Mohon tunggu...
Juliastri Sn
Juliastri Sn Mohon Tunggu... Administrasi - MomBloggerPreneur, Content Creator and Podcaster at Laughing with Juliastri Sn

Seorang yang aktif, dinamis dan menyukai hal-hal yang baru, unik dan berbeda dari yang sudah ada. Seorang pemimpi tingkat tinggi, pengkhayal dan suka berangan-angan yang kadang sulit diterjemahkan oleh logika.. Buat yang ingin mengenal saya lebih jauh, silakan kunjungi blog saya : https://juliastrisn.com https://angananganku.blogspot.com https://ourhobbiesblog.blogspot.com https://bisnisnekad.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

JNE Meraih 3 Penghargaan Lagi di Tahun 2023, Luar Biasa!

23 Oktober 2023   16:05 Diperbarui: 23 Oktober 2023   16:06 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : jne.co.id

Era digital telah membawa banyak perubahan. Salah satunya tentang konsep berbelanja konvensional yang secara perlahan tapi pasti mulai banyak yang beralih ke belanja online yang secara efisiensi waktu dan tenaga jelas lebih praktis. Lalu maraklah jasa ekspedisi antar barang dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dari sekian banyaknya layanan jasa kurir antar barang, yang paling konsisten dan eksis hingga saat ini menurut saya adalah JNE.

Saya ingat, di tahun 2002 saat saya bekerja di salah satu perusahaan distributor gawai, kantor kami sudah memakai jasa JNE untuk pengiriman dokumen-dokumen penting. Selama itu, kami merasa puas dengan layanannya yang cepat, bisa diambil ke kantor dokumennya, harganya pun terjangkau pula. Tak pernah JNE mengecewakan kami, dan kami pun menjadi pelanggan JNE yang cukup loyal hingga sekarang.

Perjalanan Panjang Karier JNE

Maka, ketika saya mendengar JNE mendapatkan 3 penghargaan (lagi) di tahun 2023 saya turut berbangga. Perjalanan karier JNE yang cukup panjang dari sejak berdiri tahun 1990 telah membuahkan hasil. Proses yang cukup panjang, tak mengkhianati hasil. JNE telah berhasil membuktikannya. Pada awal berdirinya, JNE merupakan perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. 

Lalu JNE mulai memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. JNE memisahkan divisi Logistik menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres di akhir tahun 2012.

Selanjutnya JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight mulai tahun 2013. Kemudian di tahun 2014, JNE melakukan optimalisasi Mobile Applications untuk meningkatkan service berupa trace tracking kiriman, kemudahan transaksi digital, Free Pick up dan COD. 

JNE mulai membangun E-Fulfillment di beberapa cabang yaitu Warehouse  Management System yang terintegrasi terkait warehousing, order fulfillment, technology development, shipping management dan delivery, menjadi solusi lengkap untuk para UKM di seluruh Indonesia pada tahun 2017. 

Di tahun 2020  JNE pun berinovasi dengan menyikapi perkembangan e-commerce, UKM dan perubahan daya beli masyarakat yang berubah sangat cepat serta dinamis. Maka dibangun Mega Hub JNE di area Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Dibangun diatas tanah seluas 4 hektar, Mega Hub (Automatic Sorting Center and Gateway System) ini akan memiliki kapabilitas menangani ratusan ribu paket per hari. 

Hingga saat ini JNE telah berkembang pesat dengan memperluas jaringan hingga lebih dari 8000 titik layanan di seluruh Indonesia untuk mendorong kemajuan UKM dan meningkatkan perekonomian nasional. Dengan melihat track record JNE, maka layak jika JNE mendapatkan banyak penghargaan dan apresiasi dari berbagai pihak. Karena memang JNE Bangkit Bersama masyarakat Indonesia.

Penghargaan Yang Layak Diterima JNE 

Selama 33 tahun berdirinya, JNE senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai berbagi, memberi dan menyantuni yang ditanamkan oleh Alm. Soeprapto Soeparno sebagai pendirinya. Tak mengherankan jika nilai-nilai luhur perusahaan ini telah membawa JNE hingga ke titik seperti saat ini. Tak tanggung-tanggung, 3 penghargaan kembali didapatkan oleh JNE belum lama ini. 

Ketiga penghargaan itu adalah :

1. Courier Of The Year

Sumber gambar : jne.co.id
Sumber gambar : jne.co.id

Ajang apresiasi bergengsi nasional ini diselenggarakan oleh  Supply Chain Indonesia. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua Dewan Juri Indonesia Logistic Awards 2023 yaitu Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D., IPU kepada M. Presiden Direktur JNE Feriadi Soeprapto, yang kemudian diwakilkan kepada Kurnia Nugraha, selaku Media Communication Department Head di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (12/10). 

Yang berhak mendapatkan apresiasi ini adalah individu, perusahaan, dan institusi yang menunjukkan prestasi dan kinerja yang unggul serta berkontribusi penting dalam perkembangan logistik nasional. Tentunya dengan mendukung berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan perusahaan logistik dan ekspedisi di Indonesia. Serta berhasil membangun kinerja yang kuat dengan melakukan strategi bisnis yang baik.

“Semoga penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis,” ucap Presiden Direktur JNE  M. Feriadi Soeprapto. Beliau pun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas apresiasi ini kepada Supply Chain Indonesia mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE.

2. CBF Indonesia Achievement Awards 2023 untuk kategori Best Performance Chief Executive Officer 2023 In Encouraging Corporate Culture Implementation To Through Provide Quality Logistic Services

Presiden Direktur JNE, Mohamad Feriadi Soeprapto menerima penghargaan dari CBF Indonesia Achievement Award 2023 bertempat di Royal Ambarrukmo Yogyakarta pada Jumat (13/10). Jahja B. Soenarjo, Pendiri dan Ketua Umum CEO Business Forum Indonesia menyerahkan penghargaan secara langsung didampingi oleh Muhamad Ihsan, CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Group. Turut menyaksikan Dr. Tanri Abeng, M.B.A, Rektor Tanri Abeng University selaku perwakilan dewan juri. 

Penghargaan diterima oleh Marsudi, Head Regional Jateng-DIY yang mewakili JNE. Pada malam penganugerahan ini, beliau mengenakan pakaian adat jawa lengkap. 

Sumber gambar : jne.co.id
Sumber gambar : jne.co.id

Malam apresiasi CBF Indonesia Achievement Awards merupakan rangkaian kegiatan CEO Insight 2023-2024 dan merupakan hasil kerjasama Warta Ekonomi dan CEO Business Forum (CBF) Indonesia. CEO Insight 2023-2024 menghadirkan beberapa narasumber salah satunya adalah Dr. Agustomi Masik, M.Dev.Plg selaku Direktur Perencanaan Makro Ibu Kota Negara yang menyampaikan peran sektor swasta dalam percepatan pembangunan IKN. 

3. Penghargaan Sustainable Development Goals (SDG) Award 2023 dalam acara AMA Leadership Summit bertema "Indonesia Leading The Way'  

Pada malam yang sama Ninil Indrasari, Branch Manager JNE Surabaya menerima penghargaan SDG Award 2023 di Whiz Luxe Hotel Spazio, Surabaya.  Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) adalah organisasi Asosiasi profesional Manajemen skala Nasional yang telah berdiri sejak 1990. Ninil hadir dengan didampingi oleh Armi Muriko selaku Head Sales Regional JTBNN bersama Adhitya Rizkiwardhana, Branch Manager JNE Sidoarjo serta Fikri Al Haq Facryana, Branch Manager JNE Medan.  

JNE memperoleh penghargaan SDG Award 2023 kategori Jasa Pengiriman dan Logistik. JNE dinilai telah berhasil menjalankan program CSR yang tidak hanya terbatas pada konsep lingkungan, tetapi juga terkait ekonomi. Salah satunya adalah  tentang bagaimana bisa membangun masyarakat sejahtera dalam konteks komunitas. 

 “Penghargaan ini tidak semata-mata pencapaian perusahaan, namun juga buah dari kerja keras manajemen dan karyawan serta dukungan seluruh pelanggan dan masyarakat”.   “Semoga penghargaan yang diraih ini menjadi motivasi agar JNE terus maju dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.”  Demikian ungkapan rasa syukur Mohamad Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE karena JNE kembali menerima penghargaan.

Seperti yang telah diketahui bersama, JNE memiliki komitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun lingkungan sekitar. Hal ini terbukti melalui dukungan JNE terhadap dunia pendidikan, seni, budaya maupun olahraga di seluruh Indonesia. 

“Harapan kami dimana JNE berada maka akan terbangun ekosistem yang baik sehingga memberikan dampak positif salah satunya pertumbuhan ekonomi” pungkas Feriadi.

Sumber gambar : jne.co.id
Sumber gambar : jne.co.id

Komitmen JNE

Dalam menjalankan berbagai kegiatan di perusahaan, JNE selalu mengusung semangat ”Connecting Happiness” dan prinsip Berbagi, Memberi dan Menyantuni dalam menjalankan berbagai kegiatan di perusahaan. Makna terdalam dari prinsip tersebut adalah dapat memberikan manfaat bagi kehidupan banyak orang, karyawan maupun masyarakat. 

Hal ini diwujudkan dengan program kolaborasi yang diselenggarakan untuk masyarakat luas sebagai dukungan nyata di bidang sosial, olahraga, budaya, sampai dengan program acara edukatif untuk pemberdayaan komunitas maupun UMKM.

Komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, untuk berkontribusi secara nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara, diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat. Pengembangan bisnis terus dilakukan dengan meningkatkan berbagai sektor penting agar JNE memiliki kualitas pelayanan terbaik, sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra, tutup Feriadi. 

Selamat dan sukses selalu JNE!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun