Peningkatan sumber daya manusia (SDM) dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mensejajarkan Indonesia dengan bangsa-bangsa maju di dunia.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan kualitas di bidang pendidikan.
Pendidikan yang baik adalah tonggak utama kemajuan bangsa. Â Pendidikan yang baik dan berkualitas didukung pula oleh kualitas pendidik dan peserta didik. Peningkatan kualitas peserta didik harus diawali dengan peningkatan kualitas pendidiknya.
Peningkatan kualitas pendidik/ guru yang terus menerus dan berkesinambungan dalam upaya membentuk guru menjadi profesional.
Guru yang profesional akan bisa mengantarkan peserta didiknya menjadi peserta didik yang unggul.
Guru profesional diantaranya selalu memiliki daya kreatif dan inovatif yang tinggi dalam meningkatkan gaya belajarnya.
Guru profesional diantaranya selalu memilki daya kreatif dan inovatif yang tinggi dalam meningkatkan gaya belajarnya yang baik bagi siswa dalam menyerap pelajaran, sebagaimana yang diungkapakan Joko Susilo dalam bukunya yang berjudul " Gaya belajar menjadikan makin pintar" 2006, bahwasanya gaya belajar atau learning style merupakan suatu gerak laku, penghayatan serta kecenderungan seseorang pelajar mempelajari suatu ilmu dengan cara tersendiri.
Peningkatan gaya belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara yakni dengan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi juga bisa menerapkan model pembelajaran yang membawa anak ke suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.
Memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kondisi siswa pada saat yang tepat bisa dijadikan pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau tutorial.(Trianto, 2007.1).
Salah satu model pembelajaran yang bisa disiapkan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division).