"Sha, buat tugas IPAS, kamu mau mengamati apa?" tanya Hanifah saat jam istirahat tiba.
Hanifah dan Keysha adalah siswa kelas III. Dalam pelajaran IPAS, mereka memelajari tentang hewan vertebrata dan invertebrata. Agak sulit sih menghafalnya. Tapi mereka berusaha untuk belajar biar tahu dan selalu ingat, apa itu hewan vertebrata dan invertebrata.
Mereka tahu, intinya kalau hewan vertebrata itu memiliki tulang belakang. Sebaliknya, invertebrata itu hewan yang tidak memiliki tulang belakang.Â
Setelah diajak belajar tentang dua jenis hewan itu, Bu Raya memberikan tugas kepada para siswa untuk mencari hewan yang menjadi contoh hewan vertebrata maupun invertebrata. Para siswa diberi lembaran tugasnya.
"Kalau aku mau amati belalang saja, Sha! Kebetulan di belakang rumah ada pohon turi. Biasanya di sana ada belalang. Aku sering menangkapnya juga," ucap Hanifah penuh semangat.
"Aku bingung, Fah. Mau ngamati apa ya?"
Keysha terlihat kebingungan.
"Kupu-kupu aja!" usul Hanifah.
"Kan lagi nggak musim kupu-kupu, Fah!"
***
Di rumah, Keysha mencoba untuk mencari hewan invertebrata seperti kupu-kupu atau lainnya.
"Siapa tahu ada kupu-kupu. Coba lihat di taman belakang ah!" gumamnya.
Keysha melihat ke kanan-kiri. Berjalan mondar-mandir.Â
"Aduh...nggak ada! Gimana nih?" ucap Keysha panik karena tugasnya dikumpulkan besok pagi.
Ibu yang sedang memetik sayuran yang ditanam di sebelah taman mendekati Keysha yang terlihat bingung.
"Ada apa, Sha? Kok bingung gitu?" tanya Ibu.
"Aku nyari kupu-kupu, Bu. Buat pengamatan. Tugas IPAS."
"Kalau kupu-kupu ya sulit, Sha! Coba cari hewan lainnya!"
"Itu dia, Bu. Aku bingung!"
Ibu tersenyum dan berbisik ke telinga Keysha.
"Coba kamu ke rumah Simbah. Di sekitar kolamnya Simbah biasanya banyak capung."
"Beneran?" tanya Keysha. Dia tak percaya kalau ada capung di rumah Simbah.
***
"Oalah, cucu Simbah ini bingung cari serangga ya?" tanya Simbah Putri kepada Keysha yang sedang memegang buku dan pensil.
"Iya, Mbah. Ini ada tugas dari Bu Guru," jawab Keysha sambil menunjukkan lembar tugas dari Bu Guru yang tadinya diselipkan di dalam buku.
Simbah Putri pun menyuruh Keysha untuk ke belakang rumah.
"Kamu ke belakang rumah. Di sana ada Simbah Kakung. Kamu minta bantuan Simbah Kakung ya, Sha!"
Tanpa berlama-lama, Keysha ke belakang rumah, lewat pintu dapur. Terlihat Simbah Kakung sedang memberi makan ikan di kolam.
"Assalamu'alaikum, Mbah Kakung!" sapa Keysha dan menyalami tangan simbahnya. Simbah Kakung Keysha menjawab salam cucunya itu dan meletakkan wadah pakan ikan ke raknya.
"Kamu kok bawa buku ke sini?" tanya Simbah Kakung.
Keysha menceritakan tentang tugas yang diberikan Bu Guru. Di lembar tugas ada beberapa hal yang harus dikerjakan. Mulai dari mencari serangga, menggambar dan menyebutkan nama bagian tubuh serangga itu.
Simbah Kakung pun menunjuk ke arah kolam. Tampaklah capung beterbangan di atas kolam. Ada juga yang hinggap di atas daun tin.
"Wah, ada capung, Mbah!" teriak Keysha gembira.
"Pasti, Keysha. Capung itu seneng tinggal di tempat yang banyak airnya."
"Maksudnya gimana, Mbah?"
"Kalau ada capung, itu tandanya tempatnya masih cukup airnya."
Keysha manggut-manggut.
***
Dengan bantuan Simbah Kakung, Keysha bisa mengambil capung. Segera saja dia menggambar capung dengan diawasi simbahnya.
Setelah selesai menggambarnya, Keysha menuliskan bagian tubuh capung, mulai dari kepala, sayap, kakinya. Tugas selesai, Keysha bahagia.
"Makasih ya, Mbah. Bantuin aku kerjain tugas," ucap Keysha.
___
Branjang, 11 Oktober 2024
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H