Mohon tunggu...
Joy Gloria Irahay Karetji
Joy Gloria Irahay Karetji Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana

Mahasiswa progdi Hubungan Masyarakat Fakultas Teknologi Informasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia

3 Desember 2022   13:50 Diperbarui: 3 Desember 2022   14:20 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ABSTRAK

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk menciptakan generasi-generasi yang berkualitas tinggi. Dengan adanya pandemi Covid-19, Kemendikbud mengeluarkan surat edaran untuk mencegah penyebaran Covid-19. Teknologi sangat membantu dalam bidang pendidikan khususnya pada sistem belajar mengajar selama masa pandemi berlangsung. Tujuan tulisan ini adalah untuk meninjau perkembangan teknologi pendidikan akibat perubahan intensitas penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan pra dan pasca pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kata kunci : Teknologi; Pandemi Covid-19; Pendidikan.

Pendahuluan

    Covid-19 telah membuat dunia menjadi kacau. Semua terkena dampak akibat virus ini. Bagaimana cara kita menjalani hidup dan berinteraksi satu sama lain, bagaimana cara kita bekerja dan berkomunikasi, serta bagaimana cara bergerak dan bepergian. Setiap aspek dalam kehidupan kita telah terpengaruh (WHO, 2020). Hal ini membuat segala aktivitas yang memerlukan interaksi secara langsung harus diberhentikan sementera waktu dengan tujuan untuk mencegah penularan virus tersebut. 

Sangat penting bahwa pemerintah membuat keputusan untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berimplikasi terhadap pembatasan aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi, aktivitas pendidikan, dan aktivitas sosial lainnya. Dampak dari pandemi Covid-19 terhadap bidang pendidikan membuat pemerintah terpaksa meliburkan sementara waktu aktivitas belajar mengajar untuk mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut.  

Dengan kondisi darurat Covid-19 yang terus berlanjut, pendidikan di Indonesia harus siap dalam menghadapi perubahan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) yang akan beralih menggunakan teknologi untuk membantu pendidikan di Indonesia selama masa pandemi berlangsung. Teknologi memberikan kemudahan kepada pendidik serta peserta didik dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Berbagai macam platform telah disediakan memiliki tujuan untuk mempermudah pelaksanaan pembelajaran secara jarak jauh, diantaranya mempermudah pendidik dalam melakukan pembahasan materi kepada peserta didik meskipun tidak dilakukan secara tatap muka langsung, dengan memanfaatkan berbagai platform seperti; Google Meet, Zoom, Microsoft Teams, dll untuk melakukan kegiatan belajar mengajar, berdiskusi dengan kelompok. Google Classroom dan Moodle digunakan untuk pengumuman untuk pembagian materi, tugas dan ujian. 

Pembahasan

Pendidikan merupakan salah satu tombak berkembangnya suatu negara, menciptakan generasi-generasi yang berkualitas, memiliki kemampuan intelektual yang tinggi yang akan membantu dalam berkembangnya suatu negara. Pendidikan adalah kunci dari kesuksesan yang bisa mewujudkan mimpi dan tujuan dari bangsa yang merdeka. Dengan pendidikan, manusia mendapat berbagai perubahan yang positif. Perubahan-perubahan positif tersebut dapat diperoleh jikalau pelaksanaan pendidikan dilakukan secara tepat. Di Indonesia, pelaksanaan pendidikan masih dikatakan belum tepat karena kurangnya pemerataan pendidikan. Masih banyak kalangan masyarakat di Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan yang berkualitas, baik sebelum maupun selama pandemi berlangsung.

Association for Educational Communication and Technology (AECT, 2004), mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai berikut: "Teknologi Pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan /memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. Tujuan utamanya masih tetap untuk memfasilitasi pembelajaran (Nurdiansyah: 4). Dalam buku Educational Technology; A Definition With Commentary, Aect mendefinisikan konsep teknologi pendidikan sebagai studi dan praktek etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan menciptakan, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber daya teknologi yang tepat. Teknologi pendidikan awalnya adalah sebuah gagasan. Gagasan tersebut muncul karena adanya kondisi dan situasi yang mengharuskan timbulnya gagasan tersebut. Semakin matang gagasan tersebut maka teknologi pendidikan menjadi sebuah disiplin ilmu. Teknologi adalah proses kompleks dan terpadu yang didahului oleh proses analisis dan di instruksikan melalui koordinasi sistematis sehingga menciptakan efisiensi. Teknologi adalah media intervensi bukan nilai atau substansi. (Setiyowati dkk: 198).

Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun