Mohon tunggu...
Juju Wastia
Juju Wastia Mohon Tunggu... Guru - Pengajar

Pengajar di salah satu Sekolah Menengah bidang Kepariwisataan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mulai dari Diri Modul 2.1 Refleksi Individu Pembelajaran Berdiferensiasi

24 Oktober 2023   22:23 Diperbarui: 24 Oktober 2023   23:10 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

(Wastianingsih, S.Pd. CGP Angkatan 9 Tahun 2023 Kabupaten Indramayu)

SMK Pariwisata YAPPMI Jatibarang

2.1.a.3. Mulai dari Diri Modul 2.1

Salam Guru Penggerak---tergerak, bergerak, menggerakkan.

Pertanyaan Pemantik 1

Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya yang berbeda-beda?

Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda!

Saat ini, saya adalah guru mata pelajaran umum Bahasa Inggris di salah satu Sekolah Menengah bidang kepariwisataan di Indramayu. Saya mendapati keragaman karakter, keinginan, kebutuhan, minat/motivasi belajar, teknik belajar, latar belakang keluarga, dan sosial ekonomi murid-muird saya yang berbeda satu dan yang lainnya.

Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda?

                Untuk mengakomodir kebutuhan murid saya yang beragam, maka saya telah:

  • Melakukan assesment diagnosis atau pretest untuk mengetahui kemampuan awal murid kita;
  • Melakukan wawancara untuk mengetahui minat atau bakat, latar belakang keluarga, sosial ekonomi mereka;
  • Mengobservasi secara langsung sehubungan untuk mengetahui  profil belajar mereka;
  • Berbekal data dari wawancara dan observasi langsung tersebut, saya membuat rencana pembelajaran dengan menerapkan strategi yang mengakomodir kebutuhan belajar murid;
  • Melakukan penilaian berdasarkan kriteria tertentu;
  • Melakukan refleksi untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.

Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk Murid Anda?

                Agar proses pembelajaran lebih mudah bagi murid, saya telah :

  • Menggunakan model pembelajaran yang mampu mengakomodir kebutuhan belajar murid;
  • Menerapkan beberapa metode dalam pembelajaran;
  • Menggunakan beberapa sumber belajar yang berbeda;
  • Menggunakan media pembelajaran yang beragam;
  • Melakukan penilaian afektif, kognitif, dan psikomotor.

Saya tentu akan memberikan perlakuan berbeda setiap individu dalam proses pembelajaran. Hal ini saya lakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan belajar mereka.

Memberikan pengayaan atau pengetahuan lebih kepada mereka yang memiliki kemampuan belajar lebih baik dalam penyerapan materi pembelajaran. Sedangkan untuk mereka yang kurang dalam menyerap materi pembelajaran, saya akan mendampingi agar pemahaman mereka menjadi lebih baik.

Dampak positif dari kegiatan yang saya lakukan ini adalah, bagi murid-murid yang memiliki kemampuan lebih akan semakin terasah kemampuannya dan tidak menimbulkan kegaduhan. Sedangkan bagi murid yang memiliki kemampuan kurang, bisa mendapatkan pemahaman lebih baik dari gurunya.

Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut?

Tantangan yang saya hadapi dalam proses pembelajaran, misalnya:

  • Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan materi pembelajaran membutuhkan waktu lebih;
  • Kegiatan pembelajaran di kelas membutuhkan waktu yang relatif lama, sehingga waktu serasa tidak cukup;
  • Target pencapaian materi yang harus tuntas, kadang membuat pembelajaran kurang optimal.

Tindakan yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, yaitu:

  • Menggunakan materi yang sudah tersedia di buku dan menambah beberapa materi lainnya dari sumber lain;
  • Materi yang lebih mudah saya alokasikan di waktu yang lebih sedikit;
  • Memberikan tambahan materi berupa video pembelajaran pada materi yang dirasa sulit dan meminta murid untuk mempelajarinya di rumah, sehingga tidak menghabiskan waktu di kelas.

Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?

Untuk mengakomodasi tantangan keberagaman murid, menurut saya, tindakan yang saya lakukan, adalah:

  • Melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid;
  • Menyusun rencana pembelajaran berdasarkan kebutuhan belajar murid;
  • Melaksanakan pembelajaran menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar murid;
  • Melakukan evaluasi dan refleksi kegiatan pembelajaran untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.

Terima kasih, semoga pemaparan ini bisa bermanfaat.

Salam Guru Penggerak.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun