"Inquiry Based Learning pada Materi Campuran Homogen dan Heterogen
 di Sekolah Pelosok"
Â
oleh: Julia Roli Sennang Banurea, S.Pd,Gr.
SD N 06 Ransi Dakan, Kabupaten Sintang, Kalbar.
      Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mengaktualisasikan 4C. Yakni berpikir kritis (critical thinking), berkomunikasi (communication), berpikir kreatif (creative thinking), dan kolaborasi (collaboration).
      Penerapan dari keempat skill tersebut, menjadi kecakapan yang dapat digunakan menghadapi ragam perubahan yang terjadi.
      Seperti implementasi model pembelajaran yang dilaksanakan di SD N 06 Ransi Dakan, Kec. Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Sekolah yang berada di daerah terpencil ini menggunakan inquiry based learning (pembelajaran berbasis inkuiri) dalam materi sains atau ilmu pengetahuan alam.
      Pembelajaran inquiry based learning ini dilaksanakan melalui praktikum sains. Tepatnya di ruang kelas yang juga sebagai ruang laboratorium sains.