Mohon tunggu...
Joni Thunder
Joni Thunder Mohon Tunggu... Gamers/Live Streaming -

Mobile Legends, PUBG, ROS, DotA2, etc.

Selanjutnya

Tutup

Money

Memahami Marketing Mix dengan Mudah

10 Oktober 2018   13:59 Diperbarui: 13 Oktober 2018   17:29 401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Marketing Mix adalah strategi perusahaan untuk mencapai kesuksesan demi mencapai keuntungan profit perusahaan dengan berbagai macam aspek pemasaran. Marketing Mix mempunyai 7 aspek yaitu :

Product

Produk adalah suatu hasil usaha dari suatu perusahaan bisa jadi berbentuk barang atau pun jasa. Produk yang tercipta berkat adanya kebutuhan dan keinginan dari masyarakat. Perusahaan mengambil peluang menciptakan produk dengan tujuan bisa di pasarkan ke konsumen atau masyarakat.

Price

Perusahaan menetapkan harga produk/jasa sesuai dengan standartnya. Harga yang di tetapkan sesuai dengan standart pembuatan suatu produk. Apabila perusahaan menciptakan produkyang benar-benar berkualitas maka akan semakin tinggi pula harganya dan begitu sebaliknya. Konsumen tidak akan merasa keberatan mengeluarkan uang yang banyak demi kualitasyang bagus.

Place

Ini tempat dimana perusahaan berdiri. Apabila perusahaan berdiri di tempat yang sangat strategis maka akan menunjang tingkat penjualan produk/jasa perusahaan tersebut. Contohnya, perusahaan yang berdiri di tengah kota akan sering di lewati dan di lihat oleh masyarakat. Otomatis mereka akan melihat mengingat produk apa yang ditawarkan perusahaan dan mungkin akan membelinya di kemudian hari.

Promotions

Marketing mix yang satu ini berfokus pada  promosi produk/jasa yang di tawarkan perusahaan seperti bagaimana  cara memasarkan produk, media apa yang digunakan dan sebagainya. Biasanya perusahaan menerapkan advertising,personal selling,promotion sales,public relations dan publicity.

People

Sumber daya manusia yang di rekrut perusahaan harus berkompetensi. Right man in the right job, apabila perusahaan merekrut pekerja dan di beri posisi yang bukan bidangnya pastinya akan berdampak buruk bagi perusahaan.

Process

Proses yang di maksud adalah bagaimana cara perusahaan melayani konsumen. Pelayanan yang baik tentunya menjadi nilai tambah perusahaan. Konsumen juga merasa nyaman dan pasti akan kembali lagi di hari lain.

Psychal Evidence

Tentang bagaimana penampilan perusahaan kamu di mata konsumen. Apabila perusahaan mempunyai  konsep bangunan yang menarik pastinya konsumen akan mengingatnya. "Tampilan yang baik akan mencerminkan kualitas."

Itulah marketing mix dan ketujuh aspeknya

Sebenarnya saya sudah pernah menulis artikel ini di akun kompasian saya yang telah diblokir. Namun saya upload lagi artikel ini ntuk melengkapi akun saya yang baru ini.

Baca juga : Tips & Trik Promosi Online

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun