Kelompok Gamalama 58 KKNT FIA UB saat memberikan sosialisasi kepada salah satu UMKM di Desa Kranggan secara door to door.
Pengabdian Kepada Masyarakat / Kuliah Kerja Nyata Tematik ( PKM/KKNT) merupakan bagian integral dari proses pendidikan tinggi yang bersifat wajib bagi mahasiswa program pendidikan S-1 dalam bentuk pengamalan ilmu, teknologi dan seni oleh mahasiswa kepada masyarakat di luar kampus.
Sebanyak 1.145 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya mulai melakukan kegiatan PKM / KKNT pada hari Senin tanggal 20 Juni 2022. Para mahasiswa ini dibagi ke dalam 60 kelompok dan ditempatkan di beberapa kecamatan di Kabupaten Malang. Salah satunya adalah kelompok 58 dengan nama Gamalama yang ditempatkan di Desa Kranggan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Luas wilayah Desa Kranggan adalah 507 hektar. Terdapat empat dusun dalam Desa Kranggan yang terdiri dari Kranggan, Sumberbeji, Sukorejo dan Kemuning. Terdapat beberapa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kranggan seperti usaha produksi jipang, katering, camilan, tape dan sebagainya. Dalam beberapa program kerja Kelompok Gamalama 58 yang dibimbing oleh Pak Endry Putra, S.I.Kom., M.I.Kom., salah satunya adalah digital marketing kepada pelaku usaha UMKM di Desa Kranggan.
Digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Digital marketing dilakukan untuk meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan pendapatan penjualan, menambah mitra dan mencapai tujuan merek. Jenis-jenis digital marketing di antaranya adalah website, online advertising, social media marketing, dan email marketing.Â
Dalam memperkenalkan digital marketing kepada pelaku UMKM di Desa Kranggan, Kelompok Gamalama 58 melakukan sosialisasi dan pendampingan penggunaan digital marketing secara door to door. Tidak seperti sosialiasi yang biasa dilakukan di forum-forum besar, tim KKNT Gamalama 58 FIA UB mengubah kebiasaan tersebut menjadi sosialisasi door to door yaitu sosialisasi yang dilakukan dari satu rumah ke rumah yang lain. Kelompok Gamalama 58 ini mendatangi beberapa pemilik UMKM di Desa Kranggan dan melakukan pendampingan secara intens.
Selain itu, sosialisasi serta pendampingan penggunaan digital marketing ini juga dilakukan secara door to door dengan maksud untuk mencapai keefektifan pelaksaaan program kerja dengan pelaku UMKM yang berpotensi secara lebih intens. Menurut salah satu pemilik UMKM di desa Kranggan (Dapur Bunda) yaitu ibu Neti, beliau merasakan dengan cara yang seperti ini bisa menjadi jauh lebih efektif karena beliau tidak perlu merasa malu dan sungkan untuk bertanya jika ada yang kurang faham tentang materi yang diberikan.
Adapun beberapa UMKM yang mendapatkan sosialisasi serta pendampingan digital marketing ini adalah UMKM Dapur Bunda (catering makanan), Rengginang Bhayu Putra, Jipang Cap Mawar Merah. Kelompok Gamalama 58 melakukan sosialisasi yang dimulai dengan presentasi terkait makna, tujuan, jenis-jenis digital marketing serta marketplace juga syarat dan ketentuan marketplace yang diinginkan pelaku UMKM tersebut.
Kelompok Gamalama 58 KKNT FIA UB saat melakukan pendampingan penggunaan digital marketing secara door to door kepada salah satu UMKM yang ada di Desa Kranggan.