Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) adalah upaya menuntaskan sasaran guru dalam jabatan untuk memperoleh sertifikat pendidik. Pada tahun 2020 ini, PPG Daljab dilaksanakan full secara daring.
Setiap guru peserta PPG Daljab selanjutnya mengikuti program pendidikan secara online melalui Learning Management System (LMS) dengan difasilitasi oleh Dosen dari LPTK pelaksana dan guru pamong pada setiap modul pembelajaran.
Modul pertama yang dipelajari adalah terkait kompetensi profesional dan pedagogik sesuai dengan materi pelajaran yang diampu. Selanjutnya, setelah menuntaskan pembelajaran pada modul pertama, mahasiswa PPG Daljab akan mempelajari modul pengembangan perangkat pembelajaran.
Pada modul pengembangan perangkat pembelajaran, mahasiswa PPG Daljab akan mendalami bagaimana melakukan analisis kurikulum, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pengembangan bahan ajar, LKPD, media pembelajaran serta perangkat evaluasi pembelajaran.
Selanjutnya, setelah perangkat pembelajaran selesai disusun, mahasiswa PPG Daljab akan dibimbing oleh Dosen Fasilitator dan Guru Pamong untuk melakukan review perangkat pembelajaran. Kegiatan review perangkat ini bertujuan agar mahasiswa melakukan refleksi untuk kesempurnaan perangkat yang disusun serta mendapatkan masukan dan penguatan dari Dosen Fasilitator dan Guru Pamong.
Di akhir kegiatan review perangkat pembelajaran, mahasiswa PPG Daljab juga dituntut untuk menyusun Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang akan dilaksanakan saat kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL).
Proposal PTK yang dirancang terdiri dari 3 siklus dari 3 paket perangkat pembelajaran yang diterapkan saat PPL. Produk akhir dari pelaksanaan PTK ini adalah laporan PTK sebagai laporan akhir pelaksanaan PPL pada PPG Daljab Tahun 2020.
Bagaimana Sistematika Laporan PTK yang dituntut pada PPG Daljab 2020?
Pada bagian awal, format Laporan PTK berisi halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan jika ada dilengkapi dengan daftar tabel dan daftar gambar. Selanjutnya pada bagian awal ini akan ditutup dengan daftar lampiran.
Pada bagian utama, Laporan PTK terdiri dari 5 bab, yaitu pendahuluan, kajian teoritis, metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta pada bab terakhir memuat bab penutup berisi simpulan dan rekomendasi.
Secara lengkap, Laporan PTK yang dituntut mengikuti format penulisan sebagai berikut.
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Definisi Operasional
BAB II. KAJIAN TEORITIS
(Terkait dengan variabel penelitian)
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Tempat dan Waktu Penelitian
B. Bentuk Penelitian
C. Subjek Penelitian
D. Data dan Instrumen Penelitian
E. Teknik Pengumpulan Data
F. Teknik Analisis Data
BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
B. Pembahasan Hasil Penelitian
BAB V. PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
Pada bagian penutup Laporan PTK, berisi daftar pustaka dan lampiran. Daftar pustaka ditulis secara sistematis dan lengkap sesuai dengan yang diacu dalam tulisan pada Laporan PTK.
Deskripsi Aspek Komponen Laporan PTK
Untuk lebih jelas, akan dijelas detail terkait aspek-aspek pada komponen Laporan PTK sesuai sistematika atau format di atas.
Pada bagian latar belakang, peneliti mencantumkan data terkait dengan masalah pembelajaran di kelas yang ditulis dengan logis dan jelas dan dilanjutkan dengan analisis faktor penyebab munculnya masalah yang dipaparkan dengan jelas dan logis.
Selanjutnya, peneliti atau penulis Laporan PTK, mencantumkan alternatif pemecahan masalah sebagai solusi. Pada bagian ini, dicantumkan teori yang relevan untuk mendukung penyebab munculnya masalah.
Pada bagian rumusan masalah, harus memenuhi dua hal. Pertama, mengandung perubahan kompetensi subjek yang diteliti, dan kedua mengandung tindakan perbaikan yang dilakukan pada topik pada mata pelajaran.
Dari rumusan masalah yang dibuat, peneliti kemudian menetapkan tujuan penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang ada. Tujuan penelitian ini harus bermakna dan terkait kinerja guru dan peserta didik.
Selanjutnya, penulis menyajikan manfaat penelitian dengan bahasa yang jelas. Manfaat penelitian ini berupa kontribusi nyata terhadap pembelajaran.
Pada bagian kajian teoritis, penulis mencantumkan minimal teori terkini tentang PTK, karakteristik mata pelajaran, dan teori pembelajaran yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Referensi dan penulisan yang disajikan, benar digunakan dalam teks laporan sesuai  kaidah yang berlaku.
Pada bagian metode penelitian, uraian prosedur pelaksanaan PTK ditulis secara jelas dan rinci, minimal dua siklus. Pada bagian ini juga dicantumkan teknik pengumpulan data serta instrumen yang akan digunakan. Prosedur teknik pengumpulan data dan analisis data juga harus dijelaskan dengan tepat.
Pada bab keempat, Penulis mendeskripsikan data hasil penelitian yang diolah per siklus sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya. Pada bagian ini juga dipaparkan tentang hasil refleksi yang mencakup keberhasilan, kegagalan, faktor yang menyebabkannya dan alasan tindakan perbaikan.
Di bagian penutup, simpulan PTK disajikan dengan jelas sesuai dengan tujuan penelitian dan temuan yang ada. Penulisan saran tindak lanjut disesuaikan dengan simpulan serta diajukan untuk dapat dilaksanakan.
Demikian penjelasan terkait Sistematika Laporan PTK, semoga bermanfaat khususnya bagi Mahasiswa PPG Daljab Tahun 2020, dan secara umum bagi rekan-rekan guru yang akan melaksanakan PTK.
Sumber Bacaan:
- Modul PPG Daljab Tahun 2020, diakses dari https://sim-ppgdaljab.simpkb.id
- Info Grafis PPG Dalam Jabatan Tahun 2020, diakses dari https://ppg.kemdikbud.go.id
*) Penulis adalah salah satu Guru Pamong dalam kegiatan PPG Daljab Tahun 2020
**) Tulisan ini dibuat dalam rangka melakukan pendampingan Laporan PTK untuk Mahasiswa PPG Daljab pada Program Studi Matematika di LPTK Universitas Riau
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H