasi makin berkembang
Produk tersebut akan dinilai oleh pasar dan mendapatkan posisi tersendiri dalam sebuah segmentasi pasar
Sehingga kita bisa menganalisa sistem penyebaran produk kita sesuai dengan pola-pola yang sudah terbentuk dari nilai-nilai pasar dan konsumen yang beragam
Baru kemudian kita dapat berpikir tentang revenue atau profit atau keuntungan yang dapat diraih oleh sebuah produk yang telah diluncurkan
Pada perjalanan bisnis di atas yang merupakan bagian dari proses ekonomi perubahan-perubahan yang terjadi pada saat ini sudah mencakup nilai-nilai digitalisasi dengan tujuan yang seperti contoh matahari group yang berubah menjadi sebuah web store
Tujuan utama dari sistem digitalisasi adalah mampu mengurangi biaya-biaya pokok pada proses transaksi penjualan pemasaran dan berbagai hal lain dengan tujuan transaksi penjualan dan pembelian
Itu hanya baru sekelumit dari apa yang ditawarkan oleh dunia digitalisasi masih banyak lagi keuntungan yang diperoleh dari model digitalisasi
Hal tersebut kita mengenal dengan pola-pola elektronik bisnis atau kita mengenal dengan sistem transaksi elektronik komersialisasi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H