Ada banyak topik Pelatihan Mandiri yang bisa dipilih dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM). Sudah lima topik yang sudah saya selesaikan dari sekian puluh topik yang ada.Â
Tak apa. Tak perlu terburu-buru dalam menyelesaikan Pelatihan Mandiri. Khawatirnya kalau terburu-buru, malah membuat pening dan kurang paham materi atau modul yang ada di setiap topik.
Yang saya ulas saat ini adalah Aksi Nyata yang terakhir saya unggah di PMM dan dinyatakan sudah selesai dan bisa mendownload sertifikat. Saya memposting ini bukan karena Aksi Nyata yang saya susun sudah sempurna. Hanya untuk gambaran saja bagi Penyusunan Tujuan Pembelajaran di sekolah.
Karena saya mengajar di kelas III maka saya menyusun Tujuan Pembelajaran pada Fase B. Mata pelajaran yang saya ambil adalah Bahasa Indonesia pada elemen Menyimak, Membaca dan Memirsa, Berbicara dan Mempresentasikan serta Menulis.
Dalam pelaporan Aksi Nyata, saya sertakan Deskripsi serta Refleksi yang biasanya harus dijawab oleh guru.Â
Berikut contohnya;
Penyusunan Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase B
Deskripsi
1. Capaian Pembelajaran yang saya ambil adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Fase B baik dalam elemen Menyimak, Membaca dan Memirsa, Berbicara dan Mempresentasikan, serta Menulis.
2. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran, saya mencermati Capaian Pembelajaran (CP) yang ada, kemudian saya mempertimbangkan tingkat kesulitan dari rumusan CP yang ada dalam panduan CP. Kemudian dari CP itu dimasukkan ke tingkat kelas III dan IV baik di semester 1 maupun semester 2.
3. Dalam perumusan TP ini yang banyak terlibat adalah kami (guru kelas yang mengampu kelas III dan kelas IV) (Fase B). Tetapi, kami meminta pertimbangan Kepala Sekolah serta Guru-guru antar Fase baik Guru Fase A maupun Guru Fase C agar pembelajaran bisa berkelanjutan dan tidak meloncat-loncat dalam penyampaian materi pelajaran.
Refleksi
1. Dari Aksi Nyata ini ada perubahan sikap dalam menyikapi pembelajaran di Fase B di mana harus ada kerjasama yang lebih baik dengan guru sesama Fase B maupun dengan guru antar Fase (Fase A dan Fase C).
2. Pengetahuan baru yang saya dapatkan dari proses ini adalah belajar membagi TP sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan belajar agar TP bisa selaras dengan CP.
3. Keterampilan baru yang saya dapatkan dari proses ini adalah keterampilan dalam mengolah keselarasan dengan kompetensi dalam CP dan kerjasama dengan semua guru pengampu baik sesama guru fase B maupun guru yang mengajar di Fase A dan fase C.
4. Hal yang berbeda yang akan saya terapkan setelah melakukan aksi nyata ini adalah benar-benar memusatkan pembelajaran pada siswa dan terus bekerjasama dan membangun komunikasi dengan sesama guru Fase B maupun guru yang mengajar pada Fase A dan Fase C.
Dari Aksi Nyata ini, saya mendapatkan umpan balik dari beberapa guru. Umpan Balik ini dituliskan pada lembar kertas, di mana pertanyaan yang diajukan itu berasal dari tugas Aksi Nyata di PMM.
Untuk topik ini, ada dua pertanyaan yang diajukan agar mendapatkan Umpan Balik dari guru lain;
Apakah tujuan pembelajaran sudah menunjukkan kompetensi yang perlu murid capai? Jelaskan!
Apakah tujuan pembelajaran selaras dengan kompetensi dalam Capaian Pembelajaran? Jelaskan alasannya!
Mereka pada umumnya menilai bahwa TP dan ATP yang saya susun sudah menunjukkan kompetensi yang perlu dicapai peserta didik dan TP-nya sudah selaras dengan Kompetensi dalam CP.
___
Catatan:Â
Deskripsi dan Refleksi saya ambil dari jawaban yang saya tuliskan pada PMM. Ibu-bapak guru bisa menuliskan sesuai dengan pengalaman dalam keseharian karena pengalaman setiap guru berbeda-beda.
Branjang, 8 Oktober 2023
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI