Jurnal Refleksi Mata Kuliah Projek Kepemimpinan II
Nama  : Juariyah, S.Pd.
NIM Â Â : 2215586
Prodi  : PGSD
PPG Prajabatan 2022 – Gelombang 1
Review Pengalaman Belajar
Pada mata kuliah  projek kepemimpinan II ini yaitu meneruskan dari perencanan dari projek kepemimpinan I yang sebelumnya telah disusun. Pada projek kepemimpinan II yaitu pelaksanaan dari projek yang sebelumnya telah dsusun, tetapi sebelum pelaksanaan dilakukannya revisi dan konfirmasi rencana sebelumnya sesuai dengan saran dan masukan dari dosen, kepala sekolah, dan juga guru. Pada projek kepemimpinan II ini disusun rencana untuk melaksanaan projek yang sudah benar-benar matang, kemudian dilaksanakan projek yang telah disusun sebelumnya. Adapun dalam menyusun sebuah projek tidaklah mudah, banyak tantangan serta hambatan yang dihadapi selama menyusun perencanaan projek. Adapun tantangan serta hambatan yang dihadapi yaitu, dimulai dari penentuan kelompok projek. Kelompok projek kepemimpinan dibentuk kembali atau berbeda dengan kelompok sebelumnya, sehingga projek yang telah disusun sebelumnya diubah atau direvisi kembali disesuikan dengan kelompok yang baru. Kemudian, memilih tema projek, waktu dan tempat yang cocok untuk dilaksanakan projek. Setelah disusun tema projek dan penetuan tempat dan waktu kemudian dilaksanakan penentuan kepanitiaan dalam melaksanakan projek. Setelah panitiap disusun, kemudian dilaksanakan projek yang telah disusun sebelumnya. Adapun projek yang dipilih yaitu melaksanakan kunjungan kasih sayang ke salah satu panti asuhan yang dilaksanakan di bulan ramdahan, kegiatan yang dilaksanakan yaitu melukis di kanvas, dari kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan imajinasi dan kreativitas anak.
Â
Refleksi Pengalaman Belajar yang Dipilih
Projek tersebut dilaksanakan dengan sebaik mungkin sesuai dengan prosedur dan perencanaan yang telah dirancang sebelumnya. Â Pada mata kuliah ini juga dapat melihat kembali dan mengimplementasikan rencana projek yang telah disusun sebelumnya, perencanaan tersebut akan dikonfirmasi langsung bersama dengan sekolah dan komunitas lapangan serta memperbaiki dan melengkapi rencana yang telah disusun dengan keadaan dan rincian kenyataan atau fakta yang ditemukan. Projek yang dipilih yaitu dinamakan KUKANG (Kunjungan Kasih Sayang) kegiatan ini dilaksanakan pada bulan ramdhan di salah satu panti asuhan. Kegiatan inti yang dilaksanakan pada projek itu yaitu melukis di kanvas, hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan imajinasi serta kreativitas yang ada pada anak-anak, untuk sasarannya yaitu anak usia SD 6-12 tahun. Selain kegiatan inti ini juga dilakukan kegiatan-kegiatan yang lain, seperti kegiatan tausiyah, ice breaking, permainan, serta pembagian hadiah kepada anak-anak yang ada di panti asuhan tersebut. Kegiatan sudah terlaksana dengan lancar dan sangat baik semua anggota kelompok pun juga sudah berpartisipasi dan menjalankan tugasnya masing-masing dengan sangat baik, serta adanya kerja sama kelompok yang baik, sehingga membuat kegiatan projek telah dilaksanakan dengan sangat baik. Â
Pembelajaran bermakna (good practices)
Adapun pembelajaran bermakna yang didapatkan pada mata kuliah ini, dalam menyusun projek perlu adanya pematangan, serta harus ada kerja sama yang baik dari berbagai pihak yang ikut serta, terutama bersama dengan anggota kelompok. Adapun fokus utama dari mata kuliah ini yaitu untuk bisa mendorong serta berinovasi dan menginisiasi implementasi prakarsa perubahan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan bagi peserta didik di sekolah dan juga komunitas secara bergotong royong.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H