Mohon tunggu...
Jujun Junaedi
Jujun Junaedi Mohon Tunggu... Penulis - Penulis dan Pendidik dari Bandung 31324

Menulis kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Fiksi vs Nonfiksi: Mana yang Lebih Memuaskan Jiwa Pembaca?

3 September 2024   17:57 Diperbarui: 3 September 2024   17:59 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi - Deretan buku | Unsplash/Nick Fewings via KOMPAS.com

Dilema Pembaca: Mana yang Lebih Memuaskan?

Pertanyaan mengenai mana yang lebih baik, fiksi atau nonfiksi, sebenarnya tidak memiliki jawaban yang mutlak. Keduanya memiliki peran yang penting dalam kehidupan kita.

Fiksi memuaskan dahaga kita akan imajinasi dan emosi, sedangkan nonfiksi memberikan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang dunia.

Pilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan dan suasana hati kita saat itu. Terkadang, kita membutuhkan pelarian dari realitas melalui sebuah novel yang menarik.

Namun, di saat yang lain, kita mungkin merasa perlu untuk memperkaya pengetahuan dengan membaca buku nonfiksi.

Kesimpulan

Pada akhirnya, baik fiksi maupun nonfiksi memiliki tempat yang istimewa di hati para pembaca. Yang terpenting adalah membaca secara teratur dan memilih buku yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kita. Dengan membaca, kita dapat membuka pikiran, memperluas wawasan, dan menemukan makna dalam hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun