Akuntansi adalah ilmu yang bisa mengontrol keuangan yang tidak terencana sekalipun. Hal ini sangat dibutukan bagi perusahaan yang membutuhkan keuntungan tentunya. Dengan adanya akuntansi akan ada pencatatan, pengklasifikasian serta penyajian data transaksi menjadi lebih tertata. Akuntansi akan menjadikan kondisi keuangan kas jadi terjamin.Â
Akuntansi anggaran adalah salah satu bagian ilmu akuntansi yang bisa membuat perusahaan terhindar dari kelebihan dana yang diluar rencana atau lebih biasa dikenal dengan over budgting.Â
Salah satu cara mengatur perencanaan pengeluaran suatu perusahaan. Laba atau keuntungan yang didapatkan perusahaan tentunya ditentukan pada saat penganggaran. Anggaran disusun untuk mengadakan perbaikan terhadap program, strategi, sasaran dan juga untuk menetukan wewenang dan tanggung jawab bagian yang ada dalam perusahaan, serta melakukan koodinasi dan menjadi dasar untuk menilai kinerja bagian yang ada dalam perusahaan.
1) Sejarah Singkat Junior Fried Chicken
 SS Group terbentuk dari perjalanan Brand SS Fried Chicken (SSFC) pertama kali di kota Medan pada tahun 2015. SSFC mengajak masyarakat yang ingin menjadi mitra menjalankan usaha dengan modal terjangkau dan sistem kerjasama sederhana. SSFC menerapkan standar kualitas, serta mutu yang tinggi dalam produk & pelayanan, sehingga menjadi pilihan konsumen.Â
Dampak pandemik Covid-19, membuat daya beli masyarkat menurun sehingga pada tahun 2021 Brand Junior Fried Chicken (JRFC) hadir untuk menjadi pilihan fried chicken dengan rasa yang berkualitas dan harga sangat terjangkau. Junior Fried Chicken (JRFC) merupakan bagian dari anak perusahaan dari SS Fried Chicken dimana konsepnya adalah gerobakan/rombong. JRFC memulai perjalanan nya ketika Pandemi Covid terjadi dan melihat dampak besar yang ditimbulkan (PHK, bisnis F&B tutup, dan pengangguran dimana-mana). Tepatnya dibuka pada bulan Oktober tahun 2022.
2) Visi dan Misi
Visi : Menjadikan SS Group pilihan bisnis kemitraan nomor 1 di Indonesia.
Misi :-Memperkuat citra brand dari SS Group dengan strategi dan ide inovatif
           -Memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan
           -Memberikan kesempatan bisnis kepada seluruh masyarakat
3) Permasalahan Mitra
 Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, selain permasalahan masih sepinya pembeli akibat baru dibukanya cabang kedai Junior Fried Chicken di daerah Universitas Sumatera Utara ini, persaingan yang begitu ketat pun juga harus dialami mereka secara langsung akibat banyaknya gerai makanan lain yang telah tersedia sebelumnya.Â
Kemudian promosi yang dilakukan juga terbatas karena jangkauannya yang sedikit. Jika ingin memperluas jangkauan promosi, maka harus mengeluarkan biaya yang lebih. Persaingan yang mereka hadapi pun bukanlah pesaing-pesaing baru saja melainkan pesaing-pesaing yang sudah lama berdiri. Oleh sebab itu diperlukan ilmu dan pemahaman dari sistem berbisnis itu sendiri.
Berikut ini adalah uraian permasalahan-permasalahan lebih jelas yang dihadapi mitra:
1. Kurangnya jangkauan pemberian ide yang bisa mempengaruhi perkembangan usaha. Hal ini merupakan kendala utama karena kurangnya fasilitas untuk mengembangkan bisnis franchise ini, juga sulitnya memberikan ide kreatif untuk mengembangkan atau memberi saran dalam pengembangan bisnis.
2. Terjebak dalam tren pasar karena bisa sangat mempengaruhi perkembangan bisnis, yakni perilaku konsumen yang sangat mudah berubah, termasuk para mahasiswa yang memiliki selera yang tidak tetap.
3. Tidak adanya target penjualan. Sederhananya, target penjualan merupakan tolok ukur yang harus dicapai oleh perusahaan, tim, atau individu. Dengan adanya target, penjual bisa mengusahakan dalam sehari atau seminggu berapa yang harus terjual.
4. Perubahan iklim, dengan menargetkan mahasiswa sebagai target pasar maka memungkinkan ada nya perubahan-perubahan dinamika pembeli. Misalnya di hari-hari libur, maka tidak akan adanya aktivitas kampus sehingga akan sepi pembeli.Â
5. Persaingan yang ketat dalam berbisnis. Musuh dari usaha yang baru dibuka di daerah tertentu adalah pesaing-pesaing yang sudah lama berdiri di daerah tersebut. Beberapa yang harus diawasi dalam persaingan bisnis adalah kualitas dan harga.
6. Kepercayaan pembeli, karena membangun kepercayaan pembeli sangat penting dalam berbisnis. Jika kepercayaan itu rusak maka akan sangat sulit untuk mendapatkannya kembali. Terutama bagi pebisnis pemula, jika kita tidak bisa membangun kepercayaan dengan para pembeli, maka akan sangat sulit untuk mengembangkan bisnis kedepannya.
4) Solusi yang di tawarkan
1. Memberikan ide-ide ataupun saran-saran terkait penyediaan fasilitas-fasilitas yang menunjang pengembangan bisnis franchise Junior Fried Chicken. Salah satu ide yang bisa kami sarankan adalah dengan perbaikan gerai yang tadinya terbuka dari sisi depan dan samping menjadi lebih tertutup dengan menambahkan satu dinding sisi sampingnya. Ini dikarenakan pertimbangan situasi cuaca apabila sedang hujan maupun berangin kencang, maka tidak mengganggu pembeli yang makan ditempat.
2. Melakukan inovasi-inovasi pada menu yang ditawarkan yang kemudian dijual secara harian, mingguan maupun bulanan. Maksudnya adalah, misalnya pada minggu pertama melakukan penjualan menu ayam goreng saus teriyaki, minggu selanjutnya penjualan menu ayam goreng saus BBQ, dan seterusnya. Namun, akan lebih baik jika terlebih dahulu melakukan survey dalam pembuatan variasi menunya yang menyesuaikan dengan selera pembeli pada masa-masa tersebut.
3. Menetapkan target penjualan secara harian. Misalnya target penjualannya adalah 10 ekor ayam per hari. Namun, penetapan target penjualan ini harus disesuaikan dengan rata-rata penjualan ayam per harinya sehingga tidak menjadi beban jika angka target yang ditetapkan terlalu tinggi maupun rendah.
Akuntansi penganggaran merupakan bidang yang sangat mendukung dalam dunia bisnis. Penganggaran merupakan perencanaan yang digambarkan secara kuantitatif dalam bentuk keuangan dan ukuran kuantitatif lainnya (Supriyono, 2002). Laba atau keuntungan yang didapatkan perusahaan tentunya ditentukan pada saat penganggaran.Â
Anggaran disusun untuk mengadakan perbaikan terhadap program, strategi, sasaran dan juga untuk menentukan wewenang dan tanggung jawab bagian yang ada dalam perusahaan, serta melakukan koordinasi dan menjadi dasar untuk menilai kinerja bagian yang ada dalam perusahaan. Dalam pembuatan laporan ini, permasalah yang kami dapat dalam mitra ini tentunya permasalahn umum. Sebagai perusahaan yang baru di buka di daerah tersebut tentu nya mereka memerlukan persiapamn yang lebih matang. Tentunya dengan seperti itu mereka bisa menjalankan permasalahanpermasalahan mereka lebih serius dan terencana.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H