Mohon tunggu...
JW
JW Mohon Tunggu... Dosen - Menulis sesuatu yang menarik sehingga kita berfikir positif

Hanya manusia biasa yang ingin mencoba mengapresiasi diri dengan menulis dan membaca secara sederhana , terkadang tulisan menerka dan menganalisa tanpa standarisasi hanya fenomena atau cerita fiksi hanya angan dan sedikit impian

Selanjutnya

Tutup

Money

Mana E-Commers Terbaik?

26 April 2019   15:59 Diperbarui: 26 April 2019   16:04 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Daripada setiap hari disuguhkan dengan quick count pada pemilihan presiden dan wakilnya , saya iseng melakukan survei terhadap beberapa ecommerse  di Indonesia yang sedang gencar-gencarnya melakukan expansi bisnis di masyarakat

Beberapa yang kita kenal adalah BUKALAPAK , SHOPIE , TOKOPEDIA , BELIBELI, PEGIPEGI, TRAVELOKA dll

Saya mengambil beberapa saja , untuk saya survei siapa yang paling banyak di gemari dan orang berbelanja di sana . banyak faktor yang menarik pada saat berbelanja tentunya . itupun sempat di survei untuk mengetahui seberapa besar peminatan masyarkat di belanja online

Penyelenggara online pada saat sekarang bukan lagi penyelenggara belanja yang bermodal kecil , sekarang sudah menjadi penyelenggara bisnis skala besar .

Dari hasil survei pada pekerja muda di bawah umur 35 tahun , saya mencoba mengumpulkan data mana dari media perbelanjaan online ini yang menjadi vaforite para shoper online.

Ternyata yang menduduki peringkar pertama di gemari pelanggan adalah Sohie  mencapai nilai 43% pelanggan online memilih aplikasi online ini , yang kedua di duduki oleh Bukalapak 23% dan ke3 adalah tokopedia diambil dari 444 tanggapan yang saya lakukan dengan menggunakan google form  .

Beberapa ecommerse lain yang dipilih adalah LAZADA

ecommerse13-5cbc137da8bc151df67de814.jpg
ecommerse13-5cbc137da8bc151df67de814.jpg
Ecommers tidak berbeda dengan pasar yang kita kenal secara konvensional sekarang, seperti pasar tradisional atau Mall sebagai reperesntasi pasar modern . hanya saja mereka menciptakan pasar dengan tempat yang disediakan sebagai pusar perbelanjaan.

Nah apabila kita perhatikan ecommerse  adalah pasar yang di ciptakan sebagai pasar virutal , dimana kita berbelanja dengan menggunakan aplikasi yang dibuat seperti pasar . hanya saja kita tidak melihat bentuk asli dari barang yang akan di beli .

Bentuk barang yang di sajikan berasal dari promosi berupa foto barang yang di tampilkan para penjual . kemudahan pada saat bertransaksi , mencari barang yang di inginkan demikian pula banyaknya promo yang berhasil di buat menarik minat pembeli .

Data yang mendukung kemenangan dari pihah ecommers Shopie diantaranya adalah penyediaan konten hobi dari aplikasi , karena dalam kuisioner yang berhasil di sebar dan di tanggapi sebagai sampel , barang yang menempati posisi pertama dalam pembelanjaan adalah barang barang pemenuhan dari hobi

ecommerse1-5cbc13cd95760e38491243d2.jpg
ecommerse1-5cbc13cd95760e38491243d2.jpg
Pembelanjaan pada media online lebih disenangi dengan berbagai marchendaise hobi mencapai 48%, atau keperluan dari hobi masyarakat muda , justru keperluan essensial sehari hari menjadi faktor nomer 2 yaitu 33,8%

Nah dapat kita analis dengan sederhana saja , tentang media ecommers yang merupakan bagian perbelanjaan yang sedang trendi masa kini .apa saja yang menjadi faktor beberapa media ini digemari di pasar perbelanjaan jaman now

Beberapa faktor yang penting diantaranya adalah , harga yang bersaing dengan aplikasi lain bahkan bersaing dengan toko konfensional , jaminan mutu atas barang yang di beli , promo yang menarik , keamanan dalam bertransaksi dan pengembalian uang apabila tidak terjadi transaksi .

Jaminan jaminan tersebut adalah perjanjian yang dibuat antar penjual dan pihak aplikasi sebagai penyelenggara pihak pasar virtual

Layanan jasa pasar online ini semakin di gemari di kalangan generasi milenial . dan sekarang telah menjadi industri unicorn dengan omset 1 triliun lebih  

SELAMAT BERBELANJA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun