Terlibat dalam sebuah pembicaraan serius tentang ekonomi global atau kalau dispesifikan lagi menjadi ekonomi digital
Ekonomi digital dimana semua transaksi dan segala kegiatan ekonomi dilakukan secara digital bukan menggunakan sebuah laptop lagi bahkan sekarang sudah menggunakan Smartphone pertumbuhan penggunaan smartphone di berbagai negara sudah sangat tajam peningkatannya.Â
Dari sebuah nilai pan atasi kegiatan digital dari seluruh dunia Indonesia mendapatkan nilai 66% dibandingkan Eropa yang 95% tentunya Indonesia terlihat kecil tapi jangan dianggap remeh karena dari perbandingan itu penduduk Indonesia 270 juta jiwa dengan tanah terasi ke internet ternyata mencapai 338 juta jiwa hal ini tentu saja membuat sebuah fenomena baru dalam sebuah perkembangan ekonomi digital terutama di Indonesia
Artinya penggunaan peralatan digital pada era digitalisasi ini sudah sangat masih di mana kegiatan transaksi ekonomi dilakukan menggunakan digital. Tekanan pademi pada saat ini mempercepat proses digitalisasi ini diantaranya adalah penggunaan aplikasi aplikasi si digital untuk mempermudah transaksi jual beli
Belum lagi penggunaan media sosial di Indonesia merupakan pengguna cukup aktif dalam bentuk angka pengguna aktif masuk pada angka 160 juta jiwa pengguna media sosial
Tidak salah bila banyak perusahaan sekarang sudah masuk ke dalam marketing digital gimana sistem penjualan atau memperkenalkan produk untuk dijual dikenal dengan marketing digital sudah sangat marak dan banyak influencer yang masuk ke dalam dunia digital ini sebagai advertising atau media iklan
Pada suatu obrolan dengan para pengusaha dan kelompok usaha menengah dan besar mereka mempertanyakan seberapa besar peran digitalisasi dalam dunia usaha dalam dunia usaha beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti analisis penjualan secara digital sekarang sudah sangat banyak di di internet. Berbagai media menyajikan berbagai analisa penjualan
Bila dipertanyakan salah satu bisnis yang paling menggiurkan dalam sebuah media digital adalah permainan atau game. Kenapa bisa begitu beberapa jenis gini yang tentu saja pada saat-saat seperti ini sangat marak digunakan untuk melepaskan penat atau lelah sehabis bekerja bagi yang dewasa tetapi game ini juga sangat marak bagi anak-anak sehingga penjualannya dalam tahun 2020 mencapai 937 miliar dolar
Mengapa bisa seperti itu beberapa contoh saya ingin menjelaskan tentang penggunaan game ini tidak hanya semata-mata memainkan sebuah tokoh hero saja. Tapi contohnya beberapa perangkat seperti yang banyak dipakai oleh anak-anak kecil justru adalah pemakaian skin misalnya.Â
Penjualan skin ini bukan barang murah tapi mencapai nilai jutaan rupiah. Dalam sebuah obrolan dengan para anak-anak saya mendapati bahwa mereka sendiri sudah membelanjakan uang mereka dalam jumlah yang sangat besar untuk mendapatkan sebuah skin atau tokoh yang mereka harapkan mampu melawan banyak musuh dalam sebuah pertandingan
Kita tidak bisa melepaskan fenomena ini di era digital beberapa hal lain yang cukup besar adalah perubahan iklim di mana musik merupakan bagian hiburan yang perlu diperhatikan. Revolusi bidang musik ini sudah sangat dominan di platform digital. Banyak sekali orang sekarang terjun ke dunia digital untuk memperkenalkan musiknya dalam catatan 2020 mencapai 119 miliar dolar
Bila diperhatikan dari kegiatan penjualan e-commerce misalnya berbagai model atau tipe barang memang digemari dalam penjualan dan pembelian di e-commerce seperti misalnya produk fashion skin care elektronik makanan dan kebutuhan pribadi bahkan furniture merupakan salah satu yang menjadi sorotan dalam perkembangan ekonomi ini
Jumlah kenaikan penjualan juga cukup signifikan pada saat Pademi terjadi
Berbagai model transaksi juga menjadi sorotan dalam transaksi digital pada saat ini diantaranya misalnya penggunaan kartu kredit cash transfer bank e-money dan berbagai model fintech lainnya
Dari penggunaan peralatan yang dipakai oleh masyarakat Indonesia ternyata sudah mencapai 94-96 persen menggunakan mobile phone atau smartphone gimana peralatan ini mampu untuk digunakan berbagai transaksi digital dan berbagai pencarian terhadap produk yang diminati
Sehingga dapat kita ketahui bahwa masyarakat digitalisasi sudah terbentuk. Penggunaan internet sebagai sebuah kebutuhan pokok sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat baik di kota atau di pedesaan tidak heran angkanya menunjukkan 171 juta pengakses internet yang sudah masuk kategori pengguna internet aktif
Jadi tidak lain dan tidak bukan dalam penggunaan media digital ini ini yang sudah dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia bukan masyarakat awam terhadap teknologi
Penggunaan teknologi secara masif ini sudah diminati oleh berbagai kalangan baik anak kecil sampai dewasa ataupun orang tua
Ini sudah tidak dihindarkan lagi dari berbagai hal positif atau negatif nya media internet
Sehingga diperlukan sebuah tatanan yang baru memberikan sebuah nilai fenomena yang baik untuk penggunaan media internet ini baik untuk keperluan sosial cultural keagamaan ataupun dalam hal ini adalah bisnis yang menjadi fenomena utama penggunaan internet
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI