Mohon tunggu...
Jujun Junaedi
Jujun Junaedi Mohon Tunggu... Penulis - terus lumampah
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kabar dari Bandung Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain).

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cerpen ke-3: Asep Mau Berubah! Biasa Boros Menjadi Suka Berhemat

31 Januari 2024   22:05 Diperbarui: 31 Januari 2024   22:08 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mirzandi Thabrani M., Kelas 4B, SD Plus Al Ghifari, Kota Bandung (Foto: Dokpri)

Ada seorang anak bernama Asep. Asep sering jajan dan dia tidak pernah menabung dan berhemat. Suatu hari dia dimarahi oleh ibunya, karena jajan terus.

"Asep, kamu ini jajan terus tuh duit ibu jadi habis gara-gara kamu besok-besok ibu cuma ngasih lima ribu," kata Ibu

Asep pun marah karna Ibunya hanya ngasih lima ribu.

"Ibu kenapa cuma ngasih lima ribu, nggak cukup," ucap Asep.

Ibu pun berkata "Biar kamu hidup hemat nggak jajan terus"

Asep pun marah kepada ibunya karna ngasih lima ribu. Keesokan harinya Ibunya memberi uang jajan lima ribu ke Asep. Asep pun masih marah kepada Ibunya. Asep merenung di sekolah karena hanya membawa uang jajan lima ribu rupiah.

Dia bingung mau jajan apa. Ia pun tidak jajan, tapi berinisiatif uang di tabung.

"Duh cuma di kasih lima ribu lagi ditabung aja kaliya" gumam Asep.

Asep pun nggak jajan tapi dia bawa bekel dari rumah. Uang jajan yang dikasih ibunya ditabung.

(3 bulan kemudian), "Huh udah penuh nih buka ah," gumam Asep.

Asep pun membuka celengan tersebut dan kekumpul uang Rp 1.600.000. Asep pun membeli barang yang mau dibeli untuk keperluan sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun