Mohon tunggu...
JW
JW Mohon Tunggu... Dosen - Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Hanya manusia biasa yang ingin mencoba mengapresiasi diri dengan menulis dan membaca secara sederhana , terkadang tulisan menerka dan menganalisa tanpa standarisasi hanya fenomena atau cerita fiksi hanya angan dan sedikit impian

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pembeli adalah Raja versi Digital CRM

14 Oktober 2022   16:14 Diperbarui: 14 Oktober 2022   16:23 511
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Kita suka mengenal istilah pembeli adalah raja di mana dalam sistem penjualan memperlakukan pembeli atau konsumen kita sebagai raja
Maksudnya seperti apa pembeli adalah raja diantaranya adalah kita memperlakukan pembeli kita dengan ramah memberikan fasilitas-fasilitas penjualan yang baik untuk membeli kita dan memberikan barang dagangan dan informasi yang terbaik untuk pembeli kita

Sama dengan hal ini tentu kita akan mendapatkan seorang pembeli langganan ya nanti kemudian akan balik lagi ke tempat penjualan kita
Tentu saja hal ini merupakan hal yang pokok dalam sebuah sistem penjualan. Penjualan yang dilakukan secara manual artinya orang datang bagaimana bila penjualan tersebut adalah penjualan berasal dari elektronik komersial dan transaksinya menggunakan elektronik bisnis

Perlakuan seperti apakah yang akan didapatkan seorang konsumen dalam hal berbelanja menggunakan elektronik komersial atau e-commerce
Salah satu sistem yang ada di e-commerce adalah bagaimana promosi dapat dilakukan secara digitalisasi di mana promosi itu kita sekarang mendapatkan banyak sekali dari berbagai platform

Promosi bisa kita dapat dari media sosial yang kita pegang contohnya bisa mendapatkan promosi dari Instagram yang kita gunakan untuk kita mengupload foto kita melakukan rekaman sebentar atau media sosial Tik tok atau Facebook dan banyak lagi media sosial yang menyajikan berbagai macam promosi

Dalam era digitalisasi promosi sudah masuk ke dunia streaming dan digitalisasi YouTube juga merupakan salah satu platform video yang banyak digemari oleh banyak orang di mana platform ini menyajikan banyak sekali media-media yang akhirnya menjadi media digital di dalam platform YouTube
Sehingga media ini juga menyajikan berbagai iklan dan promosi

Sekarang promosi sudah banyak kita dapati berbasis bisnis intelijen seperti contohnya misalnya kita yang memesan beberapa barang di, sekarang sudah bisa menikmati iklan atau ingatan-ingatan tentang perbelanjaan kita yang dibantu oleh browser kadang muncul sendiri di dalam media sosial kita atau platform lain

Contohnya bila anda memesan sebuah barang di e-commerce tapi tidak jadi beberapa hari kemudian Anda coba membuka media sosial anda maka media sosial biasanya menawarkan kembali barang yang tidak jadi anda pesan atau dalam arti kata secara bisnis intelijen Anda diingatkan bahwa barang tersebut masih ada dengan model yang berbeda

Hal lain yang diberikan oleh customer relation management adalah payment atau pembayaran dengan mempermudah berbagai model pembayaran menggunakan elektronik bisnis tentu saja akan membantu pelayanan bidang pembayaran

Berbagai platform yang diberikan kepada elektronik komersial untuk pembayaran pembayaran menggunakan model digital sudah banyak kita kenal
Demikian perbankan juga menyajikan berbagai bentuk dan model pembayaran dan pihak-pihak ketiga di mana finansial teknologi memberikan layanan-layanan pembayaran untuk membuat sistem penjualan anda menjadi fleksibel

Selanjutnya tentu saja customer relation management memberikan technical service dalam model pelayanannya di mana crm akan memberikan berbagai bentuk layanan pengendalian data terhadap customer

Dalam hal ini perusahaan akan mendapatkan kemudahan untuk mengenal pelanggan-pelanggan berbasis customer relation management dengan melihat aktivitas para langganannya

Banyaknya pelanggan pelanggan yang sudah ada di sistem penjualan e-commerce atau di dalam media sosial atau pelanggan yang langsung menikmati produk di dalam sistem penjualan terutama untuk barang-barang yang memiliki garansi yang penjualannya melakukan registras
Pelanggan memiliki data sehingga langganan langganan selalu mendapatkan informasi terbaik dari profil penjualan dan selalu mendapat prioritas prioritas dalam memiliki informasi terhadap produk barunya

Crm membantu memonitoring berbagai bentuk penjualan dan karakter-karakter customer yang melakukan proses pembelian terhadap produk atau jasa yang dimiliki perusahaan

Atau customer relation management juga memiliki monitoring terhadap pemasok pemasok yang baik dan menjadi langganan dari sebuah perusahaan hal ini di data dengan baik dan memberikan sebuah laporan monitoring terhadap barang atau jasa yang sudah dikeluarkan perusahaan
Crm yang baik memiliki key performance indicator dalam mengelola customer

Salah satu pengelolaan yang menjadi indikator di dalam cm berbasis big data yang sekarang sedang dikembangkan oleh berbagai perusahaan adalah feedback pelanggan terhadap produk dan jasa yang dikeluarkan perusahaan

Bentuk feedback atau kendali komentar notice dari para pelanggan terhadap produk itu digunakan oleh perusahaan untuk mengevaluasi produk dan jasa yang mendapat komentar dari para penggunanya
Pengelolaan data big data di dalam proses ini merupakan faktor penting untuk menganalisa produk dan jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan

Beberapa hal keunggulan dari penggunaan customer relation management service diantaranya adalah bentuk operasional sebuah perusahaan mendapatkan kemampuan untuk self force automation

Dengan menggunakan bisnis intelijen sauce force automation dapat dilakukan di berbagai platform browser yang dikenal oleh para pengguna internet
Media sosial merupakan salah satu tempat di mana self force atau mission dapat dilakukan hal ini juga dapat membantu model marketing automation di dalam sebuah penjualan

Pencapaian dari sebuah nilai marketing merupakan salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah perusahaan
Beberapa model artificial intelligence juga sudah banyak dibuat untuk menggunakan service otomation terhadap pelanggan yang ada
Pembuatan robot software dalam melayani pelanggan salah satunya digunakan untuk mempermudah service pada pelanggan yang menggunakan produk tersebut

Sebagai contoh Anda membeli sebuah perangkat printer salah satu merek Canon atau hp Anda dapat memasuki web yang berbasis service otomation atau support automation yang biasanya Anda mengenal dengan istilah bagaimana anda mendapatkan panduan bila mengalami kesulitan terhadap produk tersebut
Panduan tersebut semi otomation tapi dibantu oleh software

Hal lain dalam bentuk software customer relation management adalah analisis terhadap data warehouse dalam perusahaan dengan menggunakan customer relation management mode analisis dapat dilakukan di proses penyediaan barang atau data warehousing yang biasanya dikenal dengan pengendalian dan controlling terhadap barang yang akan dijual hal ini dikenal dengan istilah inventory control

Kayu tentu tidak hanya di dalam sebuah produksi saja tetapi juga analytical bisa berlaku pada berbagai titik pemasaran di seluruh dunia terutama perangkat-perangkat elektronik yang penjualannya ke seluruh dunia

Pengendalian online analytical processing juga merupakan salah satu keunggulan dari customer relation management yang dapat mengelola pola perkembangan penjualan pola peningkatan penjualan pola controlling penjualan dan berbagai hal tentang penjualan atau pola pengembangan service dari perusahaan dan dapat mengevaluasi model-model manajemen berbasis customer dalam sebuah perusahaan

Dalam hal lain di dalam perusahaan keberuntungan customer relation management adalah dapat melaksanakan kolaborasi yang baik di dalam sebuah manajemen yang terdiri dari berbagai divisi

Membentuk channel-channel manajemen yang tepat untuk mengkondisikan sebuah departemen di setiap perusahaan baik di pusat atau di cabang-cabang perusahaan dan cabang-cabang penjualan

Demikian juga cara membantu memperlancar aliran aktivitas dalam sebuah perusahaan demikian juga customer relation management membantu proses pengolahan dokumen dalam sebuah perusahaan

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun