Semua pasti mengenal jasa ekspedisi pengiriman yang paling ngehits di Indonesia. Bisa nebak apa? Yes, seratus buat kamu yang menjawab JNE! Jasa pengiriman barang dan paket ini sudah menemani hari-hari saya dari sejak zaman baheula saat saya masih bekerja di salah satu distributor resmi handphone di tahun 2000-an awal. Pelayanannya yang cepat dengan harga yang cukup terjangkau, membuat kami merasa aman untuk mengirimkan dokumen-dokumen penting antar kota.
Tak heran dengan prestasi kerja dan komitmennya selama ini, JNE mampu terus bertahan dan berkembang diantara gempuran dan menjamurnya jasa pengiriman lainnya. Beberapa penghargaan pun telah diraihnya. Bahkan di bulan Mei 2023 ini, JNE memberikan kabar baik dengan kembali mendapatkan penghargaan bergengsi, yaitu Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service.
Acara ini diselenggarakan oleh Markplus Inc. MarkPlus Insight, sebagai salah satu divisinya telah menyelenggarakan survey Indonesia WOW Brand 2023. Survey ini dilakukan terhadap 6.584 responden di beberapa kota besar di Indonesia. Perlu diketahui bersama bahwa survey ini mengacu kepada konsep WOW Marketing. Yaitu konsep yang mengadopsi konsep pemasaran dari Prof. Philip Kotler, Father of Modern Marketing.
Sehingga berdasarkan hasil survey tersebut, terpilih brand-brand terbaik Indonesia dan mendapatkan predikat sebagai Indonesia WOW BRAND 2023. Ya maklum, di era konektivitas digital saat ini, perilaku pelanggan telah mengalami pergeseran dari proses pengambilan keputusan. Yang awalnya banyak dipengaruhi diri sendiri, sekarang mulai banyak yang beralih ke proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi secara sosial.
For Your Information (FYI), JNE berhasil menjadi juara karena menerapkan WOW Marketing berdasarkan skor Rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi dari merek - merek lain di Industri sejenis. Benar-benar Wow kan hasilnya. Top banget deh pokoknya. Saya jadi ikutan bangga atas penghargaan bergengsi yang telah diraih oleh JNE.
Jacky Mussry sebagai Chief Executive Officer MarkPlus, Inc. memberikan penghargaan secara langsung kepada JNE yang diterima oleh Kurnia Nugraha, selaku Head of Media Relation JNE Express di Hotel The Westin, Jakarta (11/5). Dan disaat yang sama untuk ke-delapan kalinya MarkPlus, Inc. mengadakan conference pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast, yang merupakan pestanya orang Brand di Indonesia.
Tema yang diusung dalam perhelatan ini adalah Branding for the Game Charger yang ada dalam acara WOW Brand Festive Day. Tahu nggak sih, acara ini merupakan sebuah festival pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast di Indonesia. Tamu yang  hadir ada sekitar 400 brand enthusiast yang terdiri dari lebih 300 Brand terbaik Indonesia. Acara semakin semarak ketika pembicara brand expert yang memaparkan konsep Brand terkini.
Dalam kesempatan ini juga JNE memberikan pemaparan mengenai "Boost Affinity by Brand Collaboration" yang selama ini dilakukan oleh JNE dalam mendukung strategi kolaborasi  oleh JNE. Acara ini dibawakan oleh Kurnia Nugraha sebagai Head of Media Relation JNE. Beliau mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang istimewa ini. Dalam pidatonya, beliau mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, serta mengucapkan terima kasih.
Ucapan terima kasih yang sebesar -- besarnya ini ditujukan kepada MarkPlus, Inc. dan MarkPlus Insight atas penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service".
Maka komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, akan selalu berkontribusi secara nyata. Tak dipungkiri selama 33 tahun, JNE mampu berperan aktif terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara. Hal ini diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang tentunya dapat menjadi peluang bagi masyarakat. Pengembangan bisnis terus dilakukan dengan meningkatkan berbagai sektor penting.
Harapannya agar JNE selalu memiliki kualitas pelayanan yang terbaik. Sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra. Kurnia juga menyampaikan bahwa tujuan utama  JNE  didirikan adalah dengan tujuan utama agar membawa manfaat bagi banyak orang, baik internal mau pun eksternal perusahaan sesuai dengan tagline kami yaitu, "Connecting Happiness".
Sehingga, penghargaan ini dapat menjadi motivasi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima. Harapannya dapat terus melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis. Kurnia pun berharap berbagai program dan langkah JNE, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Betul sekali, JNE harus mampu mengimbangi perkembangan zaman yang serba cepat ini.
Jika yang lain berjalan, JNE harus mampu berlari melaju kedepan. Segala inovasi dan kreasi harus mampu dikembangkan untuk mengimbangi segala perubahan zaman yang ada. Munculnya banyak pesaing atau kompetitor menjadi pemicu bagi jasa layanan logistic dan dokumen untuk selalu selangkah lebih maju dari yang lain. Pelayanan cepat, efisien, tepat guna dan pelayanan yang prima.
Tak hanya sebagai jasa layanan pengiriman yang sama dengan yang lainnya, JNE harus memiliki ciri khas yang menjadi pembeda dari jasa kurir yang lainnya. Pelayanan yang ramah pun harus menjadi koentji agar setiap customer merasa nyaman. Jika semua konsep itu terlaksana maka JNE dapat menjadi Connecting Happines  bagi siapapun, dimanapun dan kapanpun berada. Kinerjanya akan selalu memberikan kepuasan bagi para pelanggannya.
Berdiri sejak tahun 1990, artinya JNE telah tumbuh menjadi semakin dewasa di usia 33 tahun ini. Usia yang lagi lucu-lucunya dalam berkarya dan mengeksplor banyak hal.
Jaya selalu JNE!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H