Daripada setiap hari disuguhkan dengan quick count pada pemilihan presiden dan wakilnya , saya iseng melakukan survei terhadap beberapa ecommerse  di Indonesia yang sedang gencar-gencarnya melakukan expansi bisnis di masyarakat
Beberapa yang kita kenal adalah BUKALAPAK , SHOPIE , TOKOPEDIA , BELIBELI, PEGIPEGI, TRAVELOKA dll
Saya mengambil beberapa saja , untuk saya survei siapa yang paling banyak di gemari dan orang berbelanja di sana . banyak faktor yang menarik pada saat berbelanja tentunya . itupun sempat di survei untuk mengetahui seberapa besar peminatan masyarkat di belanja online
Penyelenggara online pada saat sekarang bukan lagi penyelenggara belanja yang bermodal kecil , sekarang sudah menjadi penyelenggara bisnis skala besar .
Dari hasil survei pada pekerja muda di bawah umur 35 tahun , saya mencoba mengumpulkan data mana dari media perbelanjaan online ini yang menjadi vaforite para shoper online.
Ternyata yang menduduki peringkar pertama di gemari pelanggan adalah Sohie  mencapai nilai 43% pelanggan online memilih aplikasi online ini , yang kedua di duduki oleh Bukalapak 23% dan ke3 adalah tokopedia diambil dari 444 tanggapan yang saya lakukan dengan menggunakan google form  .
Beberapa ecommerse lain yang dipilih adalah LAZADA
Nah apabila kita perhatikan ecommerse  adalah pasar yang di ciptakan sebagai pasar virutal , dimana kita berbelanja dengan menggunakan aplikasi yang dibuat seperti pasar . hanya saja kita tidak melihat bentuk asli dari barang yang akan di beli .
Bentuk barang yang di sajikan berasal dari promosi berupa foto barang yang di tampilkan para penjual . kemudahan pada saat bertransaksi , mencari barang yang di inginkan demikian pula banyaknya promo yang berhasil di buat menarik minat pembeli .
Data yang mendukung kemenangan dari pihah ecommers Shopie diantaranya adalah penyediaan konten hobi dari aplikasi , karena dalam kuisioner yang berhasil di sebar dan di tanggapi sebagai sampel , barang yang menempati posisi pertama dalam pembelanjaan adalah barang barang pemenuhan dari hobi