Mohon tunggu...
billy adrian
billy adrian Mohon Tunggu... Desainer Interior -

An interior designer from surabaya Asli kediri, tinggal di surabaya sejak SMA sampai sekarang. Hobi kuliner, tetapi bukan untuk makanan yang pedas. Ingin sekali traveling ke banyak negara & melihat aurora di negeri skandinavia, sebelum nanti tua atau ajal menjemput. Semoga apa yang nanti saya share bisa berguna untuk banyak orang, terutama dalam memilih restaurant wkwkwkwk.... Salam kenal.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Terbius Oleh Kepuasan Diri

19 Oktober 2015   12:49 Diperbarui: 19 Oktober 2015   12:57 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sejak saya gabung kompasiana, baru menelurkan 2 tulisan ini...saya pribad lebih suka surfing di kompasiana, membaca pengalaman-pengalaman hidup banyak orang, suka dan duka, ekonomi, sosial. Bukan bermaksud KEPO hehehehe...tapi lebih ke mencari informasi yang belum atau tidak bisa saya dapatkan dari pengalaman hidup sendiri & pandangan hidup saya sendiri.

Kemarin saya membaca tulisan dari om Tjip (kira-kira ini om Tjip yang mana hayoo?? Ya...om Tjip yang ituu hehehe...) judul tulisannya "jangan terbius kepuasan diri yang semu". Begitu saya membaca judul, lalu isi tulisan dari om Tjip, lalu saya baru sadar... Ternyata, saya terjerumus dalam pusaran ini. La koq bisa?? Ceritanya panjang...

Saya mengawali pekerjaan saat ini mulai dari tahun 2009 lalu, saat itu saya memulai dengan modal Rp.0 , nah...koq bisa? Beneran? Ya bener... Saya sama sekali tidak mengeluarkan biaya, entah sewa gudang, beli alat, dll. Nah terus duitnya dari mana? Ya dari klien. Jadi sebetulnya saya berhutang ke klien, ketika saya mendapat order saya sudah hitung dahulu untungnya berapa, keuntungan tersebut saya ambil di awal untuk sewa gudang & beli peralatan, apa dari 1 klien cukup? Ternyata tidak...saya menerapkan sistem ini sampai klien ke 3 atau ke 4. Dari situ perlahan tapi pasti klien saya bertambah satu demi satu. Biaya operasional juga saya ambilkan dari keuntungan yang saya ambil di awal, mulai dari tahun 1 sampai tahun ke 3 sama sekali tidak ada pembukuan, juga tidak tahu untung atau rugi, saya hanya berjalan mengandalkan insting & hitungan awal (hpp).

Setelah 3tahun bekerja & merasa bisa hidup melalui pekerjaan saya, saya mulai pongah...saya mulai berpuas diri, merasa tidak perlu orang lain, meremehkan pekerjaan (karena saya merasa, ah tak biarkan gini saja bisa berkembang koq). Akhirnya...tahun lalu saya jatuh bangkrut, ya bangkrutkrut (nanti saya ceritakan bagaimana koq bisa di tulisan yang lain saja ya)

Sejak awal tahun lalu saya memulai lagi dari NOL, dalam artian cara kerja yang baru, sistem pembukuan yang baru (yang lalu nda ada sama sekali), ada stock opname, komunikasi dengan pekerja ditingkatkan, dll. Jadi betul-betul A New Day A New Life... Sangat membuat frustasi, tapi saya sadari belakangan bahwa ini betul kesalahan saya. Saya terlalu berpuas diri & tinggi hati, sehingga sejak saat itu saya berjanji agar berubah menjadi pribadi yang kebih baik. Memulai kembali itu sangat melelahkan, tekan ekonomi ketika tidak ada pemasukam, tekanan batin ketika tukang/pekerja tidak mendapat pemasukan yang mencukupi, tekan sosial saat kita sudah terima order tetapi terlambat dalam pengiriman dan juga tekanan dalam keluarga sendiri.

Tulisan ini saya buat agar saya pribadi selalu teringat & selalu di ingatkan bahwa roda selalu berjalan, pada titik atas jangan terlalu pongah dan menyepelekan, saat dititik bawah agar tidak kehilangan semangat.

Terimakasih untuk Om Tjip, dengan membaca tulisan om di kompasiana saya teringatkan kembali.

Salam

Billy Adrian

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun