Pukul 07.00 jam pertama dimulai di kelas xi Bahasa dengan materi drama.
Setelah pemberitahuan dari guru mapel bahasa Indonesia pada pertemuan sebelumnya bahwa hari ini akan mengadakan kecakapan keterampilan  siswa pada penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran .
Di pertemuan sebelumnya juga guru mapel telah menjelaskan bebarapa bagian- bagian dan unsur- unsur drama, khususnya pengertian drama itu sendiri. Kemudian ditambahkan bagian- bagian yang merupakan unsur-unsur drama yang mengiringi perjalanan alur drama, yakni episode, babak dan adegan.
Karena berkaitan dengan penampilan mini drama maka setiap krlompok membutuhkan anggota yang mencukupi penampilannya. Sehingga dibentuklah 4 kelompok drama yang diambil dari sejumlah bangku dalam kelas.
Berhubung jumlah baris bangku ada 4 baris maka kelompoknya menjadi 4 baris.
Baris pertama membahas tentang perbedaan drama dengan karya sastra yang lain, misal cerpen atau novel.
Baris ke dua menyampaikan tentang alur dan episode dalam drama.
Baris ke tiga
Menyampaikan babak dalam drama dan baris keempat menyampaikan adegan dan konflik dalam drama.
Dan pertemuan saat ini adalah prsentasi di depan kelas dengan mendemonstrasikannya.
Seperti biasa pembelajaran diawali dengan apersepsi. Dalam apersepsi ini guru membuka kelas dengan menyapa mengucapkan salam juga kabar siswa-siswi. Kemudian memeriksa kehadiran siswa dengan mengabsen kehafiran siswa dan yang terakhir mengulas kembali hal- hal inti  materi yang sebelumnya sudah disampaikan, selanjjtnya menyampaikan materi dan  tujuan pembelajaran yang dilakukan saat ini.
Kegiatan yang kedua adalah kegiatan inti dan kegiatan inti ini dilakukan dengan model pembelajaran demonstrasi.
Pertama guru memberikan penjelasan dan arahan-arahan tentang proses pembelajaran dengan model demonstrasi.
Yang kedua memberikan teknis presentasi dan tanya jawab.
Selanjutnya mulai dengan presentasi perkelompok.
Dalam penampilannya setiap kelompok selain menjelaskan materi juga menampilkan mini dtama dengan durasi waktu  dan materi yang sudah disesuaikan.
Proses yang dilakukan sangat menarik dan seru, hal disebabkan karena beberapa hal yang ditampilkan di depan kelas.
1. Setiap kelompok menampilkan mini drama.
2. Adanya sesi tanya jawa
Baik tentang materi maupun tentang penampilan mini darama yang didemonstrasikan.
3. Setiap kelompok memberikan kenampilan terbaiknya.
Pembelajaranpun diakhiri dengan penutup Guru dan siswa mengonfirmasi dan guru menyimpulkan hasil pembelajaran, akhirnya ditutup dengan salam.
Model pembelajaran demonstrasi sangat sesuai dengan materi drama. Dengan model pembelajaran demonstrasi hal-hal yang berkaitan dengan ciri khusus drama dengan karya-karya sastra lainnya tersampaikan dengan jelas.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI