Mohon tunggu...
Juan Xariskara
Juan Xariskara Mohon Tunggu... Hoteliers - From West Indonesia 💛

Student tourism and hospitality major at Private Tourism School of Trisakti Jakarta (STP Trisakti Jakarta) and fully scholarship awardee from Ministry of Education and Culture (Kemendikbud). Love travelling and express the experience in writing. Future Executive Housekeeper or hospitality industry leader for 4/5 -star hotel in Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Cara Menjadi Resepsionis?

13 Mei 2021   09:35 Diperbarui: 13 Mei 2021   09:42 728
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hii Temannn-temann selamat datang dan selamat membaca semua tulisan,

saya Juan Xariskara mahasiswa STP Trisakti jurusan Perhotelan dan saya adalah penerima beasiswa Prestasi dari Kemendikbud ..

ini adalah wadah tulisan saya untuk membagikan sesuatu yang ingin saya bagikan dan semoga bermanfaat teman-teman..

Resepsionis, penerima tamu, atau penyambut tamu ialah karyawan yang mengambil posisi dukungan kantor atau administrasi. 

Pekerjaan ini biasanya dilakukan di ruang tunggu, seperti lobi atau meja kantor depan organisasi atau bisnis,Nah teman" biasnya di Hotel itu ada

Departement khusus yang menangani jasa kantor depan yaitu Front Office ( Kantor Depan )

yang bertugas untuk memberikan seluruh informasi mengenai produk dan informasi mengenai hotel tersebut...

Biasanya mereka di sni sebagai penyambut tamu pertama kali saat datang ke Hotel teman" nah mereka terbagi di banyak seksi 

yaitu ada :

1. Concierge

2.FDA ( Front Desk Agent)

3.Cashier

4.Reservasi

Nah mereka bekerja menjadi satu Team dalam departemen Front  Office teman" dan memiliki tugas dan tanggung jawab masing"

biasanya kita selalu melihat di depan hotel itu adanya staff yang bekerja di depan pintu untuk membant membukakan pintu dan membawakan barang" kita kan teman" nahhh itu adalah BellBoy, dan dia termasuk di seksi Concierge yang menangani keperluan barang tamu dari cheeck in sampai check out teman" dengan menggunakan alat bantu seperti trolley untuk mengangkat barang" tamu yang memerluukan bantuan 

Setekah itu ada FDA (Front Desk Agent)

Nahh di sini kita bisa melihat bahwa mereka bekerja di meja bagiaan depan hotel sebagai resepsionis dan cashier juga ada di sana, mereka bekerja membantu tamu untuk menginap dengan harus menitipkan sebagian informasi untuk pihak hotel agar tamu yang menginap mudah di cari unutk keperluan hotel jika terjadi hal yang tidak diinginkan, dan itu sudah menjadi kebijakan yang sudah semua hotel lakukan jika ada tamu yang menginap yaa teman"

Nah cara yang benar dan baik menjadi resepsionis atau FDA :

1. Berwawasan yang luas 

2. Grooming harus  rapi

3.Berbicara dengan kata" yang sopan ( Magic Word)

4.Mengetahui Prodak hotel dengan baik 

Sekian teman" pembahasan bagai mana cara menjadi resepsionis yang baik dan benar agar bisa menjadi resepsionis tentunya kita harus bisa mengetahui segala hal yang ada di tempat kita dan sekitar serta mengetahui dan memmiliki wawasan yang luas tentang pekerjaan kita yaa teman" semoga bermanfaat dan Terimakasih telah membaca artikel saya....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun