Menjadi pendidik di sebuah sekolah pasti menghadapi keragaman siswa sekalipun sekolah tempat kerja adalah milik swasta Islam. Keragaman karakter, sifat, kemampuan siswa pastilah ada.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendidik mereka, terutama bagi siswa yang istimewa. Istimewa artinya siswa itu menguji kesabaran guru. Secara umum siswa istimewa itu adalah anak yang nakal atau sering membuat ulah dan usil. Sementara dalam hal belajar, konsentrasinya sangat kurang.
Sabar haruslah dipelihara terus oleh guru. Pendekatan yang mengedepankan sikap positif guru, seperti mengajak bicara dari hati ke hati siswa itu. Hindarkan sikap kasar karena sikap seperti itu semakin membuat siswa liar.Â
Menghadapi siswa memang gampang-gampang susah. Guru melakukan pendekatan yang halus, siswa sulit dikendalikan namun jika guru agak keras dalam bersikap juga tetap tak dihiraukan.Â
Siswa Hiperaktif
Siswa yang hiperaktif akan sulit untuk konsentrasi dalam belajar di sekolah. Tak jarang tugas dari guru tak ditunaikan. Saya juga menghadapi siswa seperti itu. Hanya satu siswa yang sangat istimewa tetapi benar- benar menguras tenaga dan pikiran. Saya harus memeras otak agar siswa mau mengerjakan tugas. Kebetulan siswa itu harus diasesmen.
Siswa itu malah pernah menantang saya ketika saya ingatkan baik-baik. Waktu itu saya mengajaknya belajar membaca. Untuk menulis, siswa itu sudah mulai menyesuaikan diri namun dia harus diingatkan terus menerus.
Okelah. Saya tetap lakukan asesmen. Akan tetapi jika saya merasa kewalahan untuk mengasesmen dia, saya minta bantuan temannya untuk membantu. Terutama membantu ketika menulis. Teman-temannya merasa senang juga diberi amanah atau kepercayaan untuk membantu siswa tersebut. Asal tak membantu menuliskan. Tak segan saya mengingatkan kalau ada siswa yang akan menuliskan tugas.
Tutor teman sebaya. Mungkin pembelajaran itu membuat nyaman si anak sehingga akan lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugasnya dengan baik.Â
Bagi siswa lain pun pembelajaran seperti ini semakin memotivasi dirinya untuk lebih baik dalam belajar karena saya meminta siswa yang kemampuan memahami materi pelajaranlah yang saya tunjuk sebagai tutor bagi temannya.
Tutor Teman Sebaya dalam Pembelajaran Matematika